Chalk Paint Untuk Ciptakan Furniture Tampak Sedikit Mengkilap

47

Anda lebih senang dengan tampilan furniture yang sedikit mengkilap? Maka tampilan satin adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin finishing sendiri di rumah.

Tidak banyak orang yang menginginkan tampilan sedikit mengkilap. Pada umumnya, orang akan membeli langsung ke toko mebel jika sedang membutuhkan furniture. Namun, tidak sedikit pula akan membuat furniture sendiri agar mendapatkan tampilan dan desain yang sesuai dengan selera. Nah, jika di toko mebel, pada umumnya furniture memiliki tampilan mengkilap atau bahkan cenderung doff atau matte. Anda bisa menciptakan sendiri tampilan yang cukup berbeda menggunakan beberapa lapisan cat.

Furniture yang terbuat dari kayu ataupun olahan kayu memang sangat diminati oleh banyak orang. Kenapa demikian? Furniture yang menggunakan tampilan sedikit mengkilap memang kurang banyak sehingga memberikan kesan berbeda. Untuk menciptakan tampilan ini maka dibutuhkan cat kayu yang tepat agar hasilnya lebih optimal.  Pada umumnya, untuk menciptakan tampilan yang optimal membutuhkan berbagai tahap finishing sehingga akan lebih memakan banyak waktu. Terlebih jika cat tersebut harus dikeringkan dibawah sinar matahari dan memakan waktu lebih dari 6 jam.

CS Biovarnish

Proses pengeringan seperti ini lah yang biasanya menjadi masalah yang dirasakan oleh aplikator. Jika cat yang digunakan adalah cat yang tidak cepat kering maka proses pengerjaan furniture pun dapat terhambat apabila cuaca sedang tidak bagus. Perusahaan mebeling biasanya akan memanfaatkan lampu LED dengan sinar ultraviolet yang cukup tinggi sehingga cat dapat lebih cepat kering tanpa harus menunggu sinar matari. Lalu bagaimana jika hal tersebut Anda rasakan?

Bagi seorang yang masih awal dalam hal finishing, untuk menciptakan tampilan yang bagus tentu saja mengalami banyak kendala. Masalah yang sering terjadi diantaranya adalah

  1. Kurangnya persiapan seperti media finishing yang digunakan. Jarang latihan finishing atau bahkan tidak pernah melakukannya sehingga hanya terpaku pada tutorial video online
  2. Salah teknik finishing. Untuk hal yang sederhana saja seperti tampilan natural kayu. Adakalanya kesalahan tersebut dilakukan karena minimnya pengetahuan tentang finishing sehingga hasilnya bisa saja kasar, warna tidak sama rata dan atau muncul brush mark.
  3. Tidak menggunakan tahapan finishing yang tepat. Tahap standar finishing pada umumnya adalah dengan mengaplikasikan basecoat, maincoat dan topcoat. Kadangkala bagi seorang pemula, hanya akan langsung mengaplikasikan maincoat untuk mendapatkan tampilan warna yang diinginkan saja. Sedangkan untuk tahap lainnya kurang diperhatikan sehingga hasilnya pun tidak optimal dan bahkan tampilan cat lebih cepat memudar.
  4. Cat yang tidak tepat. Banyak merk cat yang berjejeran di toko-toko cat ataupun toko bangunan. Tentu saja keunggulan cat cukup berbeda-beda sehingga hasilnya pun cukup berbeda ketika diaplikasikan ke permukaan cat. Maka dari itu, sebelum memutuskan membeli cat adalah ketahui terlebih dahulu fitur-fitur yang dimiliki cat yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk memilih cat sesuai dengan kebutuhan finishing.

Cat Yang Minim Persiapan Tapi Hasil Optimal

Cara Finishing Kayu Jati Belanda secara Umum
Bersihkan kayu setelah pengamplasan

Tidak semua cat memiliki keunggulan fitur yang sama sehingga Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan agar hasilnya optimal. Nah, jika biasanya cat kayu membutuhkan persiapan yang cukup rumit seperti tahapan finishing yang harus lengkap, pengamplasan yang sangat halus dan lain sebagainya maka berbeda jika Anda menggunakan chalk paint.

