Grosir Cat Natural Kayu Water Based Biovarnish Ternama di Indonesia

807

Cat kayu water based merupakan salah satu cat yang baru di dunia finsihing bagi industri di Indonesia. Cat ini baru berkembang beberapa tahun terakhir karena mesyarakat mulai menyoroti pada keamanan bahan finishing.

Mungkin 10 atau 20 tahun yang lalu, cat water based masih dirasa asing bagi masyarakat di Indonesia sehingga cat water based masih dianggap tabu. Bahkan hingga sekarang, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cat water based.

Masyarakat pada umumnya, cat kayu yang paling dikenal dan banyak digunakan adalah cat solvent based. Yakni cat kayu yang menggunakan minyak sebagai bahan dasarnya dan biasanya cat tersebut perlu dilarutkan dengan pelarut organik seperti thinner, methanol ataupun spiritus.

CS Biovarnish

Cat solvent based begitu populer di kalangan masyarakat bahkan bagi seorang awam dalam finishing sekalipun. Sayangnya, cat ini sudah dibatasi penggunaannya karena terdapat kandungan bahan kimia berbahaya serta VOC yang tinggi dalam cat tersebut.

Tentu saja dampak yang dihasilkan dari cat tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan dan lingkungan sekitar. Maka dari itu, banyak negara di Eropa ataupun Amerika sudah beralih ke cat water based.

Meskipun masyarakat di Indonesia adalah salah satu negara yang cukup baru menyadari akan pentingnya cat water based justru perkembangan cat ini lebih tinggi dibandingkan cat solvent based.

Hal tersebut membuktikan bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap kesehatan serta lingkungan mulai bangkit kembali. Dengan menggunakan cat water based maka Anda telah mengurangi dampak buruk yang selama ini seringkali dirasakan seperti perubahan cuaca ekstrem, permukaan bumi yang semakin panas, penyakit kanker akibat senyawa kimia berbahaya dll.

Disamping itu, cat water based juga tidak kalah berkualitas dengan cat solvent based. Jika cat solvent based telah menguasai pasar di Indonesia dengan berbagai fitur unggulan yang ditawarkannya maka begitupula dengan cat water based.

Faktanya bahwa kini cat water based terus dikembangkan hingga mencapai kebutuhan finishing saat ini. Maka dari itu, wajar saja jika cat water based mulai banyak diminati.

Grosir cat kayu water based Biovarnish merupakan salah satu yang menjual cat water based dengan kualitas dan keamanan bahan yang sudah terjamin.

Finishing Cat Kayu Water Based Yang Tepat

Untuk aplikasi cat kayu water based sebenarnya tidak lah jauh berbeda dengan cat kayu solvent seperti plitur atau penis. Yang membedakan keduanya adalah penggunaan pelarut.

Jika cat solvent based harus menggunakan pelarut organik maka berbeda dengan cat water based yang hanya cukup menggunakan pelarut dari air. Sedangkan dari segi harga, cat water based memang lebih mahal dibandingkan cat solvent based.

Harga yang lebih mahal dari cat solvent based berbanding lurus dengan proses finishing yang didapatkan. Selain mudah diaplikasikan, Anda tidak perlu lagi membeli pelarut organik.

Hal tersebut akan lebih terasa ketika Anda mengecat media dalam jumlah yang banyak. Misalkan untuk kerajinan, tanpa penggunaan pelarut organik justru dapat menekan biaya pengeluaran, bukan? Anda cukup menggunakan air bersih saja yang mudah didapatkan di lingkungan Anda.

Bioindustries adalah produsen cat lokal yang terus mengembangkan cat water based di Indonesia. Khusus bagi Anda yang ingin finishing dengan warna natural kayu, Bioindustries juga menawarkan Biovarnish sebagai cat kayu andalan warna natural kayu.

Anda akan mendapatkan penawaran khusus dengan harga grosir cat kayu water based Biovarnish mulai dari cat untuk basecoat hingga topcoat. Ya, Biovarnish terdiri dari berbagai varian produk seperti Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Produk finishing diatas dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak semua aplikator menggunakan semua varian produk finishing, adakalanya hanya membutuhkan beberapa produk saja.

Nah, bagi pemula apabila menginginkan hasil finishing yang optimal maka disarankan untuk menggunakan produk finishing mulai dari basecoat, maincoat dan topcoat.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pemula adalah langsung mengaplikasikan maincoat seperti wood stain ke permukaan kayu. Terlebih lagi, kayu yang digunakan pun tidak diamplas terlebih dahulu.

Wajar saja jika hasil finishing yang dimunculkan akan memberikan kesan berantakan, tidak rapi dan kasar. Dalam finishing memang membutuhkan ketrampilan namun hal tersebut dapat diolah jika Anda rajin berlatih.

Aplikasi cat water based memang hampir sama dengan cat solvent based. Kelebihan lain selain penggunaan pelarutnya air adalah cat water based jauh lebih cepat.

Begitu pula dengan Biovarnish, proses pengeringannya yang sangat cepat. Selain itu, Anda tidak perlu mengeringkannya dibawah sinar matahari langsung  melainkan hanya cukup di dalam suhu ruangan. Praktis, bukan? Anda bisa mengaplikasikan kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir dengan proses pengeringan nantinya.

