Grosir Cat Kayu Aman Biovarnish Tidak Beracun Dan Rendah VOC

830

Hasil finishing terkesan tajam membuat furniture terkesan lebih estetis dan memiliki nilai seni yang baik.

Pengecatan atau finishing merupakan teknik yang digunakan untuk menciptakan tampilan warna serta kesan pada furniture. Tentu saja, hasil finishing tergantung teknik yang dilakukan sudah benar atau tidak.

Masih banyak orang yang melakukan pengecatan dengan cara yang kurang tepat sehingga warna yang dihasilkan tidak rata, kasar dan bahkan terkesan berantakan.

CS Biovarnish

Bukannya mendapatkan hasil yang bagus dan menekan biaya pengeluaran justru harus merogoh kantong lebih dalam untuk membenahi kesalahan yang sudah dilakukan saat mengecat furniture.

Kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh seorang pemula dalam mengecat:

  1. Tidak mengetahui teknik finishing yang tepat
  2. Takaran pelarut dan cat yang tidak sesuai dengan anjuran kemasan
  3. Penggunaan kuas yang kurang benar. Kuas dengan bulu halus sebaiknya digunakan dengan tekanan yang ringan saja. Masih banyak kesalahan orang menekan terlalu kuat sehingga hasil tidak sama rata karena ada beberapa sisi yang tampilannya lebih tebal
  4. Tidak mengecat searah dengan serat kayu. Kenapa begitu penting? Dengan mengecat searah serat kayu justru akan membuat warna cat terkesan lebih sama rata dibandingkan asal diaplikasikan begitu saja
  5. Tidak mengamplas terlebih dahulu sebelum diaplikasikan cat. Hal ini sering terjadi terlebih untuk refinishing. Cat lama justru akan membuat tampilan finishing terkesan lebih tebal dan tidak rata.

Adakah beberapa kesalahan diatas yang pernah Anda lakukan? Jika pernah, maka lakukan latihan hingga mendapatkan teknik yang benar. Jika Anda menggunakan kuas sebagai metode finishing, latihan untuk menekan kuas dengan ringan saja bukan terlalu kuat sehingga warnya cat tidak terlalu tebal ketika diaplikasikan ke permukaan kayu.

Disisi lain, untuk menciptakan tampilan natural kayu yang bagus pastilah tidak terlepas dari kualitas cat yang bagus pula. Kualitas cat tersebut biasanya akan menawarkan berbagai fitur yang akan menunjang tampilan furniture lebih baik dan tajam.

Untuk menghasilkan tampilan furniture lebih baik biasanya memilih cat dengan kualitas yang bagus dan terpercaya. Brand atau merk dari suatu cat juga sangat berpengaruh terhadap minat aplikator karena kepercayaan terhadap produk tersebut.

Banyak merk cat yang menawarkan berbagai fitur yang akan mempemudah proses finishing. Maka dari itu, Anda harus lebih selektif dalam menggunakan cat. Akan cukup kesulitan jika Anda dihadapkan dengan puluhan merk cat, bukan?

Akan lebih baik jika Anda membandingkan antara cat solvent based dan cat water based. Cat solvent based pada umumnya adalah cat yang banyak digunakan di Indonesia. Cat tersebut menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus.

Sedangkan untuk cat water based memang masih sedikit keberadaannya. Meskipun demikian, eksistensi cat water based mulai bersaing dengan cat solvent based karena berbagai tawaran yang disuguhkan.

Cat water based seperti halnya dengan sebutannya yakni cat berbahan dasar air maka pelarut yang digunakan pun juga air. Cat ini tergolong baru namun perkembangannya sangat cepat karena minat pasar internasional yang tinggi terhadap penggunaan cat water based.

Namun, untuk saat ini selain memilih cat dari segi kualitas juga melihat dari segi keamanan bahan yang terkandung dalam cat. Pada umumnya, di kancah pasar internasional menjadikan patokan cat yang aman adalah cat yang mengandung Volatile Organic Compounds (VOC) sangat rendah.

Apa yang dimaksud dengan Volatile Organic Compounds (VOC)? VOC merupakan senyawa organik yang mudah menguap dan beracun. VOC biasanya dalam bentuk gas karena diemulsikan dari cairan atau benda padat seperti lilin.

VOC ini sangat berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan karena didalamnya terdapat kandungan bahan yang berbahaya. Sehingga senyawa organik ini tergolong jenis kandungan yang beracun.

Tidak banyak orang tahu atau memperhatikan bahaya dari VOC. Pasalnya, VOC yang tersebar di udara bebas justru menyebabkan polusi hingga berpengaruh pada lapisan ozon yang mulai rusak.

Dengan adanya masalah ini membuat keseimbangan lingkungan pun berubah bahkan cuaca menjadi lebih ekstrem karena tidak dapat ditebak. Maka dari itu, sebaiknya menjadi salah satu partisipan yang mendukung penggunaan produk yang ramah lingkungan.

Hal tersebut sangat tepat jika memperhatikan produk dari grosir cat kayu aman Biovarnish.

