Finishing Cat Kayu Water Based Untuk Hasil Warna Solid Pada Furniture

1188

Selain warna natural yang banyak dicari, warna solid juga tidak kalah populer. Agar lebih ramah lingkungan pada furniture gunakan cat kayu water based.

Anda lebih suka furniture dengan warna natural kayu atau warna-warna solid? Hingga saat ini, kebanyakan furniture menggunakan tampilan warna natural kayu namun jangan salah warna solid juga banyak yang diminati dengan berbagai tampilan seperti patina namun adapula yang murni seluruhnya warna solid. Lapisan cat pada furniture dinilai menambah kesan estetik pada furniture sehingga akan berpengaruh pada nilai seni dan harga jual furniture tersebut.

Warna-warna solid dapat ditimpa ke media dengan material apapun seperti kayu. Seperti yang diketahui, furniture hingga saat ini paling sering menggunakan material kayu. Namun, karena material kayu solid mulai langka lalu merambah ke media kayu olahan yang memiliki tampilan yang mirip kayu namun ketahanannya yang tidak sebaik kayu solid. Karena kayu olahan tersebut bisa berupa lembaran kayu solid atau hanya serbuka kayu yang di pres dan dibuat menjadi sebuah papan lalu kemudian baru dapat digunakan sebagai material furniture.

CS Biovarnish

Furniture baik dengan material kayu, kayu olahan ataupun serat alam yang menerapkan warna solid memberikan ruagan terasa lebih hidup. Anda dapat menggunakan warna-warna solid sesuai dengan nuansa ruangan atau memadukan dengan warna tembok. Jika menggunakan furniture warna solid disarankan untuk tidak menggunakan berbagai macam warna karena ruangan terkesan berantakan dan tidak tertata dengan baik. Kecuali jika Anda menambahkan berbagai aksesoris pada ruangan tersebut.

Tata ruang dengan memadukan aksesoris dan furniture hingga saat ini banyak yang mencari. Anda bisa menciptakan berbagai kreasi pada ruangan Anda. Ruangan bisa menjadi awal praktis Anda untuk mengembangkan ketrampilan dalam tata ruang apabila Anda sangat hobi dengan desain interior. Namun, jika Anda merasa kesulit maka Anda bisa melihat berbagai contoh di internet yang saat ini banyak bermunculan. Jika Anda memiliki jiwa kreatif maka tidak ada salahnya jika mengembangkan ruangan Anda dengan membuat berbagai aksesoris dari tangan Anda sendiri.

Furniture dengan warna solid memang banyak diminati oleh buyer baik dalam negeri ataupun luar negeri. Pada umumnya, warna solid banyak diterapkan pada hunian dengan gaya modern.  Furniture dengan gaya kontemporer, modern, shabby chic lebih menggunakan warna solid seperti warna putih yang mendukung suasana hunian rumah tersebut. Banyak produsen mebeling yang membuat furniture-furniture dengan warna-warna solid dan desain yang unik untuk menarik pasar terlebih pasar internasional.

Bagi seornag pengusaha atau pengrajin serat alam yang memiliki target pasar internasional pasti memahami bahwa banyak buyer mancanegara yang sangat berhati-hati dalam memilih dan memilah furniture. Ketelitian dalam memilih furniture tersebut bukan hanya melihat desain atau tampilan dari furniture tersebut melainkan juga bahan finishing yang digunakan. Beberapa negara di dunia kini mulai memperhatikan berbagai produk finishing untuk furniture diantaranya kandungan bahan pada suatu produk finishing. Pasalnya, masih banyak bahan finishing yang ternyata berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Biasanya,bahan finishing yang diperhatikan oleh buyer mancangegara  adalah cat yang tidak mengadung bahan kimia atau mengandung VOC yang tinggi. Cat tersebut biasanya terdapat pada cat solvent based, sebagai alternatif Anda dapat menggunakan cat kayu water based yang cenderung lebih aman dan ramah lingkungan.

Cat Kayu Water Based Lebih Aman Masuk Pasar Internasional Daripada Cat Solvent Based

cat solid ramah lingkungan orchid enamel

Cat solvent based dikatakan tidak aman karena kandunga bahan kimia serta VOC-nya yang tinggi. Kandungan kimia dalam cat solvent based biasanya merupakan merkuri dan timbal yag dapat menyebabkan kanker jika kedua bahan tersebut terlalu lama mengendap di dalam tubuh. Maka dari itu, ini lah alasan bahwa cat solvent based sudah tidak diizinkan lagi di luar negeri untuk segala aplikasi finishing . Sebagai alternatifnya, maka gunakan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Cat water based biasanya banyak digunakan untuk furniture yag akan diekspor karena terbukti low VOC. Salah satunya adalah cat water based dari Bio Industries. Hal ini dibuktikan dengan bahan-bahan yang digunakan pada produk finishing oleh Bio Industries notabene diformulasikan berdasarkan standar regulasi keamanan internasional dari segi batas penggunaan bahan kimia dan VOC yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dann European Chemical Agency (ECHA) Reach.

