Cat Orchid Enamel Cocok Untuk Finishing Kusen Kayu Warna Solid

684

Untuk menampilkan warna solid  pada kusen maka gunakan cat ramah lingkungan seperti cat Orchid Water Based Enamel Based.

Anda suka furniture dengan warna-warna solid seperti putih, merah, biru dan warna lainnya? Untuk mempercantik nuansa ruangan memang membutuhkan furniture dengan warna-warna tertentu seperti warna solid. Pada umumnya, warna-warna solid digunakan untuk furniture dengan gaya minimalis dan modern. Karena warna-warna tersebut dapat menciptakan kesan bersih dan lega pada ruangan seperti ruangan pada hunian minimalis yang notabene sempit. Memang pada hunian bergaya minimalis ataupun modern sering menggunakan warna solid untuk furniture yang akan diterapkan. Penggunaan cat warna solid tersebut bukan hanya untuk menyesuaikan warna tembok saja melainkan juga untuk menciptakan kesan segar pada hunian rumah. Anda akan sering menemukan pada hunian minimalis nan modern seperti pada perumahan.

Furniture bergaya minimalis pada umumnya memiliki ukuran yang tidak besar dan cenderung ramping. Kayu yang digunakan pun adakalanya menggunakan kayu solid atau hanya menggunakan kayu olahan. Kayu solid yang digunakan untuk furniture minimalis biasanya cenderung berwarna terang seperti kayu jati atau kayu jati belanda. Sedangkan untuk warna, adakalanya furniture minimalis dikombinasikan antara warna natural kayu dan warna solid. Namun ada pula furniture yang hanya mengombinasikan antara warna solid satu dengan warna solid yang lainnya.

CS Biovarnish

Sedangkan untuk kebutuhan hunian seperti daun jendela, daun pintu atau kusen biasanya juga menyesuaikan konsep hunian tersebut. Salah satu tampilan yang menarik untuk hunian rumah minimalis pada kusen ataupun daun pintu/jendela adalah warna putih. Warna tersebut sangat cocok untuk hunian minimalis karena membuat hunian terkesan lebih lega dan bersih. Atau Anda juga dapat menggunakan warna hitam jika menginginkan kesan yang berbeda. Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengecat kusen kayu adalah mengamplas permukaannya agar lebih rata dan bersih sehingga akan mempermudah proses pengecatan.

Jika Anda berencana mengecat sendiri furniture atau kusen minimalis Anda dengan warna solid maka perhatikan kembali cat kayu yang akan Anda gunakan. Saat ini memang banyak jenis cat solid untuk furniture indoor namun tidak semua jenis cat kayu memiliki hasil tampilan yang sama. Kualitas cat dapat berbeda disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya adalah fitur yang terdapat pada cat. Maka pastikan kembali untuk melihat-lihat fitur pada cat sebelum membeli cat solid untuk kebutuhan finishing. Cat kayu yang bagus untuk furniture adalah cat kayu yang memiliki daya rekat film yang kuat sehingga cat kayu akan melekat maksimal saat diaplikasikan. Dengan daya rekat yang kuat juga membuat cat tersebut tidak mudah mengelupas sehingga akan tahan lama dan tampilan warnanya awet.

Tips Cara Mengecat Pintu Baru untuk Hasil yang HalusSalah satu cat solid yang dapat digunakan adalah cat Orchid Water Based Enamel Paint. Cat tersebut meurpakan cat ramah lingkungan karena dewasa ini banyak perusahaan cat yang mengembangkan cat semacam ini. Bukan hanya demi kebutuhan untuk memperindah namun juga menjaga lingkungan serta kesehatan

Jaga lingkungan Dengan Cat Orchid Water Based Enamel Paint

Cat Orchid Water Based Enamel Paint merupakan salah satu varian cat water based dari Bio Industries. Bio Industries merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan cat water based yang aman dan ramah lingkungan di Indonesia. Cat ini sangat cocok digunakan untuk bagian konstruksi bangunan dengan varian warna yang ditampilkan. Selain itu, cat ini memiliki kerekatan film yang bagus, cepat kering dan mudah diaplikasikan.

Sebelum membahas lebih mendalam tentang teknik finishing Orchid Enamel akan lebih mengetahui lebih mendalam tentang cat water based. Apa sih yang dimaksud dengan cat water based? Dewasa ini, pasar internasional sedang gencar-gencarnya membahas produk yang ramah lingkungan, salah satunya adalah cat water based. Bahkan cat water based sedang naik daun di kalangan buyer mancanegara. Ya, karena cat water based adalah cat kayu yang aman dan ramah lingkunga. Kenapa cat tersebut aman dan ramah lingkungan? Cat water based merupakan cat kayu yang menggunakan bahan dan pelarut dari air sehingga cat tersebut termasuk ramah lingkungan. Dan yang perlu diperhatikan adalah cat tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan rendah VOC.

