Tips Bisnis Kerajinan Rotan Go Internasional

7
kerajinan tampah dari rotan yang sudah dicat dengan Biovarnish

Rotan merupakan salah satu serat alam yang memiliki banyak manfaat. Rotan digunakan sebagai dari makanan, konstruksi bangunan, alat rumah tangga, furniture dan masih banyak lagi.

Belakangan, rotan yang diekspor dari Indonesia mengalami peningkatan meskipun masih dalam masa pandemi. Hal ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi Anda yang baru saja memulai bisnis. Setidknya terdapat 10 negara yang sudah dijangkau untuk ekspor rotan.

Tips Pemula untuk Bisnis Kerajinan Rotan Masuk Pasar Internasional

Alasan Harus Membeli Furnitur Rotan

Bagi seorang pemula, pasti bingung untuk memulai bisnis. Banyak hal yang bisa jadi sebabnya. Apalagi jika tujuannya adalah produk dapat menembus pasar internasional. Tidak banyak eksportir yang berhasil dengan mulus untuk memasarkannya. Awal pemasaran pasti mengalami kendala yang cukup banyak. 

CS Biovarnish

Hal tersebut sangat wajar bagi seorang pengusaha ketika merintis karir. Nah, agar sukses menembus pasar internasional, berikut tips yang dapat Anda lakukan.

  1. Perhatikan Kualitas

Buyer luar negeri sangat memperhatikan kualitas produk yang Anda pasarkan. Jika ingin memasarkan produk rotan, gunakan rotan yang memiliki grade terbaik. Penggunaan jenis rotan terbaik mudah diterima oleh buyer meskipun modal yang dikeluarkan sedikit lebih banyak daripada jika rotan dipasarkan di dalam negeri.

  1. Manfaatkan Gadget

Saat ini, gadget menjadi pemodal yang tidak mengecewakan para pengusaha. Cukup dengan gadget, produk Anda dapat dipasarkan dengan mudah. Misalkan, Anda dapat memanfaatkan Google My Bussiness, Facebook Advertisement, Amazon, Ebay, dan platform digital marketing lainnya.

  1. Cek Prosedur dan Syarat

Memasarkan produk ke luar negeri terkesan cukup mudah. Namun, jika Anda cermat, ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan. Pada prosesnya, biasanya pengiriman dan perizinan cukup memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Anda harus siap dengan resiko ini apabila ingin produk yang Anda pasarkan menembus pasar internasional.

Perhatikan prosedur dan lengkapi syarat-syaratnya. Terutama, perhatikan dengan teliti agar produk Anda bisa lolos bea cukai.

  1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar sangat perlu dilakukan demi kemajuan usaha. Untuk lokal saja, pasar setiap daerah memiliki syarat peraturan yang berbeda, begitu pula dengan negara-negara yang menjadi target pasar Anda.

Anda juga bisa menghadiri pameran internasional untuk mengetahui peraturan, budaya dan proses pemasaran di negara-negara tujuan pasar Anda.

  1. Matangkan Konsep dan Eksekusi

Memulai bisnis bukan sekedar mendapatkan modal langsung memasarkan produk. Anda harus siap dengan tim, kemasan, pemasaran, pengetahuan dan kapasitas Anda dalam memenuhi pasar internasional. Kenali terlebih dahulu bisnis yang Anda geluti, dengan demikian bisnis dapat berjalan meskipun perlahan.

Selain konsep yang matang, eksekusi harus menjadi target. Konsep yang dari awal sudah dimatangkan butuh eksekusi yang sesuai. Jikapun eksekusi pada akhirnya tidak sesuai, Anda bisa melakukan improvisasi dan manuver mengikuti tren pasar.

  1. Kenali Pemasaran yang Akan Anda Pilih

Ada beberapa opsi cara Anda memasarkan produk yang Anda miliki yakni dengan memasarkan langsung, menggunakan distributor, menggunakan agen penjualan atau memanfaatkan joint venture (kerjasama antar perusahaan). 

  1. Cek Legalitas 

Point penting ketika akan memasarkan produk adalah cek legalitas usaha dan produk Anda. Banyak kasus seperti produk disita oleh bea cukai karena masalah legalitas. Hal ini bersangkutan dengan prosedur dan syarat di atas. Oleh karena itu, lakukan dengan teliti dan hati-hati. 

Memang produk yang legal akan lebih mengeluarkan biaya yang lebih banyak namun keamanan produk untuk sampai ke suatu negara akan lebih terjamin.

Finishing yang Tepat Untuk Kerajinan Rotan

Belum berkualitas produk Anda apabila masih menggunakan bahan yang berbahaya seperti produk cat yang digunakan dalam finishing rotan. Meskipun peraturan setiap negara berbeda akan batas penggunaan bahan finishing yang aman, lebih amannya jika Anda menggunakan bahan-bahan finishing yang sudah terjamin keamanan produknya.

Untuk proses finishing material rotan, cat yang aman digunakan untuk furniture maupun kerajinan adalah cat water based. Cat water based dikategorikan aman karena tidak mengandung senyawa kimia berbahaya yang berdampak buruk pada tubuh manusia dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Produk lokal yang sudah sesuai regulasi keamanan internasional adalah produk Biovarnish dari Bio Industri Omnipresen. Bio menyediakan cat yang sesuai kebutuhan pengrajin rotan, mulai dari dempul, wood stain, sanding sealer, dan topcoat.

Rotan adalah salah satu kerajinan yang membutuhkan proses finishing ini. Untuk finishing yang digunakan umumnya adalah wood stain. Tujuannya agar tampilan warna asli rotan semakin tajam namun tetap natural. Produk Biovarnish sendiri punya kapasitas itu. Cat tersebut menawarkan 20 varian warna yang Anda butuhkan.

Berikut teknik finishing Biovarnish untuk industri kerajinan rotan:

  1. Setelah rotan benar-benar kering, pastikan serat rotan sudah halus dan siap untuk finishing.
  2. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain dengan pilihan warna yang Anda inginkan. Apabila sudah diaplikasikan, diamkan selama kurang lebih 60 menit. Kemudian ampelas ambang menggunakan kertas ampelas No.400.
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer dengan cara semprot ke seluruh bagian kerajinan rotan. Jika sudah diaplikasikan merata, diamkan selama 60 menit. Ampelas ambang apabila sudah kering menggunakan kertas amplas No.400.
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat matte/gloss untuk akhir finishing. Aplikasikan secara merata hingga benar-benar mendapatkan tampilan yang diinginkan. Diamkan selama semalam, produk rotan Anda siap untuk dipasarkan.

Agar berhasil menjangkau pasar internasional, lakukan tips-tips di atas. Begitu pula finishing yang digunakan, pastikan bahan-bahannya aman dan rendah VOC. Sebab, beberapa negara sangat sensitif terhadap produk yang mengandung VOC. Oleh karena itu, riset pasar sangat penting.

Untuk mendapatkan cat Biovarnish, Anda dapat menghubungi kontak hotline pada website ini, melalui email di [email protected] atau melalui e-commerce di bawah ini.

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/catkayu

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbases

Shopee: https://shopee.co.id/bio.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here