Refinishing Kursi Ruang Tamu Minimalis Menggunakan Cat Biovanish

147

Adakalany furniture harus di cat ulang jika sudah mengalami beberapa kondisi seperti permukaan warna cat yang sudah tidak sama rata, tampilan kusam karena debu atau usia atau mengalami oksidasi sehingga cat mengelupas atau retak-retak. Sebab, apabila tidak seger di refinishing atau di cat ulang maka perlindungan cat kayu tersebut terhadap furniture sudah tidak maksimal. Maka dari itu, cat kayu bukan hanya sekedar memberikan tampilan furniture semakin apik dan menarik melainkan juga sebagai perindungan furniture terhadap beberapa faktor seperti gesekan benda tumpul, tetesan air, serangga ataupun jamur.

Kursi ruang tamu adalah salah satu contoh yang kadang kala mudah kusam diakibatkan kurangnya perawatan. Seperti yang diketahui, ruang tamu merupakan salah satu ruangan penting untuk menjamu tamu sehingga ruangan ini lah yang pertama kali akan dilihat oleh tamu. Sebelum masuk furniture tersebut harus di cat ulang, ada baiknya untuk merawat kursi ruang tamu secara rutin sehingga ketahanannya pun akan lebih lama dan tidak cepat untuk di cat ulang.

Perawatan seperti apakah yang harus dilakukan? Perawatan pada furniture harus dilakukan secara rutin bahkan setiap hari agar furniture tersebut bersih. Berikut perawatajn yang bisa Anda lakukan:

  1. Bersihkan setiap hari kursi ruang tamu tersebut menggunaka kemoceng atau lap setengah basah
  2. Apabila terdapat noda membandel, Anda bisa menggunakan lap setengah basah untuk menghilangkan debu tersebut. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan lap basah karena air yang terlalu banyak apabila menyerap pada kayu akan menyebabkan kayu lembab. Kayu yang lembab bisa memicu terserangnya serangga atau jamur.
  3. Aplikasikan poles kayu setidaknya dua minggu sekali atau sebulan sekali untuk menjaga tampilan kayu tetap tampak baru setiap harinya.
CS Biovarnish

Perawatan diatas langkah untuk mencegah cepatnya furniture mengalami oksidasi atau pemudaran. Sehingga kayu akan bertahan lebih lama dan awet digunakan. Perawatan tersebut bisa juga dilakukan pada furniture selain menggunakan kayu.

Dan apabila langkah perawatan tersebut sudah dilakukan tapi kayu tetap tampak kusam maka alangkah baiknya di cat ulang karena hal tersebut disebabkan oleh usia cat yang sudah terlalu lama. Refinishing kursi ruang tamu minimalis menggunakan Biovarnish akan mempertahankan tampilan cat pada kayu lebih bertahan lama dan bahkan aman digunakan.

Refinishing Kursi Ruang Tamu Minimalis Menggunakan Biovarnish

Biovarnish merupakan cat kayu khusus tampilan natural kayu yang menggunakan bahan water based acrylic. Cat kayu ini juga dipastikan aman digunakan karena bahan-bahan sudah diformulasikan khusus dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency Reach. Dengan memperhatikan standar keamanan ini maka kandungan bahan kimia dan VOC pada cat pun sangat dibatasi agar tidak berdampak buruk pada lingkungan ataupun kesehatan.

Proses pengaplikasian Biovarnish pun tergolong mudah bahkan bisa diaplikasikan oleh seorang yang masih awam sekalipun. Untuk mengaplikasikannya, Anda tidak perlu bingung karena bisa menggunakan metode finishing kuas atau semprot. Tidak hanya bisa digunakan untuk finishing furniture interior saja melainkan juga bisa pada furnitur eksterior karena dilengkapi dengan fitur tahan cuaca.

