Warna Mainan Menarik dan Disukai Anak-Anak Dengan Aplikasi Chalk Paint

35

Mainan anak-anak saat ini banyak dipilih dari material kayu karena dipandang lebih ramah lingkungan. Untuk menarik perhatian anak-anak, warna yang berwarna-warni menjadi anak-anak lebih menyukai mainan tersebut.

Kayu merupakan salah satu material yang saat ini digunakan untuk mainan anak-anak. Bahkan beberapa taman bermain di luar negeri lebih mengusung konsep ramah lingkungan dengan berbagai mainan yang terbuat dari kayu. Hal ini mengurangi dampak buruk pada kesehatan dan memberikan kenyamanan bagi anak saat bermain. Anak-anak sangat suka barang-barang yang berwarna-warni begitu pula dengan mainan. Maka dari itu, untuk menambah kesan menarik pada mainan dibutuhkan lapisan cat kayu.

Anda dapat menggunakan chalk paint yang saat ini mulai populer di kalangan penghobi kayu. Chalk paint memberikan kesan matte pada permukaan kayu dengan tampilan warna yang cerah dan lembut. Cat kayu ini sudah terdapat sekitar tahun 1990 untuk memberikan kesan menarik pada furniture bahkan juga sering digunakan untuk finishing tampilan antik. Anda dapat menggunakan metode distress untuk mendapatkan kesan antik pada saat finishing menggunakan chalk paint.

CS Biovarnish

Apa sih sebenernya chalk paint tersebut? Chalk paint merupakan primer coat yang terbuat dari air dan latex. Karena prosesnya yang sederhana, cepat dan mudah membuat chalk paint mudah populer di kalangan penghobi kayu ketika awal kali muncul. Sayangnya, keberadaan chalk paint di Indonesia masih sangat jarang sehingga penghobi kayu atau Anda yang ingin melakukan proyek DIY untuk hasil permukaan furniture seperti kapur sedikit mengalami kendala.

Kenapa harus memilih chalk paint untuk finishing mainan anak? Chalk paint terbuat dari air sehingga lebih ramah lingkungan. Terlebih bagi Anda yang menginginkan proses finishing yang lebih sederhana dan tidak ribet. Chalk paint memang memberikan permukaan kayu seperti kapur namun bukan berarti chalk paint sama seperti dengan chalkboard paint. Kedua cat tersebut sangat berbeda, jika chalkboard paint digunakan untuk mengecat papan untuk menulis kapur berbeda dengan chalk paint yang sengaja digunakan untuk finishing furniture atau mainan anak-anak.

Chalk paint diformulasikan khusus dengan daya rekat film yang kuat sehingga tidak masalah jika tanpa pengamplasan sekalipun. Apakah hasilnya akan optimal? Tentu saja. Karena memang dikhususkan untuk finishing yang sederhana dan tanpa persiapan yang ribet maka chalk paint akan melekat kuat pada permukaan kayu.

Chalk Paint Untuk Finishing Mainan Anak-anak Yang Warna-Warni

Waspadai Zat Berbahaya Pada Finishing Mainan Kayu

Siapa sih yang tidak suka melihat mainan anak yang warna-warni menarik dilihat? Pasti semua menyukainya terlebih anak-anak yang lebih condong terhadap apapun yang berwarna. Bagi Anda yang ingin menciptakan mainan sendiri, pasti cukup sulit mencari cat yang cocok untuk mainan anak-anak. Cat yang bagus adalah cat kayu yang memiliki tampilan yang kuat dan aman digunakan oleh anak-anak. Chalk paint adalah solusi terbaik untuk finishing mainan anak-anak karena cat tersebut ramah lingkungan dan bahkan memiliki tampilan warna yang disukai anak-anak.

Jika selama ini Anda kesulitan mencari chalk paint, saat ini Anda tidak perlu khawatir harus beli import dari luar negeri. Di Indonesia kini telah hadir chalk paint yang berkualitas layaknya import yakni BioDuco Chalk Paint. Diformulasikan khusus dengan berbagai fitur untuk mempermudah proses finishing diantaranya adalah daya rekat yang kuat, cepat kering, dapat diaplikasikan dengan kuas atau semprot dan terdiri dari 20 varian warna pastel yang indah.

