Tips Ciptakan Kesan Antik Pada Furniture Dengan Chalk Paint

52

Suka furniture antik tapi tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli furniture tersebut? Sederhana. Anda bisa loh menciptakan tampilan furniture antik dengan tangan Anda sendiri.

Ada beberapa bagian orang yang suka mencari furniture kuno dan bahkan dihargai dengan harga yang fantastis. Akan dengan mudah Anda bisa mendapatkan furniture antik apabila memiliki uang yang sepadan dengan harga furniture tersebut. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki budget rendah namun suka dengan tampilan-tampilan furniture antik? Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk bisa mendapatkan furniture dengan kesan antik.

Tampilan antik pada furniture saat ini sudah dapat diciptakan dengan cara teknik finishing tertentu. Perlu diketahui, ada beberapa tampilan antik yang perlu Anda ketahui.

CS Biovarnish

Antik dengan Natural Wash Finish

Tampilan furniture antik yang satu ini memberikan kesan cat kayu terkesan luntur sehingga memberikan kombinasi warna yang tidak merata. Biasanya, kolektor furniture antik sangat detail mengenai tampilan sejenis ini dan bahkan mengetahui bahwa furniture tersebut asli atau tidak. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika menginginkan tampilan antik semacam ini. Biasanya, untuk menciptakan natural wash finish membutuhkan cat glaze. Cat tersebut memang bertujuan untuk memberikan kesan antik pada furniture.

Tampilan Recycle Vintage

Tampilan ini fokus pada warna yang pudar sehingga menampakkan dua warna yang kontras seperti terkikis usia. Pada umumnya, tampilan recycle vintage banyak digunakan untuk nuansa rumah industrial atau kontemporer. Karena tampilan ini terkesan usang tapi memberikan nilai estetik yang tinggi. Untuk mendapatkan tampilan ini maka Anda membutuhkan dua lapisan cat solid. Untuk lapisan cat pertama harus berwarna lebih terang sedangkan lapisan kedua lapisan cat dengan warna yang tua.

Tampilan Shabby Chic

Anda suka tampilan warna terang namun seperti terkikis? Ya, itu lah tampilan shabby chic. Biasanya, tampilan ini sangat lekat dengan konsep american victorian. Warna yang seringkali ditampakkan adalah warna putih yang lusuh. Tampilan shabby chic biasanya fokus pada unfurnished atau sesuatu yang belum selesai. Sehingga memberikan tampilan yang terkikis belum tercat dengan sempurna. Untuk menciptakan tampilan shabby chic ini maka Anda membutuhkan teknik distress

Tampilan Rustic

Jika Anda mengamati tren furniture maka akan sering melihat furniture dengan gaya rustic. Apa itu rustic? Rustic pada umumnya menekankan kesan natural alam dan fokus pada kayu-kayuan. Sedangkan untuk furniture, rustic biasanya diciptakan dengan menampilkan seratnya yang kuat. Untuk mendapatkan tampilan serat yang kuat dan menonjol maka Anda membutuhkan alat khusus rustic atau Anda juga dapat menggunakan sikat kawat. Karena rustic fokus pada tampilan natural maka finishing yang dilakukan pada umumnya untuk mendapatkan warna natural kayu.

Kesan Antik Dengan Chalk Paint dan Stain

Ini Dia Lima Cara Mendapatkan Gaya Menarik Meja Dinding

Untuk menciptakan tampilan antik pada dasarnya cukup sulit dilakukan apabila tidak latihan. Belajar dari dasar menjadi cara paling efektif jika menginginkan hasil yang bagus dan memuaskan. Kadangkala kesalahan dalam finishing membuat banyak orang tidak ingin melanjutkan proses yang tengah berlangsung. Nah, untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan tampilan antik maka Anda dapat menggunakan chalk paint sebagai alternatif terbaik.

Chalk paint merupakan cat yang khusus digunakan untuk mendapatkan tampilan solid dengan karakter permukaan kayu layaknya kapur. Chalk paint merupakan primer coat dengan pigmen warna sehingga Anda tidak perlu menimpakan cat dengan warna diatasnya lagi. Karena chalk paint ini sudah mampu menutup pori dengan optimal dan memberikan tampilan warna yang tajam.

