Meremajakan Stool Bar Dengan Finishing Cat Natural Kayu Mengkilap

709

Stool yang sudah lama tidak dirawat tentu akan mudah mengusam, maka lakukan refinishing dengan cat kayu mengkilap untuk hasil seperti awal digunakan.

Stool bar tidak hanya digunakan pada restaurant atau sejensnya, saat ini furniture ini banyak digunakan untuk melengkapi kitchenette. Pada umumnya, stool bar digunakan pada rumah bergaya minimali atau pun industrial.

Jika  Anda tidak merawat dengan rutin stool bar Anda, maka yang terjadi adalah furniture ersebut akan mudah mengusam. Jika hal ini sudah terlanjur terjadi maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan refinishing pada stool Anda menggunakan cat kayu mengkilap ini.

Cara Memilih Stool Bar Yang Cocok Untuk Ruangan Anda

CS Biovarnish

Stool bar menjadi alternatif modifikasi hunian dengan konsep kontemporer. Umumnya, stool bar yang banyak diterapkan saat ini adalah stool bar untuk hunian yang minimalis. Sebab, dengan stool bar akan lebih menghemat tempat.

cat-kayu-untuk-stool-bar

Konsep layaknya kursi bar ini diterapkan pada dapur yang terhubung langsung dengan tempat memasak dan penyimpanan bahan makanan lainnya. Untuk menerapkan bar pada dapur Anda, perhatikan beberapa tips dalam memilih stool bar berikut:

  • Sesuaikan Dengan Ukuran

Stool bar memiliki desain yang lebih menarik karena kakinya yang panjang. Oleh karena itu, penting untuk memilih stool bar dengan tinggi sesuai dengan meja milik Anda.

Alangkah baiknya, pilih stool bar dengan ketinggian 30 cm lebih rendah dari meja Anda. Sehingga, Anda akan lebih nyaman ketika mendudukinya terutama ketika sedang santai sambil menyeruput secangkir kopi.

  • Pilih Stool Bar Yang Memiliki Foot Ring

Karena stool bar adalah kategorikan kursi yang tinggi tampaknya agak tidak nyaman jika terdapat pijakan kakinya. Untuk mendukung kenyamanan Anda saat duduk, alangkah baiknya pilih stool bar yang memiliki foot ring atau pijakan kaki.

  • Pilih Yang Terdapat Bantalan

Stool bar sendiri dibagi menjadi dua macam yakni yang menggunakan sandaran dan tanpa sandaran alias flat. Agar lebih nyaman saat duduk, Anda dapat menggunakan stool bar dengan sandaran yang memiliki bantalan. Jika menggunakan bantalan maka akan lebih empuk. Dan pilih sandaran yang melengkung pas di banda Anda sehingga akan terasa nyaman ketika diduduki.

Sedangkan tipe flat cenderung cocok hanya untuk santai sesaat namun karena bentuknya yang flat dan tanpa bantalan membuat kursi bar ini tidak cocok untuk diduduki lama-lama. Umumnya, kursi bar dengan bentuk flat akan dipadukan dengan meja kayu. Nah, bagi Anda yang lebih menyukai desain dan kesan natural kayu maka bisa mempertimbangkan kursi bar tipe flat ini.

  • Sesuaikan Dengan Desain Ruangan Anda

Stool bar bukan hanya digunakan untuk sesuai fungsinya saja melainkan juga untuk mendukung tampilan pada ruangan. Oleh karena itu, pemilihan desain serta tampilan stool bar harus Anda pertimbangkan.

Bagi Anda yang menyukai kesan kalem atau solid maka penggunaan stool bar dengan warna hitam atau putih bisa menjadi pertimbangan yang bagus. Namun, jika Anda ingin mengusung lebih warm pada ruangan Anda maka dapat menggunakan stool bar dengan konsep warna yang lebih natural kayu. Kembali lagi hal tersebut kepada minat dari setiap orang.

Mempertimbangkan beberapa hal dalam pemilihan furniture seperti stool bar juga harus diperhatikan. Pasalnya, jika Anda memilih desain atau pun tampilan warna justru membuat ketidaknyamanan bagi penghuni rumah.

Meskipun demikian, stool bar adalah furniture yang sangat cocok diterapkan bagi Anda yang ingin lebih simple dan santai. Penggunaan stool bar sangat cocok digunakan untuk waktu coffe time di pagi hari atau sekedar minum teh di sore hari

Sedangkan perawatan stool bar, seperti halnya ketika Anda merawat furniture pada umumnya. Pasalnya, stool bar dibedakan menjadi dua macam jika dilihat dari materialnya yakni besi dan kayu.