Apa yang disebut dengan chalk paint? Chalk paint atau cat kapur adalah solusi paling efektif bagi Anda yang menginginkan proses finishing yang lebih sederhana namun hasilnya memuaskan. Hasil finishing menggunakan chalk paint juga tidak fokus pada tampilan yang sempurna melainkan justru terkesan senatural mungkin. Biasanya, orang yang menggunakan chalk paint bertujuan untuk menciptakan furniture lebih berkarakter. Furniture yang berkarakter atau unik justru memiliki minat sangat tinggi karena memiliki nilai seni yang bagus.

Chalk paint ini tidak dapat digunakan untuk menggoreskan kapur pada furniture. Jika Anda melakukannya justru akan memberikan goresan pada furniture dan menimbulkan tampilan yang kurang bagus. Ya, chalk paint berbeda dengan cat kapur yang biasa digunakan untuk papan tulis yang fungsinya memang untuk menulis dengan kapur. Menariknya dari chalk paint adalah tampilan akhirnya yang menyerupai lapisan kapur sehingga nama cat ini adalah cat kapur.

Untuk menggunakan chalk paint memang cukup sulit karena keberadaannya yang masih sangat sedikit di pasaran Indonesia. Jikapun memang ingin menggunakan chalk paint maka Anda harus mengimportnya dari luar negeri. Nah, pasti mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, bukan? Hal ini sudah tidak lagi perlu Anda khawatirkan karena produsen cat lokal telah memproduksi chalk paint yang kualitasnya adalah kualitas import. BioDuco Chalk Paint merupakan chalk paint yang diproduksi oleh Bio Industries.

BioDuco Chalk Paint diformulasikan dengan tampilan warna pastel sehingga lebih memberikan kesan yang soft dan elegan. Terdiri dari 20 varian warna yang bisa Anda gunakan bahkan Anda juga dapat mengkombinasikan warna tersebut agar memberikan hasil finishing yang indah. Selain itu, BioDuco Chalk Paint juga tidak beracun karena bahan-bahan yang digunakan telah diformulasikan sesuai dengan standar regulasi internasional US-EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Maka dari itu, kualitas BioDuco Chalk Paint hampir sama dengan merk dagang dari luar negeri.

Untuk memberikan tampilan sedikit mengkilap pada furniture menggunakan chalk paint maka Anda membutuhkan lapisan lain diatas chalk paint yakni BioDuco Topcoat dan Biopolish Beeswax.Biopolish Beeswax merupakan wax kayu yang terbuat dari bahan alami yakni lilin lebah. Fungsinya sangat bermanfaat untuk furniture karena membuat furniture lebih tahan lama.

Lakukan Persiapan

Media seperti kayu untuk furniture sebaiknya benar-benar kering dengan MC 12%. Dan pastikan permukaan kayu tersebut telah bersih dari berbagai noda kotoran. Pengamplasan tersebut bertujuan agar coating dapat melekat dengan sempurna dan tidak mempengaruhi tampilan warna pada furniture

Finishing

Aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Karena BioDuco Chalk Paint adalah primer coat dengan pigmen warna maka cat tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menutupnya dengan optimal. Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan takaran perbandingan 2 bahan: 1air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu dan tunggu hingga kering selama 1 jam. Setelah kering, amplas pertama menggunakan kertas amplas no. 180 kemudian dilanjutkan dengan pengamplasan kedua menggunakan kertas amplas no. 320

Aplikasikan BioDuco Topcoat matte untuk hasil awal matte sehingga ketika diaplikasikan wax akan memberikan kesan sedikit mengkilap. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan tunggu hingga kering.

Aplikasikan Biopolish Beeswax. Anda cukup mengaplikasikan ke permukaan media finishing menggunakan lap kain katun yang bersih.

Cara Pemesanan

Untuk mendapatkan produk-produk dari Bio Industries diatas, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat menghubungi via email: [email protected]. Anda juga dapat melakukan pembelian online melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.toopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries.

Anda juga dapat konsultasi mengenai tips finishing ataupun melakukan pembelian offline yakni

Bio Centre Office

Yogyakarta: Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Via Telp/Fax 0274 388301

Bio Service Office

Cirebon: Jl. Escot No. 42 Rt. 014/Rw. 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Via Telp/Fax 0231 320759

Jepara: Jl. . Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengang

Via Telp/Fax 0291 598992

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here