Finshing Buffet Kayu Dengan Cat Kayu Yang Bagus di Indonesia

735

Modern saat ini, banyak orang yang menginginkan tempat tinggal yang nyaman. Tentu saja, semakin meningkatnya penduduk maka juga akan berpengaruh pada luasnya tempat tinggal.

Tidak sedikit saat ini, tempat tinggal justru lebih minimalis atau lahan sempit. Dengan melihat faktor tersebut tentu saja pemilihan furniture, aksesoris ataupun perabotan rumah akan dipertimbangkan kembali.

Furniture yang dipilih untuk hunian rumah minimalis pun tidak boles sembarangan karena akan berpengaruh pada nuansa yang akan diciptakan. Furniture dengan size yang besar justru membuat ruangan terasa sempit kecuali jika furniture tersebut seperti buffet sedangkan yang lain dengan desain yang minimalis.

CS Biovarnish

Terlebih jika buffet tersebut terbuat dari material kayu. Material serat alam ini memang masih banyak dipilih karena memberikan kesan yang natural dan elegan. Tidak sedikit orang tetap mempertahankan tampilan natural kayu untuk furniture.

Kayu yang paling banyak diminati untuk furniture selaman ini adalah kayu jati. Dengan polesan plitur saja, tampilan kayu jati sudah memberikan tampilan serat kayunya semakin tajam.

Wajar saja jika furniture yang menggunakan material kayu jati akan lebih condong pada warna-warna natural kayu. Meskipun dengan tampilan natural kayu namun estetika kayu jati selalu berkelas.

Begitu pula pada buffet kayu yang terbuat dari kayu jati ataupun jenis kayu lainnya. Buffet kayu seringkali menggunakan tampilan warna natural karena kesan natural kayu dapat memberikan kesan hangat pada ruangan.

Untuk menjaga tampilan natural kayu maka diperlukan proses finishing dengan cat kayu yang tepat. Kenapa memilih cat kayu harus tepat? Sebab, tidak semua jenis cat kayu dapat memberikan tampilan yang cantik serta perlindungan yang baik.

Cat kayu memang tidak hanya sekedar memberikan polesan pada permukaan kayu saja melainkan juga bertujuan agar mampu memberikan perlindungan pada kayu sehingga kayu dapat digunakan lebih lama.

Umumnya, cat yang memiliki fungsi tersebut dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Sehingga tidak semua orang memilih jenis cat yang kualitasnya bagus agar furniture dapat terlindungi secara optimal dan warna terlihat tajam.

Baik menggunakan cat solvent based ataupun cat water based, fungsi cat tetaplah sama. Namun, yang membedakan keduanya adalah bahan-bahan yang digunakan.

Untuk hasil kilap optimal, Anda dapat menggunakan cat solvent based namun jika menginginkan cat kayu yang ramah lingkungan maka gunakan cat water based.

Cat kayu yang banyak dijumpai di Indonesia belum tentu aman digunakan walaupun memiliki kualitas yang baik. Gunakan cat yang bagus untuk kayu dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya guna menjaga lingkungan serta kesehatan bagi berinteraksi langsung dengan cat tersebut.

Kini, produk yang ramah lingkungan banyak dipilih karena secara global telah menyerukan gerakan ramah lingkungan guna menjaga lingkungan serta kesehatan yang selama ini telah tercemar.

Dengan latar belakang inilah, cat water based kini semakin berkembang. Di Indonesia, cat water based memang tidak sebanyak cat solvent based pada umumnya. Karena masyarakat belum memahami betapa pentingnya cat water based.

Finishing Buffet Kayu Dengan Cat Kayu Yang Bagus dan Aman

Cat yang bagus untuk kayu dengan kandungan bahan yang aman biasanya tidak menggunakan bahan pelarut thinner atau sejenisnya. Justru cat tersebut menggunakan bahan pelarut air atau dikenal dengan cat water based.

Cat kayu water based memang baru berkembang beberapa tahun terakhir di Indonesia namun kuaitas cat juga bagus dan baik untuk digunakan sebagai finishing.

Meskipun baru di mata masyarakat Indonesia, keberadaan cat water based nyatanya sudah dua dekade terakhir di Indonesia. Kenapa begitu booming saat ini?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cat water based hadir seiring dengan adanya gerakan penggunaan produk-produk ramah lingkungan. Penggunaan produk berbahaya nyatanya telah menimbulkan berbagai pencemaran lingkungan dan berdampak pada kesehatan.

Cat water based diklaim aman dan ramah lingkungan karena bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Selain itu, penggunaan bahan utama dari cat water based adalah air.

Cat kayu yang bagus dengan bahan yang aman adalah Biovarnish. Cat ini diformulasikan khusus sebagai pengganti cat solvent based seperti plitur atau sejenisnya sehingga cat ini cocok digunakan untuk finishing dengan tampilan akhir natural kayu.

Biovarnish sangat direkomendasikan sebagai bahan finishing natural kayu di Indonesia karena kualitas serta tampilan warna yang dihasilkan sama bagusnya dengan cat solvent based.

