Distributor Dempul Kayu Natural Biovarnish Yang Ramah Lingkungan

893

Finishing meja tapi warna justru tidak rata dan kurang tajam? Ternyata begini loh cara menyiasatinya.

Tidak semua orang dengan mulus melakukan finishing pada furniture seperti meja. Bagi seorang aplikator yang sudah berkecimpung dalam dunia finishing, tentu saja hal tersebut cukup mudah dilakukan. Namun tidak untuk pemula atau penghobi kayu.

Penghobi kayu saja adakalanya mengalami kendala di beberapa hal saat finishing. Maka dari itu, dibutuhkan ketrampilan dan ilmu yang tepat sehingga hasil finishing tampak lebih rapi dan tajam.

CS Biovarnish

Terlebih masalah sering dijumpai ketika Anda mengecat dengan tampilan natural kayu. Tampilan yang terkesan alami tersebut juga cukup susah-susah gampang. Apabila dilakukan dengan cara yang kurang tepat justru hasilnya berantakan.

Karena hasil finishing cenderung transparan, tampilan dasar pada kayu sangat mempengaruhi hasil akhir. Maka dari itu, pastikan untuk mengenali media finishing yang Anda gunakan.

Masalah lain ketika finishing warna ini adalah ketidak seragaman warna serta cacat pada kayu. Warna yang tidak seragam bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah tampilan dasar kayu, pori-pori yang besar atau kesalahan dalam finishing.

Jika disebabkan oleh warna dasar kayu ataupun kayu dengan pori-pori kayu maka untuk menyiasatinya maka selalu menggunakan wood filler atau dempul kayu natural.

Masalah pori-pori kayu memang tidak semua jenis kayu memiliki pori-pori kayu yang besar. Namun, ketika Anda menggunakan kayu dengan pori-pori yang besar akan lebih riskan ketika Anda mengaplikasikan wood stain langsung.

Pori-pori kayu yang besar ketika diaplikasikan wood stain langsung ke permukaan kayu maka hasilnya tidak cepat tajam. Hal ini disebabkan karena cat menyerap ke dalam serat sehingga Anda butuh mengaplikasikan beberapa lapisan cat hingga mendapatkan hasil warna yang tajam.

Wood filler atau dempul kayu bisa menjadi alterntif untuk mengatasi masalah diatas terlebih warna natural kayu. Wood filler pada umumnya menggunakan warna yang condong pada warna natural kayu.

Ada beberapa tampilan warna pada wood filler, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan warna finishing pada furniture. Agar ketika diaplikasikan warnanya semakin tajam dan lebih hidup.

Dempul kayu dapat dengan mudah Anda jumpai di mana saja. Sayangnya, nilai minus dari dempul kayu yang seringkali dijumpai adalah cepat mengeras dan alot ketika diaplikasikan.

Dempul yang sulit diaplikasikan tentu saja berpengaruh pada saat finishing. Tentu saja, waktu yang dibutuhkan akan lebih lama padahal aplikator pada umumnya menginginkan proses finishing yang cepat namun hasilnya memuaskan.

Disisi lain, dempul juga dapat berbahaya bagi kesehatan apabila Anda tidak menggunakan perlengkapan sesuai dengan protokol dalam bekerja. Pasalnya, partikel pada dempul bisa menyebabkan ganggunan pernafasan. Tidak sedikit pula, kandungan pada dempul juga berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan bahan berbahaya pada dempul bisanya juga terdapat pada bahan finishing lainnya seperti timbal, merkuri, cadmium, arsenic dll. Maka dari itu, selektif dalam memilih produk finishing. Tidak hanya sekedar memperhatikan hasil yang berkualitas namun juga aman digunakan.

Alangkah baiknya menggunakan dempul dengan bahan pelarut air yang lebih aman dan mudah diaplikasikan. Distributor dempul kayu natural BioVarnish adalah salah satu tempat yang menawarkan berbagai bahan finishing water based yang adan di Indonesia.

Aplikasi Wood Filler Untuk Furniture Natural Kayu

Wood filler sering digunakan untuk mengatasi cacat pada kayu, namun tidak menghilangkan warna asli dari kayu tersebut. Selain itu, agar tampilan akhir saat finishing lebih bagus maka sering menggunakan wood filler untuk menutup pori-pori kayu.

Seperti yang sudah disinggung diatas, wood filler juga memiliki beberapa tampilan untuk menyesuaikan warna finishing pada kayu. Seperti, warna kayu jati maka Anda dapat menggunakan wood filler dengan tampilan kayu jati agar hasil finishing tidak terkesan lebih tua jika menggunakan tampilan warna lain.

Sebelum melangkah pada tahap finishing, alangkah baiknya media yang digunakan benar-benar kering (MC 12%) dan bersih dari segala kotoran, debu maupun sisa minyak yang masih menempel pada permukaan kayu. Hal ini perlu dilakukan agar memudahkan proses finishing.

Kemudian lakukan langkah berikutnya, langkah ini biasa dikenal dengan base coat karena aplikasi dempul  atau wood filler merupakan paling dasar dari finishing.

Tujuan pengaplikasian dempul tersebut adalah untuk menyamarkan cacat pada kayu seperti lubang, mata kayu, kantung minyak ataupun masalah bekas paku. Atau digunakan untuk menutup pori-pori kayu sehingga ketika diaplikasikan coating maka tampilannya akan lebih cepat tajam dan tidak boros cat.

