Harga Varnish Water Based Murah untuk Finishing Natural Kayu

1562

Cat water based mulai dirasakan oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Berapa harga cat water based? Berikut penjelasannya

Cat water based. Siapa yang belum mengetahui tentang cat yang satu ini? Dari jutaan ribu penduduk di Indonesia faktanya masih banyak yang belum mengetahui kehadiran cat water based. Bahkan masih banyak pula yang belum mengetahui bahwa cat kayu yang banyak beredar di pasaran saat ini justru berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Benar kah berbahaya? Cat konvensional yakni cat yang menggunakan bahan solvent atau minyak cukup banyak ditemukan di Indonesia. Biasanya, diantara cat tersebut dilarutkan dengan pelarut organik seperti thinner, spiritus atau turunan minyak lainnya.

Jika dilihat dari pelarut yang digunakan tentu saja cat tersebut mengeluarkan bau cat yang sangat menyengat.Bahkan saat ini dengan mudah Anda jumpai cat dengan kemasan kaleng semprot atau pilox. Cat tersebut memang tanpa harus Anda larutkan terlebih dahulu dengan thinner atau sejenisnya melainkan langsung diaplikasikan ke media finishing. Diantaranya mengeluarkan bau cat yang menyengat sehingga disarankan untuk melakukan finishing di tempat terbuka. Selain itu, gunakan pelindung diri seperti masker dan kacamata untuk menghindari masalah iritasi atau gangguan pernafasan.

CS Biovarnish

Berbeda dengan cat water based yang hadir dengan cat tanpa bau menyengat. Ya, cat water based diformulasikan sebagai pengganti cat konvensional karena berbagai faktor yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan lingkungan. Cat water based diklaim lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Seperti yang dilansir di halaman website regulasi internasional United State Enviromental Protection Agency bahwa VOC atau senyawa organik beracun yang mudah menguap dan diemisikan menjad sebuah gas berasal dari padatan cairan atau padatan. VOC tersebut dapat mengakibatkan masalah kesehatan baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Dan kandungan bahan kimia seperti timbal pada cat juga berbahaya bagi kesehatan, pasalnya di Eropa sekitar abad 19 pernah terjadi gangguan kesehatan seperti cacat atau polip diakibatkan oleh menghirup kandungan timbal dalam kurun waktu yang lama.

Maka dari itu, cat water based menjadi solusi latar belakang masalah yang selama ini berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Bahkan di Amerikan, cat water based mulai menguasai pasar sehingga angkat tersebut menunjukkan bahwa anomali masyarakat dunia mulai berubah dalam penggunaan cat. Lalu bagaimana dengan Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang aktif memproduksi kerajinan atau mebel dari serat alam seperti kayu, bambu, rotan dan sejenisnya. Sehingga penggunaan cat sudah menjadi sebuah kebutuhan terlebih jika digunakan oleh pengusaha atau pengrajin notabene cat menjadi faktor lain dalam menciptakan keindahan.

Cat water based saat ini mulai memasuki pasar Indonesia dalam kurun beberapa tahun terakhir. Hal ini sering dengan permintaan produsen manufacturing untuk memilih cat water based. Meningkatnya permintaan tersebut dilatarbelakangi oleh minat buyer mancanegara terhadap penggunaan cat water based. Pasalnya, tidak sedikit negara yang mulai membatasi atau melarang penggunaan cat solvent based yang tinggi VOC sehingga ketika furniture berkedapatan menggunakan cat yang mengandung VOC tinggi maka produk dapat tertolak masuk ke negara tersebut.

Seiring meningkatnya minat cat water based di Indonesia, kini banyak produsen cat lokal yang berlomba-lomba dalam mengembangkan cat water based. Selain karena aman untuk digunakan, cat water based dapat menjangkau pasar internasional. Pertimbangkan pula harga varnish water based dengan varnish solvent based agar lebih memilih dengan tepat finishing yang digunakan.

Harga Varnish Water Based Yang Sesuai Kebutuhan Anda

Varnish water based lebih menjangkau pasar internasional karena kandungan Volatile Organic Compounds (VOC) sangat rendah dan tidak mnegandung bahan senyawa kimia yang berbahaya. Sebaliknya, varnish solvent based justru mengandung bahan karsinogenik (bahan pemicu kanker) dan VOC yang tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan.

US Enviromental Protection Agency (EPA) telah menyarankan untuk menggunakan bahan yang aman, dengan kandungan VOC yang rendah dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Hal ini telah sesuai dengan syarat kandungan dari varnish water based, lalu bagaimana dengan harga varnish water based?

Walaupun dikenal harga varnish water based lebih mahal karena bahan baku dan proses produksi yangmasih sedikit dibandingkan cat solvent based. Namun, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut apabila ingin menggunakan cat water based.