VOC (Volatile Organic Compounds) atau senyawa organik yang mudah menguap diemisikan menjadi gas dari padatan atau cairan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan baik dalam jangka pendeka ataupun jangka panjang. Ini lah yang sedang diperhatikan produsen cat dan masyarakat dunia untuk menjaga lingkungan lebih baik. Nah, kandungan bahan finishing Orchid Enamel ini diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US ENviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Regulasi tersebut menjadi rujukan terhadap batas penggunaan bahan kimia dan VOC agar aman digunakan.

Untuk memudahkan aplikasi finishing dengan cat Orchid Water Based Enamel Paint, berikut adalah langkah-langkah mudah yang dapat Anda lakukan:

  1. Ampelas permukaan kayu untuk membersihkan permukaan kayu dari debu atau minyak yang dikeluarkan dari kayu serta meratakan permukaan agar mempermudah diaplikasikan cat.
  2. Apabila Anda ingin menutup pori-pori kayu, aplikasikan BioColours Primer Coat ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga mengering. Apabila Anda masih tetap menginginkan serat kayu sedikit tampak, dapat langsung diaplikasikan cat Orchid Water Based Enamel Paint.
  3. Aplikasikan cat Orchid Water Based Enamel Paint ke seluruh permukaan dengan kuas. Anda juga dapat mengaplikasikannya dengan cara spray ataupun ball. Gunakan 20% air dari cat Orchid agar tidak terlalu kental dan encer. Jika terlalu kental, cat akan mudah terkelupas dan tidak dapat melekat ke kayu dengan sempurna. Setelah diaplikasikan, tunggu hingga kering dan apabila tampilan cat belum sesuai dengan yang diinginkan maka Anda dapat mengulanginya beberapa layer cat hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk menampilkan warna dengan sempurna, biasanya diaplikasikan sebanyak 4 kali. Kali ini, Anda tidak perlu menggunakan topcoat karena cat Orchid Water Based Enamel Paint sudah terkandung topcoat. Pasca finishing, Anda tidak perlu khawatir dengan bau cat karena Orchid Enamel tidak mengeluarkan bau menyengat sehingga akan lebih nyaman digunakan meskipun dilakukan di indoor. Karena kandungannya yang aman sehingga cat tersebut tidak mengganggu kenyamanan penghuni rumah bahkan terhadap anak-anak ataupun hewan peliharaan.

Sebaiknya menghindari penggunaan cat solvent based karena cat tersebut mengandung merkuri dan timbal yang berbahaya bagi tubuh. Cat solvent based merupakan cat kayu yang menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus dan jenis cat kayu ini banyak dijumpai di pasaran. Kandungan bahan berbahaya pada cat tersebut apabila masuk ke dalam tubuh dan mengedap akan menimbulkan kanker. Selain itu, gas yang ditimbulkan dapat memicu lapisan ozon berlubang lebih lebar. Maka sangat disarankan menggunakan cat water based. Cat ini telah digunakan di luar negeri belasan atau puluhan tahun yang lalu mengingat bahannya yang aman bagi lingkungan dan kesehatan. Bahkan benua Eropa dan Amerika telah menghentikan penggunaan cat solvent based, sedangkan di Indonesia dalam waktu 5 tahun terakhir telah menyadari pentingnya penggunaan cat water based.

Apakah Anda tertarik menggunakan cat water based demi kesehatan dan lingkungan sekitar? Silahkan hubungi Customer Service bio Industries via telp pada kontak hotline yang tertera di website ini untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Atau Anda juga dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan no.94, Surosutan, Yogyakarta. Dan atau Anda dapat melakukan pemesanan melalui marketplace di https://www.tokopedia.com/biopaint102 atau https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://shopee.co.id/biovarnish.official.

Disini tidak hanya menyediakan produk-produk finishing untuk cat warna solid saja melainkan juga cat khusus warna natural kayu yakni Biovarnish. Untuk menjaga optimal kualitas kayu maka Anda juga dapat menggunakan produk yang ramah lingkungan lainnya seperti bahan untuk treatment atau perawatan seperti BioCide, Biopolish dan WA 250 yang bertujuan untuk bleaching kayu. Nah, bleaching kayu ini juga penting bagi finishing warna solid apabila tampilan kayu cenderung belang. Karena warna belang dapat merubah ketajaman warna yang berbeda ketika diaplikasikan cat.

Demikian ulasan dan tips singkat untuk menampilkan warna solid pada kusen dengan cat Orchid Water Based Enamel Paint. Perlu diperhatikan adalah pentingnya untuk menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan. Yuk jaga lingkungan dan kesehatan orang-orang sekitar Anda dengan memakai produk-produk yang ramah lingkungan. Kurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dan mulai produk yang alami. Ulasan diatas semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang pentingnya penggunaan produk yang ramah lingkungan.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here