Manufaktur Cat Kayu Warna Gloss Biovarnish Yang Sesuai Standar EPA

858

Manufaktur cat kayu warna gloss saat ini mengembangkan cat water based yang lebih aman. Guna mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Cat water based kembali eksis dengan merebaknya penggunaan produk ramah lingkungan. Awalnya, cat ini hanya dikenal untuk cat tembok namun seiring dengan perkembangan teknologi dan tujuannya, kini cat water based dikembangkan untuk cat kayu.

Seperti yang dikenal bahwa cat berbahan minyak atau solvent adalah cat kayu yang mendominasi pasar di seluruh dunia. Awalnya, cat kayu dikenal dengan resin dalam bentuk butiran serlak.

CS Biovarnish

Pada awal tahun 2000an, penggunaan serlak untuk cat kayu warna natural masih banyak digunakan oleh berbagai perusahan mebeling guna mendapatkan tampilan natural kayu.

Sayangnya, cat dengan serbuk serlak tersebut masih meninggalkan warna kekuningan. Hal tersebut cukup sulit jika Anda menginginkan tampilan natural kayu yang terang.

Seiring dengan waktu, cat kayu dengan tekstur serbuk serlak dikembangkan menjadi lebih praktis yakni dalam tekstur pasta atau liquid. Meskipun penggunaannya yang lebih sederhana, warna kuning masih membekas.

Alasan berkembangnya cat water based tidak hanya karena tampilan saja melainkan karena kandungan pada cat. Cat water based ini cukup berbeda dengan cat solvent jika dilihat dari bahan yang digunakan.

Seperti namanya, cat water based adalah cat yang menggunakan bahan dari air. Cat ini juga dikenal dengan cat acrylic sehingga Anda akan lebih mudah mengenalnya dengan cat acrylic atau cat water based.

Disisi lain, cat water based juga diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan cat solvent based. Pasalnya, cat solvent based mengandung minyak yang apabila menguap akan membawa senyawa organik beracun sehingga membahayakan kesehatan serta lingkungan.

Sedangkan cat kayu yang digunakan untuk kebutuhan finishing furniture atau perabotan masih didominasi dengan cat kayu dengan bahan solvent. Cat kayu tersebut dikenal dengan tingkat gloss serta kualitas yang bagus namun bahan yang terkandung dalam cat sangat berbahaya.

Maka dari manufaktur cat kayu seperti manufaktur cat kayu warna gloss Biovarnish mengembangkan cat kayu yang menggunakan bahan yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan..

Finishing Pada MDF Dengan Cat Kayu Yang Aman

MDF merupakan salah satu media alternatif yang digunakan untuk menggantikan furniture dengan media kayu solid. Semakin menipisnya persediaan kayu solid membuat media jenis ini sulit untuk digunakan, tidak hanya langka namun kayu solid juga tergolong media yang mahal.

Sehingga banyak industri kayu atau mebel berinisitatif untuk menggunakan papan buatan seperti MDF. Namun, kayu olahan pastinya tidak sekuat atau setahan kayu solid.

cat-kayu-furniture-MDF

Adapun kelebihan dan kekurangan dari MDF sebagai berikut

Kelebihan MDF

  1. Harganya yang tergolong murah

Kayu olahan ini memang tergolong murah karena menggunakan sisa potong kayu dan kadang kala ditambahkan pula serbuk gergaji. MDF bisa dikatakan cukup ramah lingkungan karena menggunakan bahan sisa perkayuan.

  1. Multifungsi

MDF tidak hanya dapat digunakan sebagai bagian furniture saja melainkan juga dapat digunakan untuk bahan bangunan ataupun kerajinan. Dan kadangkala digunakan sebagai pelapis ruangan agar kedap suara

  1. Permukaan halus

Karena termasuk kayu olahan maka permukaan kayu ini akan lebih halus. Karena permukaannya yang lebih halus maka aplikasi cat akan jauh lebih mudah.

  1. Mudah dipotong dan dibentuk

Karena menggunakan sisa-sisa perkayuan maka kayu ini akan lebih mudah dipotong dan dibentuk. Teksturnya juga tidak keras sehingga Anda bisa memotongnya hanya menggunakan gergaji.

Kekurangan MDF

  1. Tidak tahan terhadap air

MDF sangat mudah menyerap air sehingga furniture yang menggunakan MDF tidak disarankan untuk penggunaan dapur, outdoor ataupun yang bersinggungan dengan air

  1. Rentah rusak

Karena melalui proses pengepresan maka tidak menutup kemungkinan material ini akan lebih cepat rusak dibandingkan kayu solid. Dari segi ketahanan, MDF memang dirasa sangat kurang maka dari itu hanya cocok untuk furniture indoor.

  1. Rentan terserang jamur dan kumbang bubuk/teter/rayap

Meskipun lebih ringan dan multifungsi, MDF lebih rentan terhadap serangan jamur dan serangga perusak kayu karena material ini lebih cepat lembab. Maka dari itu, disarankan untuk tidak meletakkan kayu dengan jarak yang dekat dengan tembok.

  1. Tidak mengikat skrup atau paku dengan maksimal

Sering dijumpai bahwa furniture dengan MDF, skrup atau paku yang digunakan sebagai penyambungnya akan lebih cepat rusak. Jika diletakkan di tempat yang sama secara terus menerus maka MDF justru akan keropos.