Varnish solvent based merupakan varnish yang perlu menggunakan bahan pelarut seperti thiner dan sejenisnya. Sedangkan bahan pelarut tersebut tidak lah gratis untuk didapatkan, maka Anda perlu membeli bahan pelarut unutk kebutuhan pelarut varnish solvent based. Sedangkan produk varnish water based memang lebih mahal dari varnish solvent based namun varnish water based tidak perlu membeli bahan pelarut thinner dll. Karena varnish water based hanya cukup menggunakan air yang bisa didapatkan di sekitar lingkungan Anda.

Bagaimana dengan pertimbangan setelah mengetahui total badget yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan finishing solvent based? Alangkah baiknya menggunakan bahan yang lebih aman serta memiliki harga pernis water based yang terjangkau untuk kebutuhan finishing Anda. Penggunaan cat water based akan lebih terasa ketika Anda menggunakannya untuk kebutuhan finishing produk dalam jumlah yang banyak. Tanpa menggunakan air sehingga Anda tidak harus membeli pelarut apabila stok pelarut sudah habis.

Produsen cat lokal yang sudah mengembangkan cat water based sejak awal tahun 2000-an adalah Bio Industries. Produsen cat lokal tersebut  berdiri mengembangkan cat water based agar masyarakat dapat menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. Bio Industries saat ini menjadi pelopor cat water based di Indonesia sehingga perkembangan kualitas cat selalu dilakukan guna mendapatkan kebutuhan hasil finishing oleh konsumen namun tetap aman untuk digunakan. Dengan berbagai perkembangan dan inovasi, Bio Industries memproduksi berbagai produk ramah lingkungan selain cat water based diantaranya adalah bahan bleaching kayu, treatment kayu dan bahkan poles kayu. Dengan penggunaan produk yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi internasional seperti European Chemical Agency (ECHA) Reach dan United State Enviromental Protection Agency (EPA) maka produk tersebut aman, tidak beracun dan ramah lingkungan.

Untuk produk finishing, Bio Industries menawarkan berbagai cat water based baik untuk tampilan natural kayu atau bahkan warna solid. Cat water based tersebut diantaranya adalah

  • Biovarnish. Yakni produk finishing water based yang khusus digunakan untuk finishing natural kayu. Produk-produk tersebut terdiri dari berbagai varian sesuai dengan kebutuhan. Bahkan tersedia produk finishing dari basecoat, maincoat dan topcoat. Seperti Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat
  • BioColours BioThane. Cat kayu ini digunakan sebagai topcoat untuk kebutuhan heavy duty atau digunakan sebagai cat terhadap media yang harus tahan terhadap cuaca ekstrem, media yang riskan lembab diantaranya adalah furniture yang dekat pantai, decking, flooring dll
  • BioDuco. Cat kayu ini bertujuan untuk menciptakan tampilan warna solid. Seperti halnya Biovarnish, BioDuco juga terdiri dari berbagai varian produk diantaranya adalah BioDuco Wood Putty, BioDuco Solid, BioDuco Primer, BioDuco Chalk Paint dan BioDuco Topcoat.
  • Orchid Enamel Paint. Yakni cat yang digunakan untuk serat alam dan besi dengan tampilan warna solid.

Sedangkan produk ramah lingkungan lain dari Bio Industries adalah sebagai berikut:

  • BioCide. Yakni produk treatment kayu atau serat alam untuk melindungi yang dilapisinya dari berbagai serangan jamu, serangga atau organisme perusak serat seperti rayap, teter dll. BioCide dibedakan menjadi tiga macam yakni BioCide SPF yang digunakan untuk mengatasi jamur permukaan. BioCide Wood Fungicide digunakan sebagai pelindung kayu dari berbagai serangga perusak serat seperti blue stain dan BioCide Insectiside yang digunakan untuk mengatasi kayu atau serat alam dari serangga
  • White Agent WA-250. Yakni bahan bleaching kayu yang ramah lingkungan dan menghasilkan tampilan yang cerah. Bahan bleaching ini jauh lebih aman dibandingkan dengan H2O2 karena tidak menyebabkan iritasi pada kulit normal serta tidak menyebabkan lingkungan sekitar teroksidasi.
  • Biopolish. Yakni poles kayu yang aman dan terbuat dari bahan-bahan alami. Biopolish dibedakan menjadi dua macam yakni Biopolish Linseed Oil dan Biopolish Beeswax. Jika Biopolish Linseed oil digunakan untuk poles kayu kebutuhan furniture seperti lemari, kursi, meja dll. Sedangkan Biopolish Beeswax digunakan untuk kebutuhan furniture atau perabotan yang bersentuhan dengan bahan makanan (food grade).

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan produk ramah lingkungan dari Bio Industries, silahkan hubungi Bio Industries via telp. pada kontak hotline yang tertera pada website. Atau Anda dapat melakukan pemesanan melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries atau https://www.tokopedia.com/bioindustries. Apabila Anda berada di area Yogyakarta, silahkan kunjungi kantor Bio industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here