Supplier Cat Kayu Aman Biovarnish Berbeda Dengan Cat Solvent

710

Penggunaan kayu sebagai bahan utama pembuatan furniture tentunya merupakan salah satu hal yang memang harus dilakukan. Kayu sendiri banyak digunakan untuk pembuatan furniture dan juga berbagai jenis olahan kayu lainnya karena mudah dibentuk dan juga tahan lama.

Kayu banyak dipilih sebagai material furniture karena bahannya yang kokoh dan kuat. Diantaranya memang tergolong lunak sehingga mudah untuk dibentuk. Maka dari itu, jenis kayu lunak pada umumnya digunakan untuk keperluan interior.

Sedangkan jenis kayu keras tergantung tingkat kekerasan, ketahanan dan keawetan dari kayu itu sendiri. Adakalanya kayu awet dan tahan terhadap perubahan cuaca, serangan rayap ataupun jamur sehingga tidak memerlukan perlakuan khusus.

CS Biovarnish

Untuk jenis kayu keras dengan tingkat kekerasan yang tinggi pada umumnya cenderung retak atau patah selama pengolahan. Sehingga untuk mengolah jenis kayu ini sebagai material furniture dibutuhkan kehati-hatian.

Meskipun demikian, kayu tetap menjadi material utama sebagai furniture. Selain karakteristik kayu yang kuat dan kokoh, kayu juga banyak dipilih karena coraknya yang beragam dan memberikan tampilan yang natural.

Maka dari itu, furniture yang menggunakan kayu pada umumnya lebih menggunakan tampilan yang natural seperti warna-warna kayu. Seperti yan diketahui bahwa warna-warna kayu terdiri dari banyak warna mulai dari yang terang hingga yang gelap.

Kayu solid saat ini memang cukup langka karena kebutuhan masyarakat terhadap kayu yang semakin meningkat sedangkan ketersediaan kayu semakin menipis.

Sehingga, jika kayu solid dirasa mahal maka Anda dapat menggunakan material serat alam lain seperti rotan ataupun bambu. Namun, apabila Anda kurang berkenan karena keawetan material tersebut tidak sekuat kayu maka tidak salahnya Anda menggunakan kayu olahan.

Namun untuk pengusaha yang ingin memasuki pasar internasional sudah tentu harus memiliki standar yang cukup tinggi khususnya produk olahan kayu. Salah satu standar ekspor produk olahan kayu ialah penggunaan cat yang aman dan juga ramah lingkungan.

Supplier Cat Kayu Aman Biovarnish Di Indonesia

Dengan menggunakan cat yang aman dan juga ramah lingkungan sudah tentu produk olahan kayu dapat diterima dipasar internasional. Khususnya untuk cat, memang sebaiknya menggunakan cat yang aman dan tidak menimbulkan bau yaitu menggunakan produk dari supplier cat kayu.

Cat ini sendiri berbahan dasar air sehingga tidak memerlukan tambahan thinner dan berbagai hal lainnya ketika akan digunakan atau juga dikenal dengan cat solvent based.

Cat solvent based banyak dijumpai di pasaran dengan berbagai macam merk. Tentu saja hal ini akan mempermudah pencarian Anda saat ingin finishing. Selain mudah didapat, cat solvent based juga tidak menguras kantong.

Banyak sekali jenis cat yang ada dipasaran saat ini baik itu cat solvent maupun cat water based. Cat solvent sendiri merupakan cat yang tidak memenuhi syarat internasional karena cat ini sendiri memiliki bau yang menyengat dan mampu memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh manusia.

Kenapa cat solvent based dapat merusak kesehatan? Selain baunya yang menyengat dan dapat menyebabkan masalah pernafasan, faktanya bahwa cat solvent based mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Kandungan bahan kimia pada cat diantaranya adalah arsenic, timbal ataupun merkuri. Seperti yang diketahui, kandungan bahan tersebut sudah dilarang penggunaannnya terlebih menyangkut tentang kesehatan.

Cat solvent based juga mulai disarankan untuk digunakan dalam kapasitas yang banyak karena memiliki kandungan VOC yang tinggi. Menurut regulasi EPA, VOC ini sangat berbahaya karena termasuk senyawa yang beracun.

Maka karena kandungan bahan pada cat solvent based berbahaya, Anda dapat beralih kepada cat water based yang jauh lebih aman. Cat ini lebih aman karena memiliki kandungan VOC yang sangat rendah atau bahkan tanpa VOC.

Kelebihan Cat Water Based dibandingkan Cat Solvent Based:

  • Lebih ramah lingkungan (rendah VOC)
  • Cukup menggunakan pelarut air
  • Lebih cepat kering
  • Tidak bergantung terhadap cuaca (selama pengeringan)
  • Tidak berbau
  • Tidak beracun
  • Mudah diaplikasikan
  • Tidak mudah memudar
  • Tahan lama (tidak menguap)

Salah satu cat water based lokal dengan kualitas import adalah Biovarnish. Cat ini merupakan cat kayu berbahan water based acrylic yang khusus untuk finishing natural kayu.

Dikatakan berkualitas import karena formula bahan yang digunakan telah disesuaikan dengan standar regulasi internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan ECHA-Reach.

