3 Tips Menghaluskan Tekstur Bangku Kayu dengan Sanding Sealer agar Tidak Bosan di Masa New Normal

50

Kadangkala ketika membuat bangku kayu atau furniture hasilnya tampak kurang memuaskan karena terdapat beberapa bagian yang masih kasar. Bukan hanya karena caranya yang kurang tepat, penggunaan cat pun juga mempengaruhi hasil akhir pada furniture. Nah, untuk memperhalus tekstur kayu, Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer ketika pengecatan. Sanding sealer ini bertujuan untuk memperhalus tekstur, menutup pori-pori kayu dan memotong bulu-bulu halus pada kayu. Sehingga kebutuhan pengaplikasikan sanding sealer juga tidak kalah penting agar hasilnya pun lebih halus dan tampak mahal.

Orang-orang masih jarang menggunakan sanding sealer karena masih sedikit orang yang mengetahui fungsi dari cat tersebut. Selain itu, sanding sealer dipandang cukup rumit karena prosesnya yang panjang. Biasanya, penggunaan sanding sealer banyak diterapkan oleh pengrajin, penghobi ataupun dalam industri mebeling. Sehingga wajar saja jika hasil finishing produk mebeling terkesan halus dan mengkilap sempurna. Ya, untuk menciptakan tampilan natural transparan tidak hanya membutuhkan satu jenis cat saja  melainkan membutuhkan produk finishing mulai dari basecoat, maincoat dan topcoat.

Sanding sealer merupakan maincoat yang dibutuhkan untuk finishing natural kayu. Biasanya, sanding sealer diaplikasikan sebelum ataupun setelah diaplikasikannya plitur atau wood stain. Sanding sealer yang sering digunakan biasanya menggunakan pelarut thinner seperti halnya dengan cat konvensional pada umumnya. Sayangnya, untuk mengaplikasikan cat kayu ini membutuhkan proses pengeringan yang cukup lama dan akan lebih baik jika dikeringkan langsung dibawah sinar matahari agar lebih cepat kering.

CS Biovarnish

Apabila Anda menginginkan proses pengecatan dengan sanding sealer lebih cepat maka Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer. Cat kayu ini terbuat dari bahan dasar air dan bahkan pelarut yang digunakan pun juga air sehingga Anda tidak perlu membeli bahan pelarutnya. Selain itu, proses pengeringannya pun tergolong cepat karena hanya memakan waktu beberapa jam saja. Dan tidak disarankan untuk dikeringkan dibawah sinar matahari melainkan cukup didiamkan saja di tempat yang teduh atau dalam suhu ruangan.

Finishing Natural Kayu di Tengah New Normal untuk Menghaluskan Bangku dengan Sanding Sealer

Biovarnish sanding sealer tergolong ramah lingkungan sehingga sangat cocok ketika digunakan untuk pengaplikasian pada bangku atau furniture interior. Sebab, cat tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan dan tidak mengeluarkan bau cat menyengat sehingga lebih nyaman ketika langsung digunakan. Sedangkan untuk cara aplikasi lebih sederhana sebab bisa menggunakan dengan cara kuas atau semprot dan cukup didiamkan dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.

Agar new normal tidak membosankan, ikuti cara menghaluskan bangku dengan sanding sealer water based dibawah ini:

  • Anda bisa mengaplikasikan plitur sebelumnya terlebih dahulu atau langsung diaplikasikan sanding sealer. Apabila diaplikasikan plitur terlebih dahulu maka setelah diplitur sebaiknya diamplas agar coating setelahnya pun dapat melekat dengan baik.
  • Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air lalu aduk larutan tersebut hingga homogen. Setelah larut, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga benar-benar merata. Setelah merata, diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih 60 menit. Setelah kering sentuh, amplas ambang permukaan bangku kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Tahap akhir agar coating sebelumnya terkunci dan hasilnya optimal, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Larutkan dengan air terlebih dahulu lalu aduk hingga larutan tersebut tercampur sempurna. Lalu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu baik dengan cara kuas atau semprot, setelah itu diamkan selama semalaman hingga bang benar-benar kering. Setela kering, bangku pun dapat digunakan.

Sebaiknya menggunakan produk finishing secara keseluruhan dengan jenis yang sama agar hasilnya optimal. Sangat disarankan untuk menggunakan produk-produk finishing ramah lingkungan agar lingkungan sekitar Anda pun lebih terasa nyaman.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here