Maka dari itu, bagi kayu dengan masalah cacat ataupun pori-porinya yang besar sangat disarankan untuk mengaplikasikan dempul terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan coating. Kecuali, apabila tampilan yang diinginkan adalah tampilan open pore.

Distributor dempul kayu yang bagus BioVarnish

Wood filler atau dempul sangat dibutuhkan dalam dunia industri kayu terutama untuk mengatasi cacat pada kayu. Distributor dempul kayu yang bagus Biovarnish adalah tempat yang menawarkan dempul berkualitas dengan bahan dasar air.

Biovarnish merupakan dempul berbahan water based acylic yang khusus digunakan untuk tampilan warna natural kayu. Dempul ini lebih ramah lingkungan karena penggunaan pelarutnya yang cukup menggunakan air saja bukan thinner atau spiritus.

Dempul yang ditawarkan merupakan dempul water based yang aman dan rmah lingkungan dengan bahan yang sudah disesuaikan dengan regulasi keamanan internasional seperti United Statet EPA (Enviromental Protection Agency) dan ECHA-Reach.

Selain itu, Biovarnish Wood Filler menawarkan empat tampilan warna yakni warna kayu jati, kayu ramin, kayu mahoni dan kayu sonokeling. Tentu saja, sesuaikan dengan kebutuhkan agar hasil finishing lebih tajam dan rapi.

Meskipun aman dan ramah lingkungan, disarankan untuk menggunakan masker ketika pengamplasan. Karena partikel debu dapat menyebabkan masalah pernafasan seperti sesak nafas terlebih jika Anda memiliki riwayat asma atau pernafasan lainnya.

Lalu amannya dimana? Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dempul yang aman bukan berarti aman meskipun tanpa masker melainkan dempul tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang kronis.

Adakalnya, orang yang sering berkecimpung dalam duni finishing lebih riskan mengalami masalah kesehatan karena kandungan bahan berbahaya pada cat. Namun, masalah tersebut dapat diminalisir dengan penggunaan produk yang aman dan ramah lingkungan seperti cat water based.

Dempul ini dapat diaplikasikan pada segala keperluan funiture indoor maupun outdoor. Disarankan untuk menggunakan varan Biovarnish seperti Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear guna mendapatkan hasil lebih optimal.

Adapun cara penggunaan Biovarnish wood stain sebagai berikut:

  1. Pastikan media finishing siap untuk difinishing. Sebaiknya, amplas terlebih dahulu permukaan kayu tersebut hingga benar-benar bersih dan rata sehingga akan memudahkan cat melekat pada permukaan kayu
  2. Bersihkan sisa debu pengamplasan
  3. Larutkan Biovarnish Wood Fille yang sudah Anda pilih sesuai warna finishing. Gunakan perbandingan 2 wood filler: 1 air lalu aduk hingga homogen atau larutan benar-benar tercampur.
  4. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu menggunakan kuas ataupun pisau scrape
  5. Jika sudah diaplikasikan ke permukaan kayu, diamkan selama 20-30 menit dalam suhu ruangan saja. Anda tidak perlu mengeringkan filler kayu tersebut dibawah sinar matahari. Karena filler kayu tersebut sudah cepat kering hanya dengan didiamkan dalam suhu ruangan
  6. Jika sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 240 atau 320
  7. Lanjutkan tahap finishing dengan mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain/Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan atau Biovarnish Clear Coat

Jika Anda menginginkan hasil finishing yang transparan tanpa harus menggunakan wood stain, Anda bisa menimpa langsung setelah wood filler dengan Biovarnish sanding sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Menariknya adalah Biovarnish sanding sealer ini juga bertujuan untuk menutup pori-pori dan sekaligus memperhalus permukaan kayu. Perbedaannya adalah Biovarnish sanding sealer hanya cocok untuk mengatasi pori-pori kayu yang sangat kecil yakni yang cukup sulit dijangkau dengan wood filler.

Biovarnish tidak hanya menawarkan produk dempul saja, produk finishing tersebut juga terdiri dari berbagai varian produk finishing yang akan memenuhi kebutuhan finishing natural kayu Anda.

Selain varian produk finishing yang lengkap, Biovarnish juga merupakan pelopor cat water based di Indonesia. Sehingga kandungan bahan serta kualitas yang ditawarkan tentu saja sudah melalui berbagai macam uji coba. Hingga saat ini pun selalu mengalami perkembangan untuk mengikuti tren serta standar finishing.

Infomasi lebih detai mengenai dempul kayu yang bagus BioVarinish, silahkan menghubungi customer service melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail untuk pemesanan sekaligus konsultasi perihal finishing natural kayu di [email protected]

Untuk pembelian melalui metode lainnya, Anda dapat melakukan pembelian online produk Biovarnish di marketplace Bioindustries yakni

Bukalapak: www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia : www.tokopedia.com/bioindustries

Shopee: www.shopee.co.id/biovarnish.official

Anda juga dapat melakukan pembelian produk Biovarnish serta cat water based lainnya dengan mengunjungi Bio Office dibawah ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta

Bio Service Jepara                                          

Jl. Raya Kudus Km.9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Bio Service Bogor

Jl. Escot No. 42 Rt.014/Rw 014, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat

Atau toko retail terdekat di daerah Anda. Untuk informasi toko retail mana saja yang telah menyediakan produk Biovarnish atau produk dari Bioindustries, silahkan ikuti social media dari Bioindustries.

Anda juga dapat melakukan pembelian produk dari Bioivarnish dan yang lainnya melalui agen-agen Bioindustries di daerah sekitar Anda.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here