Finishing Kerajinan Kayu Pinus Agar Tampil Lebih Klasik

630

Kerajinan kayu pinus merupakan alternatif pelengkap untuk menambah kesan chic pada rumah berkonsep Klasik. Selain memperindah, gunakan cat water based untuk menjaga keamanan lingkungan dan keluarga Anda.

Kayu pinus merupakan jenis kayu yang bertekstur halus dan empuk, sehingga kayu pinus menjadi alternatif pengganti kayu jati pada furniture. Biasanya kayu pinus digunakan hanya untuk furniture interior namun tidak untuk furniture eksterior atau garden. Karena sifatnya yang mudah lapuk dan tidak tahan cuaca, kayu ini tidak disarankan untuk furniture bagian luar ruangan.

Selain digunakan untuk furniture, kayu pinus juga dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Teksturnya yang empuk membuat kayu tersebut mudah dibentuk, sehingga menjadi  salah satu kayu yang dipilih untuk bahan kerajinan tangan.

Kerajinan Kayu Pinus Sebagai Pelengkap Furniture Rumah Klasik

Kerajinan selain memberikan keindahan pada rumah atau gedung juga sebagai pelengkap suasana rumah tersebut. Kerajinan kayu pinus sering dimanfaatkan untuk kerajian yang bernuansa klasik, seperti replika kapal, mobil atau replika furniture rumah. Konsep rumah klasik dengan tambahan kerajinan replika menambah kesan hangat dan ketenangan karena warna yang ditampilkan oleh replika kayu dan konsep rumah itu sendiri.

Bahkan sampai saat ini, replika berbahan dasar kayu pinus masih banyak diminati bagi pecinta kerajinan tangan atau orang yang sekedar mencari pelengkap hiasan rumah. Kerajinan ini lebih memberikan estetik hunian rumah karena tidak menyita tempat. Kerajinan kayu pinus juga cocok ditempatkan pada konsep rumah kontemporer, rustic ataupun klasik.

Jika Anda membuat kerajinan sendiri dari kayu pinus, Anda perlu memperhatikan bentuk yang akan dibuat. Sebaiknya Anda menggambar pola kerajinan yang ingin buat terlebih dahulu, namun Anda juga perlu memperhatikan kesulitan pola. Jika terjadi kerumitan pola sebaiknya Anda hindari dan membuat pola yang lebih mudah. Pola kerajinan kayu pinus yang dapat Anda gunakan, seperti replika furniture, box tissue, hiasan dinding dll. Pokok penting  kerajinan tangan yang dibuat sendiri adalah gunakan pola yang ringan, salah satunya bentuk simetris.

Gunakan Bahan yang Aman Untuk Kerajinan Kayu Pinus

Berbeda ketika Anda memasuki tahap membentuk kerajinan kayu pinus. Tahap tersebut cenderung lebih mudah karena kayu lebih empuk dan halus, sedangkan ketika masuk tahap finishing akan lebih sulit. Karena kayu pinus memiliki mata dan katung minyak yang tinggi, kemungkinan terjadi adalah warna yang dihasilkan tidak merata.

Kerajinan tangan selain sebagai memperindah ruangan, dapat juga buah hati Anda memakainya untuk mainan mereka. Maka dari itu, ketika tahap finishing lebih baik gunakan pewarna yang aman dan ramah lingkungan. Salah satu cat yang cocok digunakan untuk lingkungan anak-anak Anda adalah cat water based. Cat tersebut cenderung ramah lingkungan karena menggunakan air bukan thinner ataupun minyak sebagai pelarutnya.

Pada tahap finishing gunakan BioColours Biovarnish. Alasan menggunakan Biovarnish karena Biovarnish diformulasikan sebagai pengganti plitur konvensional atau shellac gum yang cenderung berbahaya karena kandungan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai BioColours Biovarnish atau produk cat lainnya, Anda dapat menghubungi Customer Care Bio Industries via telp/wa 0878-3934-6433. Anda dapat juga mengunjungi langsung ke Jl. Sidikan no.94, Yogyakarta. Produk cat Bio Industries diformulasikan sesuai dengan standar internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA) REACH. Jadi, jika Anda ingin menampilkan kesan klasik pada rumah Anda gunakan kerajinan kayu pinus sebagai pelengkap serta penghias rumah Anda, pastikan pula pewarna yang digunakan aman dan ramah lingkungan seperti cat water based. Semoga Bermanfaat!

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here