Cat Kayu Aman Tidak Beracun

Cat yang menggunakan  bahan pelarut solvent biasanya mengandung bahan kimia berbahaya seperti timbal ataupun merkuri. Cat ini dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf bahkan kanker, sedangkan dampak pada lingkungan yang paling buruk adalah salah satu penyebab dari pemanasan global karena uap cat yang terbang bebas ke udara.

Maka dari itu, karena masyarakat telah menyadari akan bahaya penggunaan cat solvent based perusahaan cat telah mengembangkan cat yang jauh lebih aman untuk digunakan.

Yaitu cat water based atau cat yang menggunakan bahan pelarut air. Cat ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan mengandung VOC yang sangat sedikit.

Cat water based sudah mulai banyak dijumpai di toko-toko bangunan atau toko khusus cat, salah satu cat yang sangat terpercaya akan keamanan bahan sekaligus kualitas bahan adalah produk dari grosir cat kayu aman Biovarnish.

Grosir Cat Kayu Aman Biovarnish

Produk yang ditawarkan oleh grosir cat kayu aman Biovarnish  merupakan cat water based yang menggunakan bahan sesuai dengan standarisai keamanan bahan kimia internasional seperti regulasi United State EPA dan ECHA-Reach.

Dengan menyesuaikan standar keamanan bahan yang digunakan, Biovarnish juga aman jika digunakan untuk finishing pada furniture bayi karena tidak membahayakan bayi serta tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat.

Cat ini sangat cocok bagi Anda yang juga memiliki masalah gangguan pernafasan, pasalnya cat tersebut tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat. Kadangkala cat mengeluarkan bau yang sangat menyengat sehingga menyebabkan sesak nafas, pusing, iritasi mata dll.

Dengan kandungan bahan yang aman, Biovarnish menawarkan produk untuk finihishing yang lebih ramah lingkungan. Dengan uji coba yang selalu dikembangkan membuat Biovarnish mampu menembus pasar lokal dengan kualitas layaknya merk dagang dari luar negeri.

Biovarnish tidak terdiri hanya satu jenis cat saja melainkan terdapat beberapa varian produk finishing seperti untuk basecoat, maincoat dan topcoat. Sehingga Anda tidak perlu bingung mencari produk finishing sesuai dengan kebutuhan.

Cat Biovarnish  juga cocok digunakan pada berbagai media kayu, plywood, MDF, bambu, rotan dan serat alam lainnya. Sebab cat ini memiliki daya rekat dan transparansi warna kayu yang bagus. Selain itu, cat ini juga tahan air, cepat kering, dan mudah diaplikasikan.

Karena Biovarnish tahan air maka ketahanannya terhadap air sangat bagus. Masalah ini sering terjadi pada furniture yang membuat warna menjadi pudar. Biasanya cat solvent based akan lebih cepat memudar jika lapisan cat terkena air.

Berbeda dengan cat water based yang justru tidak masalah jika terkena air. Sebab, Biovarnish ataupun cat water based lainnya tidak mengandung minyak didalamnya sehingga cat tidak terpisah ketika terkena air.

Selain itu, Biovarnish juga bagus jika digunakan untuk finishing outdoor seperti garden furniture, furniture teras, furniture taman dll. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan fitur tahan cuaca serta memiliki elastisitas yang bagus. Sehingga cat tidak akan mudah rusak serta retak atau mengelupas jika terpapar sinar matahari atau air hujan secara terus-menerus.

Nah, menariknya dari Biovarnish adalah cat ini bisa diaplikasikan dengan cara metode finishing kuas ataupun spary gun. Bagi Anda yang menggunakan kuas, sebaiknya cukup dengan tekanan yang ringan maka hasil warna natural kayu Biovarnish sudah tampak tajam.

Untuk hasil finishing yang optimal, Anda dapat mengikuti langkah-langkah finishing menggunakan Biovarnish dibawah ini:

  • Aplikasikan Biovarnish wood filler ke permukaan media yang sudah bersih dan siap untuk difinishing. Tujuan pengaplikasian Biovarnish wood filler adalah menutup pori-pori kayu ataupun menyamarkan cacat pada kayu. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 20-30 menit. Kemudian amplas dengan kertas amplas no. 320 apabila sudah kering
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain yang sudah dilarutkan air agar tidak terlalu tebal ketika diaplikasikan. Aplikasikan dengan cara kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu. Diamkan dalam suhu ruangan selama satu jam. Apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer agar lapisan cat lebih kuat dan halus. Aplikasikan dengan cara semprot ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Kemudian diamkan dalam suhu ruangan selama satu jam dan jika sudah kering sentuh, amplas ambang dengan kertas amplas no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna sekaligus memberikan hasil akhir matte atau gloss. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata, diamkan dalam suhu ruangan selama 24 jam.

Sederhana, bukan? Untuk finishing diatas, Anda hanya cukup membutuhkan waktu sehari saja maka furniture yang sudah terlapisi Biovarnish tersebut dapat digunakan untuk hari selanjutnya.

Untuk mendapatkan cat dari grosir cat kayu aman Biovarnish, Anda dapat menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website atau dapat juga menghubungi via e-mail [email protected]

Atau melakukan pembelian via marketplace Bioindustries yakni

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: https://www.shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here