Untuk mempermudah aplikasi cat kayu water based, ada baiknya untuk memperhatikan aplikasi cat kayu Biovarnish berikut:

  1. Ampelas permukaan media untuk menghilangkan kotoran atau sisa minyak
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat kayu atau menutup pori-pori kayu. Larutkan dengan air terlebih dahulu kemudian aduk hingga tercampur. Anda dapat menggunakan kuas atau pisau scrape untuk mengaplikasikannya. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit dalam suhu ruangan. Dan jika sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320 hingga serat terlihat.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain dicampur air dengan perbandingan 2:1 menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain. Tujuan pelapisan kain adalah meminimalisir terjadinya brush mark. Hal ini sering terjadi terlebih Anda sebagai pemula. Nah, apabila sudah tercampur dengan baik kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama satu jam untuk hasil optimal, hanya cukup didiamkan dalam suhu ruangan saja ya tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering sentuh, amplas ambang menggunakan kertas amplas no. 400
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear untuk mendapatkan hasil yang optimal. Caranya, hampir sama dengan tahap diatas yakni larutkan air dengan perbandingan 2bahan: 1 air lalu aduk hingga homogen. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Untuk hasil optimal, diamkan selama 24 jam dalam suhu ruangan.

Kenapa tidak harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung padahal akan lebih cepat kering? Sebab, cat water based sudah memberikan hasil optimal hanya dengan didiamkan dalam suhu ruangan.

Meskipun dikeringkan dibawah sinar matahari langsung akan lebih cepat kering, faktanya adalah hal tersebut tidak menjamin kualitas cat water based akan lebih optimal.

Setelah dilapisi cat Biovarnish, Anda dapat langsung packing produk Anda dan siap kirim. Atau Anda dapat langsung menggunakannya jika digunakan sebagai pemakaian pribadi.

Karena Biovarnish tidak mengalami proses penguapan sehingga tidak mengeluarkan bau cat menyengat serta tidak mengeluarkan bahan-bahan kimia yang membahayakan kesehatan.

Seringkali melihat furniture harus didiamkan di tempat terbuka selama beberapa waktu, bukan? Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi uap cat serta bau cat yang masih sangat menyengat sehingga furniture siap untuk digunakan.

Grosir Cat Kayu Water Based Biovarnish

Produk dari grosir cat kayu water based Biovarnish merupakan cat water based yang menggunakan bahan sesuai dengan standar keamanan internasional seperti dari regulasi keamanan bahan kimia ECHA-Reach dan kandungan VOC dari US-EPA.

Dengan kandungan bahan yang sudah sesuai standar kemanan internasional tersebut. Biovarnish juga sangat aman jika digunakan untuk lapisan pada furniture bayi, mainan anak-anak ataupun furniture dapur.

Untuk furniture dapur, cat ini memang belum foodgrade namun jika ingin digunakan lapisan pada media yang akan bersinggungan langsung dengan makanan maka setelah dilapisi Biovarnish dapat Anda lapisi dengan Biopolish Beeswax.

Dengan lapisan tambahan tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan bahan makanan akan terkontaminasi. Sehingga makanan akan lebih higienis dan aman untuk dikonsumsi.

Disisi lain, Biovarnish juga dapat diaplikasikan pada berbagai media furniture seperti kayu, MDF, plywood, bambu, rotan ataupun serat alam lainnya. Sebab cat ini memiliki daya rekat yang kuat, tarikan kuas yang ringan serta transparansi warna yang tajam. Sehingga sangat cocok untuk tampilan furniture atau perabotan yang ingin tetap menampilkan serat-serat alaminya.

Disarankan untuk menggunakan cat kayu water based karena lebih aman dan ramah lingkungan daripada cat solvent based. Bahkan kualitas juga tidak kalah bagus justru lebih tahan air dan awet karena tidak mudah menguap.

Biovarnish juga dapat digunakan untuk indoor ataupun outdoor karena cat tersebut dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan cuaca. Selain itu, cat tersebut mampu menekan terjadinya flacking karena memiliki elastisitas cat yang baik.

Untuk informasi dan pemesanan dengan harga grosir cat kayu water based Biovarnish, Anda dapat menghubungi kontak yang sudah tercantum pada website atau dapat juga menghubungi via e-mail [email protected] Tidak hanya membeli produk, Anda juga dapat berkonsultasi mengenai tips finishing secara gratis.

Untuk pembelian produk Biovarnish yang lebih praktis, Anda dapat langsung membeli melalui marketplace Bioindustries yakni

BukaLapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

TokoPedia : https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://www.shopee.co.id/biovarnish.official

Pastikan untuk selalu menggunakan produk-produk finishing yang aman dan ramah lingkungan demi keamanan Anda dan lingkungan sekitar untuk kedepannya.

Dampak buruk penggunaan cat kayu dengan bahan kimia berbahaya pada umumnya tidak dapat langsung terlihat melainkan akan terasa jika berkecimpung langsung hingga bertahun-tahun lamanya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here