Chalk paint merupakan cat kapur khusus untuk finishing pada furniture atau perabotan kayu lainnya. Sebagian orang mungkin akan salah paham bahwa chalk paint adalah cat yang sering digunakan untuk papan tulis sehingga dapat dicoret-coret dengan kapur. Chalk paint berbeda dengan chalkboard paint yang biasanya digunakan untuk mengecat pada papan tulis. Chalk paint memang cat kapur namun khusus untuk furniture atau sejenisnya. Kenapa cat tersebut disebut dengan cat kapur? Sebab, tampilan akhir cat ini memberikan kesan permukaan media yang terlapisinya seperti terlapisi kapur.

Apakah chalk paint dapat bertahan lama mengingat kesan kapur mudah dihapus? Meskipun mudah dihapus hanya dengan air, chalk paint justru tahan lama karena tanpa mengalami penguapan. Maka dari itu, kehadiran pertama kali chalk paint dalam bidang finishing menarik perhatian dan dengan cepat populer di kalangan penghobi ataupun aplikator pro finishing. Kebutuhan chalk paint tidak hanya dapat digunakan untuk finishing segala hal furniture agar lebih antik saja melainkan juga dapat digunakan untuk mainan anak-anak.

Sedangkan untuk kebutuhan finishing antik maka Anda juga membutuhkan lapisan cat lain seperti cat glaze. Cat tersebut bertujuan untuk memberikan sentuhan klasik natural pada furniture. Lalu kenapa harus menggunakan chalk paint? Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa chalk paint merupakan cat yang mudah dihapus dan memerlukan persiapan yang sedikit sehingga akan memudahkan Anda mendapatkan tampilan antik dengan cepat.

Sayangnya, chalk paint cukup sulit ditemukan di Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan chalk paint maka Anda harus membeli merk dagang dari luar negeri tentu saja harus mengimportnya. Selain memakan banyak waktu karena proses pengirimannya yang lama, harganya pun dapat melambung tinggi. Maka dari itu, cukup sulit dapat memenuhi konsumen atau keinginan proyek DIY dengan chalk paint. Namun, kini telah hadir chalk paint lokal yang kualitasnya seperti import yakni BioDuco Chalk Paint. Kehadirannya di Indonesia memberi angin segar bagi yang hobi finishing atau pengusaha mebeling. Selain mudah didapatkan, harganya juga lebih jauh murah dibandingkan merk dagang asal luar negeri.

BioDuco Chalk Paint berkualitas import karena bahan-bahan diformulasikan sesuai dengan standar regulasi internasional yakni US EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach. Sehingga penggunaan bahan-bahan kimia serta kandungan VOC sangat ditekankan agar tidak mencemari lingkungan atau berdampak buruk pada kesehatan. Disisi lain, chalk paint ini juga dilengkapi berbagai keunggulan seperti daya rekat film yang kuat, transparansi yang bagus, keras namun elastis sehingga dapat menyesuaikan kontur kayu apabila mengalami pemuaian atau penyusutan dan berbagai kelebihan lainnya.

Teknik Finishing Antik

  • Pastikan media yang digunakan sudah diamplas sehingga furniture lama ataupun media yang digunakan sudah benar-benar bersih. Noda pada furniture akan mempengaruhi hasil warna finishing.
  • Aplikasikan BioDuco Chalk Paint. Larutkan terlebih dahulu chalk paint dan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk hingga larutan tersebut homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu dan kemudian tunggu hingga kering setidaknya selama 1 jam.

Setelah kering, lakukan pengamplasan pertama menggunakan kertas amplas no. 180. Kemudian lakukan pengamplasan kedua menggunakan kertas amplas no. 320

  • Aplikasikan BioDuco Topcoat. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu agar dapat mengunci coating sebelumnya
  • Aplikasikan Biovarnish Glaze warna Brown. Larutkan terlebih dahulu menggunakan air dengan perbandingan 1 bahan: 1 air lalu aduk larutan tersebut hingga homogen. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu lalu tunggu selama 5 menit. Apabila sudah 5 menit, lap permukaan kayu tersebut menggunakan kain katun yang bersih
  • Aplikasikan BioDuco Topcoat Kembali. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara menyeluruh sehingga furniture tersebut dapat digunakan dan menghasilkan finishing yang estetik

Cara Pemesanan

Hubungi kontak hotline yang sudah tertera pada website ini untuk memesan produk-produk finishing ramah lingkungan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi melalui email: [email protected]

Atau Anda dapat melakukan pembelian melalui marketplace:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here