Penggunaan MDF saat ini memang lebih banyak untuk furniture seperti lemari karena harganya yang lebih murah, mudah dibentuk dan pengerjaannya yang cepat.

Meskipun demikian, dengan berbagai kelebihannya maka perhatikan pula kekurangan yang telah disebutkan diatas. Lakukan perawatan secara berkala untuk menjaga furniture berbahan MDF tersebut dapat bertahan lama.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa cat kayu yang mengandung bahan minyak cenderung memiliki bau yang menyengat. Selain itu, kandungan bahannya juga membahayakan kesehatan.

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan cat solvent based sebab cat tersebut cenderung berbahaya selain itu kandungan VOC-nya tinggi. Hal ini sejalan dengan regulasi US-EPA yang menuliskan dalam laman websitenya bahwa VOC berbahaya bagi kesehatan.

Karena cat solvent tersebut lebih banyak ditemukan di pasaran, tentu saja dibanderol dengan harga yang lebih murah. Alasan ini lah yang kadangkala masyarakat belum bisa berpindah ke cat water based.

Kesadaran akan penggunaan cat water based perlu diedukasi kembali oleh berbagai kalangan. Dan catkayu.net mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat tentang cat water based serta manfaatnya bagi lingkungan.

Dengan menggunakan cat water based maka Anda telah membantu mencegah polusi yang selama terjadi akibat bahan kimia berbahaya. Maka dari itu, banyak buyer asing sangat memperhatikan penggunaan cat tersebut.

Apakah di Indonesia sudah ada cat water based? Anda tidak perlu khawatir harus import merk dagang cat water based dari luar negeri sebab manufaktur cat lokal telah mengembangkan cat jenis ini.

Manufaktur cat kayu warna glossBiovarnishadalah salah satu manufaktur yang mengembangkan cat kayu dengan bahan yang aman dan tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat yaitu cat water based.

Biovarnish dikenal sebagai cat kayu berbahan dasar air untuk hasil akhir natural kayu. Cat tersebut dikembangkan dengan pengalaman serta minat pasar saat ini sehingga tampilan cat ini menawarkan 20 varian warna dan kesan matte atau gloss.

Untuk menciptakan tampilan gloss maka Anda dapat memberikan sentuhan akhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss. Daripada penasaran, berikut tahap finishing menggunakan varian produk Biovarnish:

  • Untuk mendapatkan hasil yang halus dan rapi, sebaiknya ampelas terlebih dahulu permukaan media finishing tersebut begitu pula jika media tersebut adalah MDF atau kayu olahan lainnya.
  • Jika sudah selesai diampelas dan permukaan media terasa lebih halus serta siap untuk finishing maka dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu secara sempurna. Aplikasikan menggunakan kuas atau pisau palet ke seluruh permukaan media. Diamkan selama 20-30 menit hingga permukaannya kering lalu ampelas menggunakan kertas ampelas alumunium oxide no. 320
  • Pilih tampilan warna natural kayu yang diinginkan. Sebelum diaplikasikan, sebaiknya encerkan terlebih dahulu cat tersebut hingga benar-benar larut. Lalu kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lalu diamkan selama 60 menit hingga cat kering sentuh dan kemudian ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400

Untuk mendapatkan tampilan gloss, aplikasikan Biovarnish Clear Coat gloss ke seluruh permukaan kayu.

Cat Water Based Yang Bagus Untuk MDF di Indonesia

Manufaktur cat kayu warna gloss Biovarnish mengembangkan cat water based dengan bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia berbahaya seperti regulasi US EPA dan ECHA, sehingga bahan yang digunakan tidak berbahaya, tidak beracun bahkan tidak berbau.

Biovarnish sangat cocok digunakan pada media MDF atau pun kayu olahan lainnya dengan tampilan natural kayu karena Biovarnish diformulasikan khusus sebagai penngganti plitur atau pernis.

Manufakturcat kayu warna gloss Biovarnish menggunakan bahan yang diformulasikan dengan daya rekat film yang kuat dan transparansi warnanya yang bagus, sehingga sangat cocok untuk finishing dengan tampilan natural kayu.

Cat kayu ini juga tidak meninggalkan efek kuning yang biasa terjadi pada cat pelitur sehingga akan memberikan tampilan natural kayu yang jauh lebih alami dan optimal.

Keunggulan Biovarnish:

  • Cat ramah lingkungan (rendah VOC)
  • Memiliki varian warna yang lengkap
  • Mudah diaplikasikan
  • Daya rekat film kuat
  • Transparansai warna tajam
  • No sagging
  • Tahan air dan cuaca
  • Tahan lama

Cat water based Biovarnish lebih tahan lama dibandingkan dengan cat kayu pada umumnya karena cat ini tidak mengandung minyak didalamnya. Kandungan minyak pada cat justru akan membuat cat lebih cepat menguap.

Apabila cat lebih cepat menguap maka tampilan cat justru akan lebih cepat kusam. Maka dari itu, penggunaan cat solvent pada furniture alangkah baiknya di-refinishing setidaknya 5 tahun sekali.

Apabila tidak ingin repot-repot refinishing furniture maka Anda dapat mencegah tampilan kusam pada furniture dengan mengaplikasikan poles kayu. Poles ini memiliki fungsi sebagai perawatan dengan memberikan lapisan permukaan cat tampak mengkilap.

Cara Pemesanan

Untuk membeli produk Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau juga dapat melakukan pembelian dengan klik toko di marketplace kami yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here