Cat Warna Solid Ramah Lingkungan. Ini Lah Harga Cat Orchid Yang Tepat

707

Dalam memilih cat solid, Anda juga perlu memperhatikan harga setiap produk. Apabila butuh cat water based, perhatikan harga cat Orchid berikut.

Anda lebih memilih furniture dengan tampilan natural kayu atau warna solid? Jika Anda memilih warna solid maka Anda harus menyesuaikan dengan keinginan dan nuansa pada hunian rumah Anda. Saat ini, furniture yang menggunakan warna solid sudah banyak dan bahkan sering digunakan untuk furniture bergaya modern-minimalis. Hunian rumah bergaya modern dan minimalis selalu menggunakan cat solid untuk memberikan kesan rumah tampak bersih, segar dan indah. Selain itu, cat solid memiliki varian warna yang banyak sehingga memudahkan Anda untuk menyesuaikannya dengan konsep rumah.

Jika hunian rumah Anda adalah minimalis maka warna solid yang Anda pilih untuk furniture disarankan tidak terlalu banyak. Sebab, warna yang beragam justru akan membuat ruangan Anda terlihat berantakan. Pastikan pula menerapkan warna solid dengan warna terang agar ruangan terkesan lebih lega. Untuk menciptakan tampilan warna solid yang optimal maka dibutuhkan cat kayu berkualitas. Kualitas kayu tidak bisa dilihat dari satu merk cat melainkan Anda harus membandingkan dengan merk cat kayu yang lain.

CS Biovarnish

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas dari suatu produk cat. Faktor-faktor tersebut adalah bahan baku yang digunakan, proses produkasi, brand yang telah dikenal di pasaran. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah harga cat Orchid yang notabene merupakan cat water based.

Apakah perbedaan antara cat water based dengan cat kayu konvensional yang selama ini banyak di pasaran? Untuk menjelaskan berbagai perbedaan antara cat konvensional (cat solvent based) dan cat water based maka dijelaskan dibawah ini.

Mengenal Cat Solid Water Based dan Harga Cat Orchid Ini

cat kayu besi ramah lingkungan

Cat water based dikenal sulit dan harga yang mahal. Namun tahukah Anda, bahwa cat water based merupakan cat yang ramah lingkungan? Bahkan di luar negeri, seperti di benua Amerika dan Eropa telah menggunakan cat water based sejak belasan sampai puluhan tahun lalu. Sedangkan di Indonesia, telah mengembangkan cat water based sejak 5 tahun terakhir. Bukan semata karena tren melainkan juga karena demi kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Meningkatnya penggunaan cat water based di Indonesia karena minat buyer mancanegara yang begitu tinggi terhadap cat. Sehingga perkembangan cat water based dibandingkan dengan cat solvent based lebih cepat. Selain itu, karena minat masyarakat Indonesia terhadap cat ini pun mulai banyak meskipun keberadaan cat water based belum sebanyak dengan cat solvent based.

Apabila Anda menghendaki cat warna solid yang  berada di pasaran, Anda dapat mempertimbangkan harga cat berikut. Cat Garuda cocok bagi Anda yang tidak ingin menguras kantong terlalu dalam, yaitu dibandrol sekisar Rp. 30.000.,-/1can. Anda dapat pula memilih cat yang relatif sedang seperti Dulux Rp. 48.000,-/can, Avian Rp. 47.000,-/1can, Seiv Rp. 49.000,-/1can. Cat-cat ini sudah cenderung sudah terkenal di pasaran. Apabila Anda juga dapat menggunakan cat Mowilex yang dibandrol dengan harga Rp. 67.000,-/1can.

Atau jika Anda memilih menggunakan cat water based, harga cat Orchid tidak kalah dengan cat di atas. Harga cat Orchid dibandrol Rp. 84.000,-/1can. Cat tersebut cenderung lebih irit untuk daerah-daerah tertentu karena hanya menggunakan air sebagai bahan pelarut. Cat tersebut memiliki kerekatan film yang kuat, cepat kering, anti jamur, tahan cuaca dan mudah diaplikasikan. Sehingga cocok sekali jika diaplikasikan pada bahan kosntruksi bangunan seperti kusen, jendela, pintu dll berbahan dasar kayu, bambu, mdf, triplek atau bambu.

Dari berbagai produk di atas maka Anda bisa membandingkan jenis cat kayu yang akan Anda pilih. Lalu mana kah yang bagus antara cat solvent based dan cat water based? Seperti yang disinggung diatas bahwa cat water based merupakan cat kayu yang terbuat dari bahan baku air. Bahan pelarut yang digunakan pun adalah air sehingga lebih mudah didapatkan di sekitar lingkungan Anda. Sedangkan cat solvent based merupakan cat kayu terbuat dari bahan baku minyak atau solvent. Biasanya, cat kayu ini menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus. Karena penggunaan pelarut organik seperti thinner maka bau cat akan lebih menyengat dan cukup tidak nyaman setelah diaplikasikan.

