Ingin Kayu Sengon Lebih Tahan Lama? Ini Caranya

173
Ingin Kayu Sengon Lebih Tahan Lama? Ini Caranya

Seringkali banyak rumah yang memiliki furniture dari kayu lunak seperti kayu sengon namun tidak memperhatikan cara perawatannya. Meletakan kayu, mengecat kayu dan membersihkan furniture kayu sengon adalah bagian-bagian perawatan yang harus diperhatikan.

Tidak semua kayu memiliki kekuatan dan keawetan yang sama dengan kayu jati. Jika Anda ingin mendapatkan kayu yang awet tentu harus siap mengeluarkan uang yang lebih banyak. Namun jika Anda tidak siap dan hanya bisa membeli furniture dari kayu yang lebih murah maka perawatan harus menjadi prioritas jika ingin mendapatkan furniture yang tahan lama.

Ingin Kayu Sengon Lebih Tahan Lama? Ini Caranya
Pengulitan kayu sengon

Bagaimana membuat kayu sengon yang sudah diolah menjadi furniture lebih tahan lama? Tidak ada cara lain selain memperhatikan bahan dan cara mengecat yang benar. Cat adalah perlindungan utama dan terakhir yang diberikan pada sebuah furniture.

CS Biovarnish

Perlindungan pada jenis kayu lunak harus lebih baik dan juga memberikan penampilan yang menarik. Kayu sengon cocok di finishing warna natural bahkan bagi kamu yang ingin mendapatkan warna kayu jati pada kayu sengon sangatlah mungkin.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai pemilihan bahan finishing yang digunakan sebagai perawatan kayu sengon. Faktor yang dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

  • Lapisan cat yang menutup pori kayu

Kayu sengon adalah jenis kayu yang memiliki pori berukuran cukup besar. Jika pori kayu ini tidak ditutup dengan baik maka penyerapan kelembaban akan menjadi kelemahan di masa depan. Maka finishing close pore dengan dempul atau wood filler sangat diperlukan. pastikan Anda selalu menggunakan wood filler sebagai cat dasar kayu yang akan menutup pori kayu sengon dengan sempurna.

  • Menggunakan cat water based

Tak hanya perlindungan kayu sengon, namun perlindungan bagi kesehatan pengguna furniture kayu sengon juga harus diperhatikan. Anda yang menggunakan cat water based akan lebih terjaga kesehatannya dibandingkan furniture yang menggunakan cat solvent. Resiko polusi udara yang ditimbulkan cat water based sangat rendah sehingga tidak akan membahayakan para pengguna furniture.

  • Pemberian bahan anti rayap

Kayu sengon sangat lemah terhadap serangan rayap namun bukan berarti furniture tidak bisa digunakan karena masalah ini. Rayap bisa dibasmi dan juga dicegah dengan obat anti rayap. Obat anti rayap ini dapat digunakan sebelum proses finishing. Cara kerjanya adalah meresap ke dalam substrat kayu sengon sehingga akan lebih mudah dan juga cepat membasmi atau mencegah rayap datang merusak.

  • Pemberian bahan anti jamur

Bagaimana Anda bisa memberikan hasil perlindungan maksimal pada kayu sengon? Tentu saja dengan pemberian obat anti jamur. Selain rayap, musuh utama kayu sengon adalah jamur. Jamur permukaan yang timbul akibat kelembaban ruangan akan membuat tampilan furniture sekaligus merusak dalam jangka waktu yang dekat. Anda bisa menggunakan obat anti jamur permukaan water based yang dicampurkan pada lapisan akhir pada cat.

  • Memberikan bahan poles kayu

Tidak hanya obat jamur dan obat rayap saja, namun poles kayu dibutuhkan oleh furniture kayu sengon yang kusam. Furniture kayu yang kusam akan mudah tergores dan juga ketahanannya berkurang. Anda bisa menggunakan bahan poles kayu khusus yang digunakan setiap tiga minggu sekali atau satu bulan sekali. Cara menggunakannya pun cukup mudah yakni dengan dipoles menggunakan kain katun dan digosokan sambil ditekan. Kini ada banyak bahan poles kayu seperti linseed oil atau beeswax yang sering digunakan untuk memoles semua bahan olahan kayu termasuk furniture.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here