Tidak hanya cocok untuk finishing mainan anak-anak saja, loh. Chalk paint sangat cocok untuk finishing furniture apapun bahkan untuk tampilan antik. Nah, latar belakang terciptanya chalk paint adalah karena cat yang selama ini terdapat di pasaran cukup rumit diaplikasikan terlebih untuk finishing tampilan antik. Dengan chalk paint Anda bisa mengkombinasikan warna lain dengan cara distress atau menggunakan warna cat glaze untuk memberikan kesan warna natural kayu yang terkikis usia.

Untuk mendapatkan tampilan baik tampilan antik ataupun solid opaque maka Anda harus memperhatikan teknik finishing. Karena teknik finishing yang tepat akan memberikan hasil yang optimal. Nah, jika dengan chalk paint Anda bisa mengkreasikan karya sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena chalk paint merupakan cat yang menonjolkan karakter furniture bukan tentang kesempurnaan tampilan furniture yang selama ini banyak digemari.

Maka dari itu, chalk paint sangat cocok bagi Anda yang suka berkreasi dalam hal finishing. Berani mengekspresikan warna yang Anda inginkan untuk memberikan karakter yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. Begitu pula pada mainan anak-anak, Anda dapat mengkreasikan berbagai tampilan yang diinginkan. Yang terpenting untuk mainan anak-anak adalah tampilan furniture tersebut disukai oleh buah hati Anda.

Finishing Warna Solid Opaque Pada Mainan Anak-anak Dengan Chalk Paint

Nah bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan proyek DIY pastinya akan lebih mudah dan familiar tentang kreasi furniture atau perabotan dari kayu. Namun, bagaimana jika Anda adalah seorang yang masih pemula terlebih dalam hal finishing? Untuk menciptakan mainan anak-anak yang sederhana, Anda dapat menggunakan cara kuas menggunakan kuas bulu nylon. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan semprot terlebih dahulu meskipun lebih cepat karena jika salah dilakukan harus mengulang dan memperhitungkan dengan baik.

Bagi Anda yang masih pemula, gunakan kuas bulu nylon yang halus untuk mengaplikasikan chalk paint. Anda tidak perlu ragu atau khawatir mengalami kendala ketika mengaplikasikan chalk paint karena cat ini dapat dihapus menggunakan air tanpa harus menggunakan thinner lagi. Meskipun dapat dihapus dengan air, chalk paint tetap memberikan hasil yang baik ketika diaplikasikan ke permukaan kayu dan btidak mudah memudar. Lakukan langkah-langkah finishing mainan anak-anak yang tepat, diantaranya adalah

Persiapan Media

Media finishing yakni kayu yang akan digunakan sebaiknya dipastikan untuk siap diaplikasikan cat. Sebaiknya, kayu tersebut memiliki tingkat kekeringan yang tepat. Idealnya, tingkat kekeringan kayu MC kurang dari 15%. Selain itu, amplas terlebih dahulu permukaan kayu agar hasilnya lebih halus dan bersih sehingga tidak berpengaruh pada warna.

Proses Finishing Cat

Langah awal untuk memberikan hasil yang halus adalah dengan mengaplikasikan BioDuco Wood Putty. Pengaplikasian wood putty atau juga dikenal dengan dempul bertujuan untuk menyamarkan cacat pada kayu yang akan digunakan untuk mainan anak-anak

Kedua, aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu chalk paint dan air dengan takaran 2 bahan cat: 1 air lalu aduk hingga benar-benar homogen. Lalu kuaskan ke seluruh permukaan mainan kayu. Jika lapisan permukaan terlalu tebal maka Anda dapat mengaplikasikan sekitarnya secara ambang. Kemudian diamkan selama 60 menit hingga cat mengering lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400

Ketiga, aplikasikan BioDuco Topcoat. Setelah dilarutkan dengan air secukupnya kemudian aplikasikan ke seluruh mainan anak-anak.

Keempat, setelah permukaan mainan anak-anak yang sudah terlapisi cat tersebut benar-benar kering maka Anda dapat mengaplikasikan Biopolish Beeswax untuk melindungi permukaan kayu tersebut lebih tahan lama dan aman digunakan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here