Inilah Cara Aplikasi Cat Kayu Transparan Open Pore yang Tepat

1418

Furniture kayu memang memiliki ragam keistimewaan. Salah satu tampilan yang memikat banyak orang adalah tampilannya yang open pore.

Siapa yang tidak butuh furniture? Hampir setiap penghuni rumah menginginkan setidaknya lebih dari satu furniture untuk hunian rumahnya. Hingga saat ini, furniture yang banyak digunakan untuk hunian baik rumah pribadi, hotel, restauran dan lain sebagainya adalah furniture yang terbuat dari kayu. Meskipun furniture tersebut juga diinovasikan dengan material lainnya seperti kaca atau besi.

Furniture yang menggunakan material kayu memang memiliki keunikan tersendiri. Kayu merupakan serat alam yang memiliki serat yang berbeda-beda berdasarkan dari jenisnya. Setiap kayu memiliki karakter yang berbeda sehingga Anda dapat menggunakan jenis kayu sesuai dengan kebutuhan furniture, konstruksi bangunan ataupun hiasan rumah. Nah, salah satu material kayu yang banyak diminati adalah kayu jati atau teakwood. Kayu tersebut juga tergolong kayu kelas atas karena berbagai karakter menarik yang dimilikinya. Sebab, kayu jati memiliki serat lurus terpadu dan halus, selain itu kayu tersebut tahan terhadap perubahan cuaca, serangan jamur dan rayap.

CS Biovarnish

Karena seratnya sudah halus dan rapi, Anda pun dapat langsung mengaplikasikan cat langsung ke permukaan kayu. Dalam teknik finishing, aplikasi tersebut disebut dengan finishing tampilan open pore atau pori-pori terbuka. Sehingga tampilan serat kayu benar-benar terlihat sekecil apapun. Untuk membutuhkan lapisan cat pada teknik ini bisa dilakukan beberapa layer tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Sedangkan untuk kayu jati, Anda bisa mengaplikasikan cat sebanyak satu atau dua layer atau hingga tampilan cat benar-benar terlihat.

Tampilan finishing warna teakwood open pore death matt finish merupakan aplikasi cat kayu transparan dengan tampilan death matt dengan pori-pori kayu terbuka. Tampilan finishing ini biasanya diaplikasikan pada kayu yang memiliki serat-serat yang jelas dan rapi seperti kayu jati. Mengikuti setiap serat pada kayu justru akan menampilkan kesan natural dan menambah kesan apik dan mahal.

Produsen furniture seringkali menggunakan cat kayu transparan untuk menampilkan serat kayu jati pada furniture. Karena kayu jati dikenal memiliki serat yang indah dan ketahanan kayu yang lama serta kuat sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan furniture.

Cat kayu transparan sangat mudah untuk ditemukan di pasaran sehingga Anda tidak perlu khawatir ataupun bingung harus mencari cat natural kayu tersebut. Namun, cat kayu ini terdiri dari berbagai merk dengan keunggulannya masing-masing sehingga Anda harus memilih dan memilah cat kayu yang sesuai dengan kebutuhan. Jika merasa kesulitan atau tidak cukup waktu untuk membandingkan antara merk cat satu dengan yang lainnya maka Anda bisa membedakan cat kayu yakni cat berbahan solvent dan cat berbahan air.

Dilihat dari jenis namanya saja maka sudah dipastikan bahwa kedua cat tersebut menggunakan bahan yang berbeda. Cat kayu berbahan solvent merupakan cat kayu yang biasa menggunakan pelarut thinner atau turunan minyak lainnya (pelarut organik). Sedangkan cat kayu berbahan air merupakan cat kayu yang menggunakan pelarut air. Nah, jika dilihat dari hasil finishing, keduanya memiliki kemiripan. Namun, untuk tampilan gloss maka cat berbahan solvent lebih unggul dibandingkan cat berbahan dasar air. Hal ini dikarekanan cat berbahan solvent mengandung minyak sehingga tingkat kilapnya lebih maksimal.

Aplikasi Cat Kayu Transparan

Untuk memilih cat, tidak hanya kualitas tampilannya saja yang perlu diperhatikan melainkan juga kandungan bahan yang digunakan. Nah, cat kayu berbahan solvent merupakan cat kayu yang mengandung minyak yang justru lebih cepat menguap dan warnanya memudar. Karena kandungan bahan pada cat cepat menguap justru ini lah yang menjadi penyebab cat tersebut berbahaya. Pasalnya, uap tersebut merupakan VOC yang diemisikan menjadi gas dan berdampak buruk pada kesehatan. Dampak buruk pada kesehatan tersebut bisa berjangka pendek ataupun berjangka panjang. Pada awalnya, cat yang mengandung VOC tinggi mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Bau tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan dan pusing.

