Jangan Terjebak! Begini lah Finishing Lemari Tv Yang Aman

246

Hunian minimalis seringkali memakai wall unit atau lemari tv agar tidak memakan tempat selain itu juga digunakan untuk memanfaatkan tempat yang kosong. Pemanfaatan lemari tv dalam ruangan memang efektif karena dapat digunakan tempat multifungsi. Selain untuk tempat tv, juga dapat digunakan untuk menaruh barang lain. Biasanya, lemari tv memiliki rak yang bersekat atau laci-laci. Sehingga Anda dengan mudah menaruh barang agar tidak memenuhi tempat. Tak hanya pada hunian minimalis bahkan hunian modern atau klasik juga menggunakan lemari tv untuk mengisi kekosongan ruang. Kadangkala, lemari tv menggunakan bahan kayu dengan warna natural. Untuk mempertahankan warna kayu tersebut, Anda harus merawatnya secara rutin.

Untuk merawat lemari tv, bersihkan debu tiap harinya dengan kemoceng. Debu kadangkal tidak bisa hanya dibersihkan dengan kemoceng, tapi Anda perlu menghilangkannya dengan menggunakan lap basah. Walaupun Anda sudah membersihkan lemari tv setiap hari, namun merasa warna lemari tv memudar maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan finishing lemari tv untuk mengembalikan warna kilapnya.

Finishing Lemari TV Untuk Warna Natural

Warna natural pada kayu biasanya adalah warna coklat. Sedangkan setiap kayu memiliki jenis warna yang berbeda. Anda dapat memilih warna kayu yang sesuai untuk lemari Anda dengan cat yang sesuai untuk ruang Anda.

Finishing lemari tv pada umumnya menggunakan cat berpelarut minyak yang mudah ditemukan dipasaran. Apakah cat itu aman? Tentu tidak, cat tersebut cenderung tidak aman digunakan karena bahan yang terkandung dalam cat. Cat solvent based atau cat berpelarut air biasanya mengandung merkuri dan timbul, dua bahan ini jika masuk ke dalam tubuh manusia terur-menerus dapat menagkibatkan penyakit kanker. Jika Anda menghirup uap yang keluar cat solvent based, maka dampaknya Anda akan merasa pusing-pusing, mata pedih dan jika terkena kulit akan merasa gatal-gatal. Sedangkan untuk jangka panjang dampak yang ditimbulkan salah satunya sudah disebutkan di atas selain itu juga akan mengalami gangguan sistem syaraf.

Maka dari itu, disarankan menggunakan cat aman dan ramah lingkungan seperti cat water based. Cat tersebut cenderung tidak berbau bahkan aman bagi anak-anak. Mungkin cat water based dikenal mahal dan susah didapatkan, namun untuk saat ini cat water based sudah mulai ditemui di toko bangunan atau toko khusus cat. Karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan cat yang aman, banyak produsen cat  mencoba mengembangkan cat water based. Salah satu perusahaan spesialis cat water based di Indonesia adalah Bio Industries. Produk cat Bio Industries sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Jadi, cat water based tersebut dipastikan aman untuk finishing lemari tv.

Begini  6 Langkah Aplikasi Cat Water Based Pada Lemari TV

Cat water based juga memiliki banyak warna untuk diaplikasikan dari warna transparan sampai warna solid. Salah satu cat untuk lemari TV untuk menampilkan warna natural kayu lebih baik menggunakan cat warna transparan BioColours Biovarnish. Cat tersebut sangat cocok diaplikasikan untuk furniture seperti lemari tv. Selain itu, cat tersebut lebih cepat kering, tidak berbau dan tidak beracun jadi aman untuk lingkungan keluarga Anda. Biovarnish dapat digunakan sebagai pengganti plitur konvensional atau pernis berbahan shellac gum. Untuk aplikasinya bahkan tidak lebih sama dengan plitur pada umumnya. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Lapisi lantai sekitar lemari tv dengan koran atau kertas berkas lainnya agar lantai tidak kotor.
  • Bersihkan lemari tv Anda menggunakan amplas. Tujuan pengamplasan adalah untuk menghilangkan kotoran atau minyak yang masih tertinggal di lemari tv Anda.
  • Pastikan lemari Anda sudah bersih kemudian perhatian setiap bagian-bagian lemari tv apakah terdapat kerusakan seperti berlubang atau tidak. Jika ada, gunakan dempul untuk enyamarkan lubang tersebut.
  • Amplas kembali terutama bagian yang sudah didempul sampai merata. Permukaan yang rata akan memudahkan aplikasi finishing lemari tv.
  • Aplikasikan Biovarnish menggunakan kain atau kuas yang sudah dilapisi kain. Tidak disarankan menggunakan kuas saja karena akan mengakibatkan bekas kuas tertinggal pada permukaan.
  • Tunggu sampai kering kemudian aplikasikan kembali Biovarnish tersebut sampai menemukan warna kilap yang sempurna.

Biovarnish juga dapat digunakan bagi Anda yang memiliki usaha furniture sebagai finishing. Selain aman, Biovarnish juga memiliki transparansi warna yang bagus. Teknik yang dilakukan dapat menggunakan kuas maupun semprot. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai BioColours Biovarnish silahkan hubungi Customer Care Bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433.  Atau Anda dapat mengunjungi langsung ke kantor pusat Bio Industries di Jl. Sidikan no. 94, Yogyakarta.

Sehingga, sepatutnya Anda menjaga kesehatan orang-orang tersayang Anda. Jangan biarkan racun membunuh Anda dan keluarga secara perlahan, hentikan sekarang dan pilih cat yang aman dan ramah lingkungan. Semoga dengan langkah-langkah tersebut akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikan finishing lemari tv sendiri di rumah.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here