Hanya Dengan Clear Coat, Kerajinan Seni Anda Tampak Menakjubkan

93

Bergelut dalam dunia seni memang tidak ada habisnya, banyak kesenian yang bisa diciptakan. Ide-ide kreatif yang muncul bisa menjadi sebuah kesenian dengan harga yang mahal. Wajar saja jika peminat dunia kesenian selalu saja meningkat. Buat Anda yang suka dalam dunia kesenian terutama seni rupa maka sudah tidak asing lagi dengan berbagai kesenian dari tanah (tembikar), kerajinan dari kertas dan masih banyak lagi.

Jika Anda bergelut dalam bidang kerajinan maka tidak akan lepas dengan teknik finishing. Tujuan finishing ini adalah mempercantik tampilan dari kerajinan itu sendiri sehingga akan menambah nilai seni pada kerajinan tersebut. Penggunaan bahan finishing pada kerajinan juga akan menambah harga jual sehingga wajar saja teknik finishing cukup sering digunakan. Dan untuk tekni finishing sendiri juga terdiri dari berbagai banyak tipe sehingga harus dilakukan oleh seorang profesional.

CS Biovarnish

Namun, tidak perlu khawatir bagi Anda yang menginginkan hasil kerajinan seperti yang dilakukan oleh seorang profesional. Apa saja yang harus digunakan untuk menciptakan tampilan yang menarik? Untuk memberikan kesan pada kerajinan agar lebih berkelas adalah dengan mengaplikasikan clear coat. Bahan finishing tersebut digunakan untuk menciptakan tampilan yang baik pada permukaan media yang digunakan.

Clear coat selama ini banyak digunakan untuk furniture baik interior maupun eksterior. Dan tentunya, clear coat yang digunakan untuk interior atau eksterior harus berbeda karena ketahanan yang dimiliki juga berbeda agar furniture tersebut bisa bertahan lama. Pasalnya, furniture eksterior merupakan furniture yang berinteraksi langsung denga cahaya matahari maupun air hujan sehingga bahan finishing yang digunakan harus dilengkapi dengan fitur weather resistance.

Lalu bagaimana jika clear coat yang digunakan untuk finishing kerajinan? Clear coat ini adalah lapisan coating yang bertujuan untuk menciptakan tampilan akhir sekaligus mengunci warna finishing sebelumnya. Sehingga dengan clear coat diharapkan tampilan pada permukaan media yang digunakan bisa bertahan lebih lama. Nah, clear coat yang digunakan untuk finishing kerajinan cukup menggunakan clear coat yang biasa digunakan untuk finishing furniture interior. Karena pasalnya, kerajinan banyak diletakkan pada tempat-tempat tertutup atau di dalam ruangan.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwasannya kerajinan juga terdiri dari berbagai macam. Berikut beberapa teknik kerajinan yang bisa menggunakan finishing clear coat:

  • Kerajinan Decoupage

Pernah tidak Anda mencoba menciptakan kerajinan dengan teknik decoupage? Teknik decoupage ini adalah teknik ini pada umumnya memberikan kesan vintage dengan aksen bunga-bunga atau kota dengan bangunan bersejarah. Untuk menciptakan aksen lama ini bisa menggunakan dengan cara printing atau manual. Nah, apabila sudah melakukan teknik decoupage pada kerajinan yang sedang Anda kerjakan maka langkah selanjutnya adalah finishing dengan clear coat atau sebelumnya bisa Anda beri lapisan sanding sealer terlebih dahulu

  • Art Paper

Jika Anda sering mencetak foto di mug atau benda dengan bahan kaca atau sejenisnya biasanya menggunakan alat printing. Dan alat ini hanya bisa dilakukan di tempat-tempat percetakan foto, bukan? Harganya pun bervariasi, mulai dari 25ribu hingga 50ribu. Namun, nyatanya Anda bisa mencetak foto Anda sendiri tanpa menggunakan alat loh yakni menggunakan teknik transfer paper. Anda cukup mencetak foto menggunakan kertas tersebut kemudian aplikasikan ke mug atau sejenisnya. Nah, untuk mempertahankan tampilan maka selanjutnya lakukan finishing menggunakan clear coat.