Untuk menghasilkan furniture berwarna solid, dapat menggunakan Orchid Enamel Paint. Cat ini cocok digunakan untuk berbagai jenis media seperti kayu solid, bambu, mdf, triplek, rotan atau enceng gondok. Apakah cat kayu warna solid ini aplikasinya sama dengan cat pada umumnya? Berbeda. Pada umumnya cat yang digunakan menggunakan bahan pelarut minyak yang harus Anda persiapkan/beli sebelumnya sedangkan cat Orchid cukup menggunakan air dan tidak perlu di topcoat. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Sebelum diaplikasikan Orchid, alangkah baiknya ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu atau minyak yang masih tertinggal di permukaan kayu. Hal ini akan mempermudah cat kayu melekat ketika diaplikasikan ke permukaan kayu.
  2. Campur Orchid dengan air dengan takaran 20% dari isi keseluruhan cat. Diaduk hingga merata, kemudian aplikasikan ke permukaan kayu menggunakan kuas maupun spray. Tunggu hingga kering. Untuk proses pengeringan, Anda hanya cukup mendiamkan saja dalam suhu ruangan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.
  3. Sebaiknya aplikasikan Orchid sebanyak 4 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Apabila Anda menginginkan hasil lebih glossy, Anda juga dapat mengaplikasikan topcoat dengan tampilan gloss.

Dan apabila Anda menginginkan tampilan pori tertutup maka sebelum diaplikasikan Orchid Enamel maka Anda dapat mengaplikasikan BioColours Primer Coat atau BioColours Wood Putty terlebih dahulu.

Cat Orchid enamel paint merupakan cat kayu water based yang memiliki kerataan cat yang bagus da tidak meninggalkan bekas kuas. Bahakn cepat kering dan memiliki kerekatan film yag bagus. Furniture warna solid yang menggunakan cat kayu water based tersebut lebih memiliki kesempatan yang lebih besar masuk ke ranah pasar internasional karena bahan yang digunakan aman serta telah sesuai denga standarisasi keamanan internasional.

Orchid Enamel Paint merupakan cat kayu yang diproduksi oleh produsen cat lokal yakni Bio Industries. Meskipun cat lokal ini merupakan cat lokal namun kualitasnya tidak kalah dengan cat water based berasal dari luar negeri. Selain cat Orchid Enamel, Bio Industries juga mengeluarkan berbagai produk yang ramah lingkungan untuk kebutuhan kayu, rota, bambu dan berbagai media mebeling atau kerajinan lainnya. Diantara produk Bio Industries diantaranya adalah

  • Biovarnish. Biovarnish merupakan cat kayu khusus untuk tampilan natural kayu. Cat kayu ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan finishing interior eksterior. Selain itu, cat kayu ini terdiri dari 20 vaian warna yang dapat Anda pilih
  • BioDucos. BioDuco merupakan cat kayu khusus untuk menghasilkan tampilan warna solid. Perbedaan dengan Orchid Enamel adalah BioColours hanya khusus digunakan untuk finishing kayu atau serat alam sedangkan Orchid Enamel dapat diaplikasikan pada kayu, serat alam dan besi.
  • White Agent WA-250. WA 250 merupakan bleaching kayu yang ramah lingkungan dengan hasil cerah alami. Bahan bleaching menjadi solusi pengganti H2O2 yang justru tidak ramah lingkungan dan hasilnya cenderung putih pucat
  • BioCide. BioCide merupakan produk treatment dari Bio Industries baik untuk mencegah kayu atau serat alam dari serangan jamur atau serangga
  • Biopolish. Biopolish merupakan poles yang ramah lingkungan terdapat beberapa varian diantaranya Biopolish Leather Care, Biopolish Linseed Oil dan Biopolis Besswax.

Dimanakah bisa memesan produk-produk yang ramah lingkungan diatas?  Anda cukup menghubungi Bio Industries via telp pada kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Atau Anda dapat memesan langsung via marketplace di https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries. Anda juga dapat mengunjungi  kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta apabila Anda tinggal di wilayah Yogyakarta.

Yuk mulai penggunaan produk-produk yang ramah lingkungan dan cintai produk dalam negeri. Selain Anda mampu menjaga lingkungan, Anda juga turut meningkatkan nilai produk-produk dalam negeri yang tidak kalah dengan produk-produk dari luar negeri. Tidak ingin terlambat terserang penyakit disebabkan oleh bahan kimia berbahaya, bukan? Pastikan untuk saat ini memulai untuk menggunakan produk-produk yang aman seperti cat water based. cat kayu water based bukan sekedar tren melainkan turut menggerakkan program go green. Pastikan Anda adalah salah satu orang yang ikut bersama menjaga lingkungan berawal dari produk untuk keseharian Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here