Berikut tahap refinishing kursi ruang tamu minimalis menggunakan Biovarnish:

  1. Tahap Pengamplasan

Sebelum furniture tersebut direfinishing, sebaiknya diamplas terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa cat lama yang masih menempel pada permukaan kayu.  Sehingga tampilan akhir setelah refinishing pun bisa tampak sama rata dan halus.

2. Tahap Refinishing

Untuk refinishing, yang perlu Anda lakukan adalah melalui 4 tahap finishing agar hasilnya tampak baru dan bisa bertahan lebih lama. Berikut tahap refinishing menggunakan Biovarnish:

  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan permukaan kayu yang cacat sehingga hasil pengecatan pun rata dan tidak terdapat bagian yang berlubang atau sejenisnya. Setelah diaplikasikan, cukup diamkan dalam suhu ruangan kurang lebih selama 30 menit. Kemudian, ampas permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240
  • Kuaskan atau semprotkan Biovarnish Liquid Stain ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Lalu diamkan selama 60 menit tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu tersebut menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Semprotkan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit. Jika sudah kering sentuh, amplas permukaan kayu tersebut meggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Gunakan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss dan BioCide SPF agar kayu terlindungi dari serangan jamur. Campurkan Biovarnish Clear Coat, BioCide SPF dan air hingga terlarut dengan sempurna kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Untuk hasil yang optimal, diamkan dalam suhu ruangan selama 24 jam atau semalaman.
  • Perawatan

Setelah proses finishing tersebut selesai, yang perlu Anda lakukan adalah merawatnya dengan teratur. Perawatan yang harus dilakukan sudah dijelaskan diatas sebelumnya. Sehingga pastikan untuk selalu merawat furniture dengan tepat agar tidak mudah rusak.

Proses finishing menggunakan Biovarnish sangat efisien sehingga cocok bagi Anda yang mengejar waktu. Karena proses finishing menggunakan Biovarnish cukup memakan waktu sehari saja tanpa harus menunggu cuaca. Hal ini dikarenakan Biovarnish tidak bergantung pada cuaca atau sinar matahari hingga bisa dilakukan siang atau malam baik cuaca penghujan atau kemarau.

Lakukan prosedur finishing diatas agar mendapatkan hasil yang optimal layaknya seorang profesional. Sehingga hasilnya pun tidak akan mengecewakan, nah kesalahan yang sering terjadi saat mengecat sendiri adalah mengabaikan cara finishing sehingga hasilnya pun warna tidak rata, tampak kasar dan hasilnya pun kurang memuaskan.

Untuk menciptakan tampilan natural kayu memang terlihat sederhana namun apabila tidak dilakukan dengan benar hasilnya pun kurang memuaskan. Maka dari itu, untuk sellau memperhatikan tahapan finishing dengan benar. Nah, pastikan pula untuk selalu menggunakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan agar tidak membahayakan diri Anda dan lingkungan sekitar.

Cat kayu yang aman akan memberikan kenyamanan bagi sekitar lingkungan Anda, selain tidak menimbulkan bau menyengat, cat tersebut juga tidak mengeluarkan zat berbahaya sehingga aman bagi kesehatan. Pasalnya, banyak cat kayu yang tidak mengeluarkan bau menyengat akan tetap tidak aman digunakan karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti arsenic, cadmium, timbal, merkuri ataupun formalin. Seperti yang diketahui apabila zat kimia tersebut dalam jumlah banyak pada tubuh seseorang maka akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernafasan, pencernaan, sistem syaraf, kanker hingga kematin.

Biovarnish merupakan cat kayu yang sudah dipastikan aman bagi kesehatan dan lingkungan karena sudah disesuaikan dengan standar keamanan bahan kimia. Untuk mendapatkan cat kayu yang ramah lingkungan tersebut, Anda bisa menghubungi Customer Service Bioindustries pada nomor yang tertera pada website atau kunjungi langsung Centre Office Bio di Jl. Sidikan No. 94 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here