Biovarnish dilengkapi dengan berbagi fitur unggulan untuk memudahkan proses finishing berlangsung. Pasalnya, fitur-fitur Biovarnish diantaranya adalah

  • Mudah diaplikasikan (Easy to Use)
  • No Sagging (Tidak mudah luber saat diaplikasikan)
  • Cepat kering
  • Transparansi warna yang baik dan tajam
  • Daya rekat film kuat
  • Tahan air
  • Tahan cuaca
  • Elastisitas yang stabil
  • Tahan lama
  • Tidak cepat memudar

Biovarnish tidak hanya menyediakan wood stain saja melainkan juga cat kayu yang dibutuhkan selama proses finishing berlangsung seperti dempul, sanding sealer dan dempul.

Biovarnish memiliki beberapa varian produk diantaranya Biovarish Wood Filler (4 warna; kayu jati, kayu ramin, kayu sonokeling, kayu mahagoni), Biovarnish Wood Stain/Biovarnish Liquid Stain (20 warna), Biovarnish Clear Coat (2 tampilan; matte/gloss), Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Glaze.

Berikut tahap finishing menggunakan serangkaian produk Biovarnish untuk menciptakan tampilan natural kayu:

  • Amplas permukaan kayu hingga benar-benar bersih dan rata sehingga akan mempermudah proses finishing
  • Bersihkan sisa-sisa debu pengamplasan
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang telah dilarutkan air kemudian gunakan pisau scrape untuk mengaplikasikan ke permukaan kayu. Diamkan selama 20-30 menit lalu amplas menggunakan kertas amplas no. 320 apabila sudah kering
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain atau Biovarnish Wood Stain yang sudah dilarutkan air. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan selama 60 menit kemudian amplas ambang permukaan kayu dengan kertas amplas nol 400 jika sudah kering sentuh
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat tampilan coating sebelumnya. Cat ini bisa digunakan sebelum colouring guna memperhalus tekstur kayu. Jika digunakan sebelum colouring bertujuan untuk menutup pori-pri kecil yang cukup sulit dijangkau filler kayu. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400
  • Untuk mengunci warna, aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss. Jika sudah diaplikasikan secara menyeluruh, diamkan selama semalaman untuk hasil yang optimal.

Finishing menggunakan Biovarnish ini dapat dilakukan di dalam ruangan asalkan sirkulasi udara berjalan baik. Sebab, selama finishing cat ini tidak mengeluarkan racun ataupun bau menyengat sehingga aman dan nyaman.

Hal ini juga berlaku pasca finishing, furniture yang telah terlapisi Biovarnish akan lebih nyaman digunakan langsung di dalam ruangan karena tidak mengalami penguapan sehingga tidak mengeluarkan bau menyengat ataupun bahan-bahan kimia berbahaya.

Maka dari itu, Biovarnish ini juga cocok digunakan untuk segala kebutuhan finishing baik interior ataupun eksterior. Bahkan, Biovarnish juga cocok untuk finishing pada furniture ataupun mainan anak-anak.

Menggunakan produk dari supplier cat kayu aman Biovarnish ini pastinya menjadi salah satu solusi untuk melapisi furniture yang akan di ekspor. Cat ini sendiri juga memiliki warna yang indah yaitu natural.

Selain itu, pengaplikasian yang mudah cat ini juga mampu merekat kuat di berbagai jenis kayu. Bahkan ketika cat Biovarnish kering dan terkena air maupun panas tidak akan mudah pudar warnanya.

Setelah finishing, apa yang seharusnya dilakukan? Banyak orang yang abai mengenai hal ini, baik furniture tersebut terlapisi cat solvent based ataupun cat water based.

Disarankan untuk melakukan perawatan secara rutin terhadap furniture kayu ataupun serat kayu. Pasalnya, serat alam seperti kayu tetap saja mudah lapuk apabila tidak dirawat dengan baik.

Sangat penting untuk membersihkan setiap hari furniture Anda untuk menghindari debu mengendap. Debu yang mengendap dan tebal akan justru sulit dihilangkan. Jika sudah demikian, maka dibutuhkan aplikasi poles kayu atau refinishing.

Selain itu, untuk meremajakan tampilan furniture kayu maka aplikasikan poles kayu secara rutin. Sebaiknya aplikasikan minimal sebulan sekali agar tampilan furniture kayu terlihat selalu baru dan mencegah adanya debu mengendap.

Supplier Cat Kayu Aman Biovarnish Berkualitas

Penggunaan cat pada furniture kayu merupakan suatu kebutuhan karena cat ini sendiri nantinya mampu membuat tampilan furniture kayu menjasi nampak lebih indah dan terlihat menarik.

Produk dari supplier cat kayu aman Biovarnish sendiri juga sudah lulus uji oleh ECHA dan juga US EPA sehingga cat ini aman untuk digunakan melapisi seluruh permukaan furniture kayu yang akan di ekspor.

Menggunakan produk supplier cat kayu aman Biovarnish yang sudah memenuhi standar internasional pastinya sangat baik. Untuk melakukan pembelian cat ini, bisa langsung menghubungi melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau via e-mail [email protected]

Anda juga bisa melakukan pembelian melalui marketplace di bukalapak : www.bukalapak.com/u/catwaterbased atau TokoPedia : www.tokopedia.com/biopaint102. Atau juga via Shopee: www.shopee.co.id/biovarnish.official.

Untuk pembelian secara offline atau juga dapat berkonsultasi mengenai finishing kayu ataupun serat alam, silahkan mengunjungi Bio Office yang terletak di Yogyakarta, Cirebon dan Jepara.

Pastikan untuk selalu memperhatikan protocol keamanan selama finishing kayu baik ketika Anda menggunakan cat solvent based ataupun cat water based. Untuk pengaplikasian cat solvent based, disarankan untuk mengaplikasikan di tempat terbuka sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here