Berbeda dengan cat water based karena penggunaannya adalah pelarut air yang justru lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau. Selain tidak mengeluarkan bau menyengat, cat water based juga lebih tahan lama, loh. Ya, tanpa kandungan minyak didalamnya membuat cat water based tidak mengalami penguapan sehingga cat tersebut tidak cepat memudar. Akan menghabiskan biaya dan tenaga apabila cat kayu yang Anda gunakan cepat memudar, bukan? Sebab, cat kayu yang memudar apabila tidak diaplikasikan atau refinishing dengan cat kayu yang baru akan membuat kayu lebih cepat rusak. Sebab, daya proteksi cat kayu tersebut berkurang sehingga rawan terserang jamur atau serangga.

Adapun cara finishing Orchid Enamel sebagai berikut:

  • amplas terlebih dahulu permukaan kayu untuk memperhalus dan meratakan permukaan kayu agar memudahkan proses finishing
  • aplikasikan BioColours Primer Coat apabila menginginkan serat tertutup dan mengoptimalkan tampilan cat. Atau Anda bisa langsung mengaplikasikan Orchid Enamel
  • Larutkan Orchid Enamel dengan air yakni dengan perbandingan 2 Orchid : 1 air lalu aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu baik dengan metode finishing kuas atau semprot. Untuk warna tertutup dengan baik apabila tanpa menggunakan BioColour Primer Coat dibutuhkan 4 layer cat. Sedangkan jika sudah diaplikasikan BioColours Primer Coat maka cukup dengan 2 sampai 3 layer cat saja. Diamkan dalam suhu ruangan hingga kering
  • Setelah Orchid Enamel, Anda tidak perlu mengaplikasikan topcoat karena Orchid sudah terkandung topcoat didalamnya.

Untuk mengoptimalkan kualitas kayu maka dibutuhkan berbagai perawatan sebelum kayu tersebut digunakan atau melalui tahap finishing. Perawatan atau treatment tersebut juga harus mempertimbangkan jenis kayu yang digunakan. Sebab, setiap kayu memiliki karakteristik yang berbeda yakni ada yang membutuhkan treatment dan adapula tanpa treatment pun kayu sudah menunjukkan kualitas yang bagus. Tentu saja, kayu yang tidak membutuhkan perawatan atau treatment yang banyak merupakan kayu dengan kualitas yang bagus seperti kayu jati.

Misalkan jenis kayu yang digunakan adalah kayu jati belanda maka sudah dipastikan harus melalui tahap treatment. Sebab, kayu ini mengandung banyak mineral didalamnya sehingga pasca penebangan harus segera dikeringkan. Jika tidak langsung dikering maka akan dengan mudah kayu tersebut terserang jamur. Dan jamur yang seringkali menyerang kayu jati belanda dikenal dengan blue stain yakni jamur yang menyerang bagian serat kayu sehingga meninggalkan bekas biru kehitaman. Jika sudah terlanjur terserang jamur bluestain maka cukup sulit menghilangkannya kecuali dengan menyamarkan bekas jamur yakni dibleaching atau pemutihan kayu.

Namun, sebelum itu terjadi maka kayu jati belanda atau sejenis kayu yang tidak tahan terhadap serangan jamur atau serangga adalah dengan mengaplikasikan obat anti jamur atau obat anti serangga. Cara mengaplikasikan obat tersebut cukup sederhana yakni dengan cara rendam. Namun, jika Anda memiliki alat vakum untuk kayu maka vakum kayu tersebut beberapa jam. Apabila sudah melalui tahap treatment maka kayu harus dikeringkan. Pastikan untuk mengeringkan kayu mencapai tingkat kekeringan MC 12% atau MC kurang dari 15%. Dengan tingkat kekeringan yang pas membuat kayu lebih bertahan lebih lama. Agar lebih ramah lingkungan, Anda dapat menggunakan obat anti jamur dan obat anti rayap yakni BioCide.

Bioindustries merupakan produsen cat lokal yang mempelopori produk-produk yang ramah lingkungan mulai dari treatment, finishing hingga perawatan kayu. Produk-produk tersebut diantaranya adalah BioCide, Orchid Enamel, Biovarnish, BioColours, WA 250 dan Biopolish. Dengan varian produk finishing diatas akan memudahkan Anda dalam melakukan treatment hingga finishing kayu atau bahan material serat alam lainnya. Semua produk-produk tersebut telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US ENviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Sehingga penggunaan bahan-bahan kimia dan kandungan VOC pada produk tersebut sangat dibatasi agar lebih aman.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut mengenai harga cat Orchid dan produk ramah lingkungan lainnya, silahkan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp pada kontak hotline yang terdapat pada website. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, Anda dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta. Atau untuk mempermudah pemesanan, silahkan melakukan pemesanan melalui marketplace yakni https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://tokopedia.com/bioindustries dan atau https://tokopedia.com/rayapjamur.

Penting sekali untuk memperhatikan dari hal-hal kecil seperti untuk kebutuhan sehari-hari dengan memakai produk yang ramah lingkungan. Dengan memulai dari aktivitas sehari-hari maka Anda telah mengurangi sebagian kecil masalah polusi lingkungan baik pada udara, tanah atau air. Demikian ulasan singkat mengenai produk-produk ramah lingkungan yang disarankan penggunaannya demi kesehatan dan lingkungan. Mari gerakkan Go Green demi keselamatan bersama. Semoga dengan informasi dan ulasan harga cat Orchid dan produk ramah lingkungan ini, Anda dapat mempertimbangkan dalam membeli dan memilah cat yang tepat.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here