Tips Mengecat Rumah Kayu

518
Tips Mengecat Rumah Kayu

Untuk setiap permukaan ada produk cat yang telah dikembangkan untuk bertahan dalam kondisi tertentu di mana cat dimaksudkan. Sebagai contoh, dapur dan kamar mandi harus dicat dengan cat yang tahan lama dan dapat dicuci (biasanya tingkat kilau yang lebih tinggi), tetapi untuk ruang tamu atau langit-langit kamar tidur itu cukup memadai untuk menggunakan warna matte penuh yang tidak memerlukan pembersihan. Juga warna yang dimaksudkan untuk interior tidak cukup kuat untuk bertahan di kondisi luar ruangan. Dengan memilih produk warna yang tepat untuk permukaan, ia akan terlihat cantik untuk waktu yang lama dan Anda tidak perlu mengecat ulang setiap tahun.

Permukaan kayu harus diprioritaskan untuk memastikan adhesi cat yang tepat. Knot di permukaan kayu harus dipatahkan untuk mencegah resin mengalir keluar. Priming dinding dan langit-langit sangat penting, jika permukaan sebagian dikuasai. Tanpa priming permukaan akan menyerap cat secara tidak merata dan akibatnya permukaan mungkin memiliki tingkat kilau yang tidak merata. Permukaan semen yang lemah harus dipasangi primer alkid untuk membuat permukaan lebih kuat dan memberikan permukaan yang lebih baik dengan cat di kemudian hari.

Tips Mengecat Rumah Kayu
Mengecat dinding kayu dengan kuas

Priming mungkin juga diperlukan ketika bertransisi dari satu jenis cat ke cat lainnya (misalnya lukisan minyak pint over dengan cat lateks). Permukaan menyerap primer dengan baik, dan primernya memberikan porositas permukaan yang berbeda. Ini memastikan cakupan cat yang baik nantinya. Tidak penting bagi primer itu sendiri memiliki cakupan yang bagus, karena permukaannya akan sakit dengan cat akhir. Priming mengurangi konsumsi cat akhir dan memastikan hasil yang langgeng.

CS Biovarnish

Memilih Jenis Cat

Tentunya lebih mudah untuk melukis dengan cat berbasis air, yang berbau rendah, mudah diaplikasikan, cepat kering. Selanjutnya, Anda dapat membersihkan alat melukis Anda hanya dengan air. Saat ini, produk berbasis air ditawarkan untuk hampir semua jenis permukaan interior.

Namun, cat berbasis pelarut juga memiliki kelebihannya. Mereka diserap dengan baik oleh permukaan, dimana bentuknya dapat dicuci, tahan lama dan bahkan melapisi cat. Cat alkyd thixotropic tersedia, yang tidak menetes atau mengalir. Cat berbasis pelarut paling sering digunakan pada permukaan logam dan kayu (jendela, pintu, furnitur).

Dengan permukaan yang dicat sebelumnya, sebaiknya cat ulang dengan jenis cat yang sama. Dengan permukaan baru, tentukan jenis cat yang tepat dengan:

  • tampilan permukaan dengan jenis cat khusus (contoh warna di toko)
  • tingkat kilau (cat berbasis pelarut biasanya lebih mengkilap)
  • pemilihan warna dan nada yang berbeda
  • harga

Pertama, putuskan apakah Anda lebih suka permukaan yang mengkilap atau permukaan matte. Cat umumnya memiliki 6 tingkat kilau yang berbeda, yang ditunjukkan pada paket produk:

  • Penuh glossy 90-100
  • Mengkilap 60-89
  • Semi-Gloss 30 hingga 59
  • Semi-Matte 11-29
  • Matte 6-10
  • Matte penuh 0-5

Aturan umumnya adalah glossier pada cat, semakin kuat lapisan catnya. Ini berarti bahwa cat yang mengkilap tidak menjadi kotor dengan mudah dan juga lebih tahan lama dan bisa dicuci. Penting juga untuk mengetahui bahwa warna glossy menghasilkan kekasaran terkecil yang mungkin dimiliki permukaan.

Cat full matte biasanya bisa dicuci dan karenanya paling cocok untuk ruangan kering. Bahan baku yang inovatif juga memungkinkan pengecualian di mana cat eksterior matte juga tahan cuaca.

Semakin glossy permukaan, semakin dalam dan lebih jelas warna yang kita rasakan. Porositas permukaan yang dicat sangat mempengaruhi cara kita melihat warna. Jika kita membandingkan nada warna yang sama dengan semut yang mengkilap yang lain menjadi matte, maka Anda dapat dengan mudah melihat yang satu lebih gelap (mengkilap) dan yang lainnya lebih terang (matte).

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa permukaan yang lebih kuat dan merata memantulkan cahaya secara merata ke satu arah yang membuat kita melihat warna lebih dalam dan lebih gelap. Dari permukaan yang lebih berpori, cahaya memantul ke arah yang berbeda dan kita menganggapnya lebih ringan. Bahan pengikat cat juga mempengaruhi cara kita melihat warna. Dengan warna cat acrylate tampak lebih biru ketika dengan cat alkyd warna-warna tampak lebih kuning.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here