Selain itu, cat ini juga lebih aman sesuai standar keamanan lokal ataupun internasional. Sebab, Biovarnish menggunakan bahan-bahan yang diformulasikan khusus sesuai dengan standar keamanan dari regulasi US-EPA dan ECHA-Reach.

Jadi, bagi Anda yang merasa sulit mencari cat water based di Indonesia atau berfikir harus import dari luar negeri, kini tidak perlu khawatir. Di Indonesia, telah hadir cat water based yang kualitasnya tidak kalah dengan merk dagang asal luar negeri.

Dengan adanya percobaan di lapangan, Biovarnish selalu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan finishing natural kayu. Sehingga Biovarnish mampu memberikan tampilan yang tajan dan tahan lama.

Biovarnish memiliki 20 varian warna yang dapat Anda gunakan, mulai dari tampilan natural kayu yang terang hingga yang gelap. Selain itu, cat ini mampu tahan lama karena daya rekat filmnya yang kuat.

Cat water based asli Indonesia ini tidak hanya cocok untuk buffet ataupun furniture interior lainnya melainkan juga untuk furniture eksterior. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan cuaca.

Cat ini juga sangat bagus ketika digunakan untuk jendela, kusen ataupun pintu yang notabene lebih sensitif. Kenapa? Untuk bagian ini, kayu yang digunakan adakalanya mudah memuai ataupun menyusut karena perubahan cuaca.

Dengan adanya penyusutan atau pemuaian dari kayu tersebut tentu saja akan berpengaruh pada cat yang digunakan. Jika cat tersebut tidak memiliki elastisitas yang bagus maka cat akan mudah retak atau mengelupas.

Adapan teknik aplikasi Biovarnish pada buffet sebagai berikut:

  1. Ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler guna menyamarkan cacat pada permukaan kayu
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain dengan kuas ke seluruh permukaan kayu, keringkan di tempat teduh selama 60 menit lalu ampelas halus.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear ke seluruh permukaan kayu kemudian diamkan selama semalam untuk hasil maksimal

Anda tidak perlu bingung saat proses pengeringan. Misalkan saja saat musim hujan, banyak pengusaha mebeling harus menunda pengecatan karena bergantung pada sinar matahari untuk proses pengeringan lebih cepat. Berbeda dengan Biovarnish, Anda dapat melakukan finishing kapanpun tanpa harus membutuhkan sinar matahari langsung.

Hanya cukup menggunakan varian produk dari Biovarnish maka Anda akan mendapatkan hasil yang tajam dan optimal. Bagi Anda yang memiliki tujuan pangsa pasar internasional maka penggunaan cat water based semacam ini sangat direkomendasikan.

Banyak kasus, produk mengalami klaim karena tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan di suatu negara. Tentu hal semacam ini tidak ingin terjadi pada Anda, bukan? Maka dari itu, penggunaan produk-produk ramah lingkungan seperti cat water based saat ini banyak dipilih oleh pengrajin ataupun pengusaha mebeling jika ingin menyasar pangsa internasional.

Biovarnish ini merupakan produk lokal yang kualitasnya kualitas import. Dengan berbagai uji lab serta lapangan, Biovarnish hadir memberikan kemudahan bagi Anda yang menginginkan hasil cepat, kualitas baik dan tentu saja aman digunakan.

Cat Kayu Yang Aman di Indonesia

Cat kayu yang bagus Biovarnish merupakan cat kayu dengan bahan water based acrylic yang telah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia seperti US-EPA dan ECHA. Sehingga kandungan dalam cat Biovarnish tidak berbahaya, tidak beracun dan bahkan tidak menimbulkan bau menyengat.

Efek yang tidak ditimbulkan oleh cat water based ini akan membuat aplikator merasa lebih nyaman. Bahkan untuk dalam ruangan sekalipun, namun jika dilakukan di dalam ruangan tetap perhatikan siklus udara dalam ruangan tersebut.

Meskipun dapat dilakukan di dalam ruangan, sebaiknya tetap perhatikan protokol kerja sehingga Anda lebih nyaman dalam mengaplikasikan cat. Setelah usai finishing, disarankan untuk membuang sisa cat di tempat yang mengalir atau pembuangan khusus.

Anda dapat menutup kaleng cat yang masih sisa dengan rapat dan letakkan di tempat yang teduh atau tidak terpapar sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan untuk menjaga keawetan cat sehingga dapat digunakan kembali.

Penasaran kan dimana bisa mendapatkan cat ramah lingkungan ini? Langsung saja hubungi cuatomer service kami di nomor kontak hotline yang sudah tercantum pada website. Anda juga dapat menghubungi via e-mail kami di [email protected]

Nah, semakin canggih teknologi maka transaksi jual-beli saat inipun jauh lebih sederhana dan cepat. Anda dapat melakukan pembelian di rumah atau dimanapun. Salah satunya adalah melalui e-commerce yang tersedia saat ini.

Anda juga dapat membeli via marketplace kami dengan klik link dibawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Yuk, awali langkah penggunaan produk ramah lingkungan dengan menggunakan cat water based. Selain nyaman maka lingkungan pun aman.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here