Refinishing Meja Tamu Kayu Menyambut Lebaran dengan Biovarnish

105

Ruang tamu merupakan salah satu bagian hunian yang memiliki peran penting. Tidak hanya sekedar tempat untuk menerima tamu saja melainkan juga sebagai kesan pertama yang dilihat oleh orang lain ketika berkunjung ke rumah Anda. Unruk menunjang hal tersebut membutuhkan furniture dan aksesori agar ruangan terkesan apik dan berkelas. Nah, meja tamu yang sering digunakan untuk ruangan ini biasanya menggunakan material dari kayu.

Kayu merupakan material alam yang sering dimanfaatkan sebagai furniture bahkan sejak ratusan tahun yang lalu. Sebab, kayu tergolong material yang awet, kuat dan bahkan ada beberapa jenis kayu yang tahan terhadap cuaca ataupun rayap. Ciri khas lain yang dimiliki oleh kayu adalah seratnya yang berbeda di setiap jenis kayu. Ada serat kayu yang kasar, halus, melengkung ataupun lurus,dan ini lah yang menjadikan furniture lebih sering menampilkan tampilan natural kayu.

Tampilan natural pada kayu bukan berarti tanpa diaplikasikan cat sama sekali, justru fungsi cat pada furniture memiliki peran yang penting. Cat kayu dengan tampilan natural kayu bertujuan untuk mempertajam tampilan dasar kayu dan bertujuan untuk melindungi kayu dari berbagai kerusakan seperti gesekan benda tajam, serangan langsung jamur dan masih banyak lagi. Maka dari itu, furniture tidak lepas dari lapisan cat pada permukaannya.

CS Biovarnish

Saat ini, cat kayu sudah banyak dijumpai dengan berbagai merk sehingga Anda bisa memilih jenis cat kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, yang perlu Anda perhatikan sekarang adalah kandungan dalam cat tersebut. Pasalnya, banyak cat kayu menggunakan bahan kimia yang berbahaya sehingga berdampak buruk pada lingkungan. Di negara maju, penggunaan cat kayu berbahaya seperti cat solvent based mulai dilarang dan beralih dengan cat water based. Nah, cat kayu water based yang sudah bisa Anda gunakan adalah Biovarnish. Refinishing meja tamu menyambut lebaran dengan Biovarnish akan menghemat pengeluaran Anda karena cat kayu tersebut hanya cukup menggunakan pelarut air dan tidak harus membutuhkan lapisan layer cat yang banyak untuk hasil yang tajam.

Tahap Refinishing Meja Tamu Menyambut Lebaran dengan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu yang terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional. Cat kayu ini menggunakan bahan kimia yang aman dan memiliki kandungan VOC yang rendah sehingga cat kayu ini tergolong ramah lingkungan dan ramah anak.Menariknya adalah cat kayu ini cepat kering meskipun tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari sehingga sangat cocok untuk usaha mebeling atau kerajinan yang notabene selalu target waktu.

Untuk mempermudah proses refinishing meja tamu menyambut lebaran dengan Biovarnish untuk mendapatkan tampilan natural kayu yang optimal, perhatikan langkah finishing dibawah ini:

  1. Pastikan untuk meja tamu tersebut sudah bersih dari sisa cat yang menempel pada permukaan kayu. Bersihkan dengan cara amplas seluruh permukaan kayu agar tidak mempengaruhi hasil warna finishing nantinya
  2. Untuk menyamarkan cacat pada meja tamu, gunakan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air. Untuk pengeringan, cukup diamkan selama 20-30 menit kemudian amplas hingga serat kayu terlihat
  3. Pada tahap ini bertujuan untuk mendapatkan tampilan natural yang sesuai dengan keinginan. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain ke seluruh permukaan kayu dengan cara kuas atau semprot. Dan diamkan selama 60 menit lalu amplas ambang apabila sudah kering.
  4. Agar cat kayu tersebut semakin tajam dan kuat, gunakan Biovarnish Sanding Saeler. Lakukan cara finishing seperti halnya langkah no. 3
  5. Agar tampilan kayu mengkilat atau tampak tanpa aplikasi kayu, gunakan Biovarnish Clear Coat dan tambah BioCide SPF untuk melindungi kayu dari serangan jamur. Pastikan untuk menggunakan BioCide SPF sedikit saja karena sudah cukup melindungi permukaan kayu. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan kayu, diamkan selama semalaman atau hingga kering sempurna. Dan meja tamu pun siap untuk digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here