Meskipun kandungan cat berbahan solvent tersebut berbahaya bagi kesehatan masih banyak yang menggunakannya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya

  • cat berbahan solvent lebih mudah didapatkan saat dibutuhkan
  • harganya lebih terjangkau
  • belum mengetahui bahwa cat berbahan solvent mengandung bahan kimia berbahaya
  • Acuh untuk andil menjaga lingkungan

Kesadaran masyarakat sangat menentukan berkembangnya cat tersebut di pasaran. Maka dari itu, jadilah salah satu orang yang ikut andil alih dalam menjaga lingkungan. Anda tidak perlu khawatir lagi karena cat berbahan air merupakan cat kayu yang lebih ramah lingkungan dan aman digunakan. Karena cat berbahan air ini tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah VOC. Sehingga ketika diaplikasikan tidak mengeluarkan bau menyengat dan tidak beracun.

Salah satu cat kayu khusus natural kayu yang terbuat dari bahan dasar air adalah Biovarnish. Cat kayu tersebut produksi lokal namun kualitasnya sudah go internasional. Sebab, Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Sehingga kandungan bahan kimia dan VOC pada cat sangat dibatasi agar tetap aman digunakan dan nyaman setelah diaplikasikan.

Untuk menciptakan tampilan death matt open pore maka membutuhkan beberapa tahapan finishing. Untuk mempermudah menciptakan  tampilan furniture death matt open pore, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Persiapkan media, pastikan kayu kering (MC ≤12%). Apabila kayu masih basah, dapat dijemur atau di oven. Ampelas permukaan kayu dearah dengan serat kayu, pastikan kayu bersih dari segala macam kotoran dan permukaan rata.
  2. Gunakan Wood Stain. Untuk menjaga furniture indoor terjaga kualitas warnanya, dapat menggunakan Biovarnish Wood Stain. Apabila perlu, campurkan air bersih dan aduk dengan pelan sampai wood stain homogen bertujuan untuk menurunkan kepekatan warna wood stain. Aplikasikan dengan metode spray ke seluruh permukaan kayu, tunggu hingga kering. Tidak disarankan untuk dijemur langsung dibawah sinar matahari. Tunggu hingga kering sentuh setidaknya 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  3. Aplikasikan Sanding Sealer. Agar tidak terlalu kental, campurkan sanding sealer dengan air bersih kemudian aduk dengan pelan-pelan. Aplikasikan sanding sealer dengan spray ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering kurang lebih 60 menit, kemudian ampelas halur permukaan kayu.
  4. Tahap terakhir aplikasikan Topcoat. Gunakan topcoat Biovarnish Clear Coat  untuk tampilan akhir finishing death matt. Agar tidak terlalu kental, gunakan air bersih untuk melarutkan topcoat. Aplikasikan topcoat dengan metode spray keseluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering sentuh kurang lebih 30 menit. Tidak disarankan sebelum kering sentuh untuk mengeringkan dibawah sinar matahari atau oven dengan suhu diatas 32°

Cat kayu transparan yang digunakan merupakan cat yang berbahan dasar air atau hanya menggunakan bahan pelarut air bukan thinner atau pelarut minyak lainnya. Sehingga cat yang digunakan tersebut dijamin aman dan ramah lingkungan. Cat water based tersebut juga cocok diaplikasikan pada berbagai jenis kayu solid, bambu, rotan, mdf, triplek, plywood, ataupun enceng gondok.

Apabila Anda menggunakan material selain kayu jati maka Anda dapat mengaplikasikan beberapa produk ramah lingkunan dari Bio Industries yang lain. Jika terdapat beberapa bagian cat yang belang atau warna dasar kayu yang gelap tapi untuk finishing warna jati maka dibutuhkan bleaching kayu. Anda dapat mengaplikasikan bahan bleaching White Agent WA-250. Bahan bleaching ini menghasilkan warna yang cerah natural sehingga ketika diaplikasikan cat akan terlihat natural kayu. Selain itu, apabila jenis kayu yang digunakan adalah rawan terserang jamur atau rayap maka Anda dapat mengaplikasikan BioCide. BioCide disini dibedakan menjadi tiga macam yakni BioCide SPF untuk mengatasi masalah jamur permukaan lalu BioCide Wood Fungicide yang digunakan untuk mengatasi jamur yang menyerang bagian serat kayu seperti blue stain. Atau BioCide Insectiside yang digunakan untuk mengatasi masalah pada kayu agar dapat terhindar dari serangan serangga seperti kumbang bubuk, rayap dll.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here