Baik kayu atau besi alangkah baiknya selalu bersihkan dari debu. Untuk stool bar dari besi, Anda dapat mengelap dengan cairan khusus sehingga tampilannya akan tetap mengkilap. Sedangkan pada kayu agar tampilannya tetap bagus adalah dengan mengaplikasikan wax sekurangnya sebulan sekali.

Perawatan tesebut akan menjadi furniture atau stool bar Anda dari berbagai kerusakan baik kerusakan bagian dalam atau pun luarnya. Pastikan untuk membersihkan setiap hari furniture Anda dari debu.

Karena debu membawa partikel kecil yang bisa saja juga terdapat mikroorganisme yang dapat merusak kayu. Dan apabila tampilan stool bar mulai mengelupas karena usia maka refinishing atau cat ulang stool bar tersebut khusus untuk stool bar warna natural kayu.

Refinishing Stool Bar Dengan Cat Kayu Mengkilap

Kondisi furniture yang sudah lama digunakan umumnya akan terdapat beberapa bagian yang sudah mengelupas, retak, kusam akibat debu atau bahkan warna cat yang luntur. Masalah ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa berujung pada furniture yang sudah tidak digunakan kembali.

Untuk mencegah hal tersebut, apabila terdapat bagian furniture seperti yang dijelaskan diatas maka segera refinishing atau cat ulang. Dengan mengecat ulang furniture tersebut maka tampilannya akan kembali seperti baru dan daya proteksi cat lebih optimal.

Sebenarnya, refinishing ini berlaku pada furniture dengan tampilan apapun baik warna solid atau pun natural kayu. Kali ini, refinishing yang akan diulas adalah refinishing pada warna natural kayu. Karena umumnya, stool bar dari kayu menerapkan tampilan natural kayu yang cenderung lebih warm.

Warna natural kayu sendiri terdiri dari berbagai macam warna kayu, bukan hanya sekadar coklat kayu begitu saja melainkan terdiri dari banyak warna seperti warna kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling dan lain sebagainya.

Sebelum refinishing, pastikan Anda memilih tampilan warna yang ingin Anda condongkan pada stool bar. Sehingga akan mempermudah proses finishing Anda karena tidak perlu memikirkan warna di tengah finishing. Nah, tampilan yang cukup menarik lainnya adalah dari tingkap kilap.

Anda dapat menggunakan cat khusus untuk menimbulkan kesan kilap ini pada furniture atau stool bar. Umumnya, topcoat adalah cat yang khusus untuk menciptakan kesan akhir pada furniture seperti gloss, matte atau doff.

Apabila Anda memilih cat kayu yang mengikilap maka perhatikan tingkat kilap yang akan Anda terapkan. Pasalnya, kilap karena hasil cat ini terdiri dari beberapa tingkatan yakni gloss seperti kaca hingga semi gloss yang terkesan seperti tampilan satin.

Cat kayu mengkilap yang pada umumnya digunakan untuk finishing furniture adalah cat solvent based. Memang hasil akhir dari cat ini sangat maksimal, namun sangat tidak disarankan untuk digunakan finishing furniture interior seperti stool bar karena kandungan bahannya yang berbahaya.

Sedangkan cat kayu mengkilap yang mengandung bahan yang tidak berbahaya dan memiliki kualitas yang bagus adalah Biovarnish. Cat ini diformulasikan sebagai pengganti cat kayu solvent based sehingga sangat cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan natural kayu. Untuk mempermudah refinishing, berikut cara aplikasi Biovarnish:

  1. Ampelas terlebih dahulu stool bar tersebut hingga benar-benar bersih dan sisa cat terangkat agar mudah diaplikasikan cat.
  2. Aplikasikan cat kayu Biovarnish Wood Stain ke seluruh permukaan stool bar hingga merata menggunakan kuas. Kemudian diamkan selama 60 menit, Anda tidak perlu mengeringkan cat di bawah terik sinar matahari hanya cukup di tempat yang teduh.
  3. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat gloss untuk diaplikasikan ke seluruh permukaan stool bar kayu. Setelah usai diaplikasikan, diamkan selama semalaman untuk hasil yang optimal.

Biovarnish merupakan cat kayu mengkilap dengan bahan water based acrylic yang aman dan ramah lingkungan. kandungan bahan yang digunakan dalam cat telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Dimana bisa membeli produk Biovarnish? Anda dapat langsung memesan produk Biovarnish melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau dapat juga membeli produk Biovarnish di marketplace yakni

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here