  • Kerajinan Natural Fyber

Seperti halnya finishing pada furniture, kerajinan yang terbuat dari serat alam biasanya juga membutuhkan aplikasi cat. Hal ini bertujuan untuk menciptakan tampilan yang bagus serta melindungi serat alam dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh serangga perusak seperti kumbang bubuk dan lain sebagainya. Baik untuk warna solid atau natural kayu, agar hasilnya maksimal maka harus menggunakan clear coat.

Clear Coat yang Baik Untuk Finishing Kerajinan

Clear coat atau juga dikenal dengan top coat merupakan bahan finishing yang dilakukan saat akhir finishing. Tujuan pengaplikasian clear coat adalah mengunci tampilan coating sebelumnya sekaligus menciptakan tampilan akhir aggar lebih maksimal. Sedangkan bahan finishing ini banyak dijumpai di pasaran namun bahan yang digunakan adalah bahan solvent atau berpelarut organik seperti thinner atau spiritus. Biasanya, cat ini cenderung menimbulkan bau menyengat karena pelarut organik yang digunakan sehingga sangat disarankan untuk melakukan finishing di tempat yang terbuka.

Yang perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki concern pangsa pasar internasional, sebaiknya menghindari cat-cat yang menggunakan pelarut organik. Sebab, pasar internasional sangat memperhatikan kandungan cat yang terkandung bahan kimia berbahaya dan VOC yang tinggi. Sedangkan cat dengan pelarut organik pada umumnya adalah cat yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal dan benzene.

Apabila Anda menginginkan cat yang aman dan memiliki kandungan VOC yang sangat rendah, Anda bisa menggunakan Biovarnish. Cat kayu ini adalah cat berbahan water based acrylic dan kandungan bahannya sudah disesuaikan dengan standar keamanan bahan kimia internasional seperti US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Sehingga Biovarnish sudah aman dari bahan-bahan kimia berbahaya, rendah VOC dan tidak beracun.

Biovarnish Clear Coat menawarkan dua tampilan yang bisa Anda pilih yakni Glosy dan Matte. Jika menginginkan tampilan yang mengkilap maka Anda bisa menggunakan tampilan glossy namun apabila Anda menginginkan tampilan tampak seperti tidak di cat maka Anda bisa menggunakan tampilan akhir matte.

 Berikut Langkah-langkah finishing menggunakan Biovarnish Clear Coat:

  1. Pastikan media  yang digunakan adalah media dengan permukaan yang bersih agar proses finishing pun mudah dilakukan
  2. Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Cukup campurkan air dengan perbandingan 2 bahan :  1 air kemudian aduk hingga tercampur homogen. Kemudian semprot/kuaskan ke seluruh permukaan media finishing lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Setelah kering, amplas ambang permukaan media tersebut.
  3. Gunakan Biovarnish Clear Coat. Campurkan air dengan perbandingan yang sama pada tahap sebelumnya. Kemudian kuaskan ke seluruh media hingga merata kemudian diamkan tanpa harus dijemur selama 60 menit. Lalu amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400. Ulangi kembali aplikasi Biovarnish Clear Coat kemudian diamkan selama 24 jam atau Anda bisa mendiamkannya selama semalaman.

Untuk proses pengeringan, Biovarnish tidak perlu dikeringkan di bawah sinar matahari langsung melainkan hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan atau tempat teduh saja. Apabila dikeringkan dibawah sinar matahari langsung memang akan lebih cepat kering namun hasilnya tidak akan optimal justru akan merusak lapisan coating tersebut.

Untuk mendapatkan cat yang aman dan ramah lingkungan ini, Anda bisa menghubungi kontak no hotline yang tertera pada website ini. Atau Anda bisa mengunjungi kantor pusat Bioindustries di Yogyakarta, Jepara atau Cirebon. Bioindustries tidak hanya menawarkan finishing natural kayu saja melainkan juga tampilan solid. Anda bisa menanyakan berbagai persoalan mengenai finishing disini mulai dari teknik finishing, metode finishing hingga tips-tips finishing.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here