Rekomendasi Cat Kayu untuk Daun Pintu Kayu Minimalis Dengan Proteksi Jamur Terbaik

61

Saat ini, tren hunian rumah minimalis sudah tidak asing lagi di masyarakat. Bahkan bangunan perumahan didominasi dengan konsep minimalis modern. Memang hal ini bukan sekedar tren saja melainkan mulai sempitnya lahan hunian di Indonesia terutama di area perkotaan. Meskipun demikian, tren minimalis tersebut tidak hanya pada hunian rumahnya saja melainkan segala furniture ataupun aksesoris yang digunakan. Salah satu bagian hunian rumah yang menggunakan konsep minimalis adalah pintu.

Pintu minimalis biasanya dibedakan menjadi dua yakni full kayu solid atau dikombinasikan dengan kaca. Ya, kayu solid masih menjadi pilihan utama ketika dihadapkan dengan daun pintu. Yang pastinya, untuk pintu dibutuhkan kayu yang memiliki elastisitas yang baik sehingga tidak mudah menyusut atau memuai ketika terjadi perubahan cuaca. Begitu pula cat kayu yang digunakan, sebaiknya gunakan cat kayu yang memiliki elastisitas yang baik. Sebab, proses oksidasi tetap saja terjadi pada cat sehingga akan berpengaruh pada kualitas cat seiring dengan waktu.

CS Biovarnish

Jika cat kayu tidak memiliki elastisitas yang baik maka akan mudah mengelupas, retak-retak atau disebut dengan flacking. Terlebih jika digunakan untuk ekserior yang notabene lebih sering terpapar sinar matahari ataupun air baik air hujan maupun embun. Jika pintu kayu tersebut sering terpapar cuaca maka sangat rentan terserang jamur permukaan. Jamur ini biasanya muncul pada kayu yang memiliki kelembaban yang tinggi. Memang ketika di lap dengan baik, jamur ini akan hilang. Namun, beberapa saat kemudian jamur tersebut akan kembali lagi. Sebelum hal itu  terjadi, sebaiknya gunakan cat kayu yang memiliki daya proteksi yang baik terhadap jamur permukaan.

Dengan lapisan cat yang sudah dilengkapi dengan obat tahan terhadap jamur maka pintu kayu tersebut kemungkinan kecil terserag jamur permukaan. Maka dari itu, sebaiknya perhatikan kembali dalam memilih cat untuk kebutuhan furniture, konstruksi bangunan maupun yang lainnya. Perhatikan fitur yang ditawarkan dan kandungan bahan yang terdapat pada cat. Nah, sebaiknya gunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan agar tidak membahayakan kesehatan dan lingkungan sekitar Anda.

Rekomendasi Cat Kayu untuk Pintu Kayu Minimalis Terbaik

Tidak hanya mempehatikan masalah kualitas, fitur ataupun hasil akhir finishing pada suatu cat saja melainkan kini harus lebih aware terhadap kandungan bahan kimia pada cat. Pasalnya, di Indonesia masih banyak cat kayu yang menggunakan bahan kimia berbahaya dengan kadar yang tinggi sehingga dampak buruk terhadap lingkungan pun sangat tinggi. Salah satu rekomendasi cat kayu untuk pintu kayu minimalis yang aman dan ramah lingkungan adalah Biovarnish.

Biovarnish ini tergolong aman karena kandungan bahan diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Selain itu, cat kayu ini bisa digunakan untuk kebutuhan finishing interior maupun eksterior karena dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan cuaca.

Nah, daripada bingung bagaimana cara aplikasi cat kayu water based Biovarnish berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di rumah:

  1. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori atau menyamarkan cacat pada kayu. Caranya, larutkan dengan air kemudian aduk hingga homogen. Aplikasikan dengan pisau palet pada permukaan kayu. Diamkan selama 20-30 menit di tempat yang teduh tanpa dibawah sinar matahari langsung. Amplas sampai serat kayu terlihat apabila sudah kering
  2. Gunakan Biovarnish Liquid Stain. Pilih warna natural kayu yang diinginkan kemudian larutkan dengan air. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu dan amplas ambang apabila sudah kering sentuh
  3. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan dengan air dan aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Diamkan selama 60 menit dan amplas ambang jika sudah kering
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat untuk memberikan tampilan matte atau gloss. Dan gunakan BioCide SPF untuk memberikan proteksi kayu terhadap jamur. Caranya, campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air lalu aduk hingga semua homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan selama semalaman untuk hasil yang optimal.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here