Pabrik Cat Kayu Yang Bagus BioVarnish Untuk Wooden Chair Vintage

783

Kursi berfungsi untuk tempat duduk dan penghias ruangan. Cat yang mampu membuat kursi sebagai penghias ruangan dapat ditemukan di pabrik cat yang bagus Biovarnish.

Kursi kayu sudah sangat familiar oleh semua kalangan. Bahkan, hampir setiap hunian menggunakan kursi kayu sesuai dengan kebutuhan. Kursi memang tidak hanya terbuat dari kayu saja melainkan juga dari plastic ataupun besih.

Namun, kenapa kursi kayu masih banyak diminati oleh banyak orang? Selain memberikan kesan yang alami, kayu memiliki karakter yang unik, kuat dan kokoh. Wajar saja, kebutuhan kayu terhadap kayu selalu bertambah.

CS Biovarnish

Kursi kayu yang memanfaatkan kayu solid pada umumnya dijual dengan harga yang tinggi. Hal ini tergantung dari jenis kayu solid yang digunakan, semakin bagus kualitas kayu tersebut tentu saja akan mempengaruhi harga jual dari kursi kayu tersebut.

Namun, saat ini adapula material yang terbuat dari kayu dengan harga jual yang lebih murah dibandingkan kayu solid yakni kayu olahan. Meskipun lebih murah, ketahanan kayu olahan ini tidak sebaik kayu solid.

Apapun jenis kayu yang digunakan, hal yang perlu diperhatikan adalah cat yang akan digunakan. Adakalnya, pemilihan cat yang salah akan membuat tampilan sekaligus perlindungan kayu kurang baik.

Jika memilih cat dilihat dari warna yang dihasilkan maka dibedakan menjadi dua macam yakni warna solid dan warna natural kayu. Selama ini, banyak hunian rumah lebih menggunakan tampilan natural kayu. Kenapa demikian?

Banyak berbagai alasan banyak orang lebih memilih tampilan natural kayu. Diantaranya adalah Pertama, warna tersebut sudah sangat familiar di masyarakat. Kedua, warna natural kayu dapat menyatu dengan nuansa sekitar yang notabene alami. Ketiga, dapat menyesuaikan berbagai konsep hunian rumah. Keempat, memiliki nilai estetik lebih karena menonjolkan tampilan serat alami pada kayu.

Dari berbagai alasan diatas, wajar saja jika cat dengan warna kayu sudah umum di masyarakat. Salah satu cat kayu yang paling banyak digunakan untuk menciptakan tampilan natural kayu adalah plitur atau pernis.

Kedua cat tersebut sangat familiar di kalangan aplikator professional ataupun yang masih awam sekalipun. Cat tersebut sangat mudah dijumpai di pasaran bahkan terdiri dari berbagai merk dan harga.

Namun, jika ingin meggunakan cat plitur pada umumnya maka Anda harus sedia thinner atau spiritus. Tentu saja akan memakan biaya tergantung dengan banyak sedikitnya pemakaian.

Jika Anda ingin lebih berhemat maka Anda dapat menggunakan jenis cat lain. Di Indonesia, cat alternatife pengganti cat berpelarut thinner sudah mulai bermunculan karena minat masyarakat terhadap cat ini yang mulai meningkat.

Cat yang dimaksud diatas adalah cat water based atau cat dengan pelarut air. Tentu saja akan lebih hemat biaya karena Anda hanya cukup membutuhkan air sebagai pelarutnya.

Pengecatan kursi dengan warna natural dapat dibantu dengan cat water based akan memberikan hasil yang lebih optimal. Cat jenis ini mampu memberikan warna natural dengan transparansi yang tajam sehingga serat kayu dapat terlihat.

Penggunaan Tepat Cat Kayu Yang Bagus BioVarnish

Kenapa harus cat water based? Jika pada umumnya Anda mengunakan cat solvent based atau juga dikenal dengan cat berpelarut organik seperti thinner maka Anda harus siap mempersiapkan banyak waktu.

Cat dengan pelarut thinner pada umumnya cukup lama ketika dikeringkan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan minyak pada cat tersebut. Sehingga cat tersebut lebih lama kering dibandingkan dengan cat berpelarut air.

Selain itu, karena kandungan cat terdapat minyak maka cat akan lebih cepat menguap sehingga tampilannya pun akan lebih cepat memudar. Maka dari itu, pasca finishing atau sesaat akan digunakan sebaiknya furniture dengan lapisan cat solvent based sebaiknya diletakkan di luar ruangan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam ruangan.

Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi uap yang dihasilkan oleh cat dengan pelarut thinner. Disisi lain, cat tersebut juga memiliki bau yang menyengat sehingga pastikan sirkulasi ruangan Anda berjalan dengan baik.

Tentu saja bau cat sangat mengganggu Anda, bukan? Maka dari itu, untuk menghilangkan atau menyamarkan bau cat alangkah baiknya selalu membuka pintu atau jendela rumah Anda.

Ya, membuka pintu atau jendela akan mengurangi kelembaban dalam ruangan serta bau tak sedap. Ruangan yang tertutup membuat udara dalam ruangan tidak berjalan dengan baik sehingga akan menyebabkan bau apek atau lembab.

Untuk proses finishing, cat water based hampir sama dengan cat solvent based pada umumnya. Hanya saja, cat ini cukup menggunakan pelarut air dan tidak harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung. Anda hanya cukup mengeringkan di tempat yang teduh maka cat dapat kering dengan baik.

Proses finishing kayu harus dilakukan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti dimulai dari base coat, coloring kemudian top coat. Ketiga langkah tersebut adalah tiga kesatuan yang tidak bisa dilakukan secara terpisah.

Penggunaan base coat berfungsi untuk menutup pori-pori kayu dan coloring untuk pemberi warna natural dan lapisan top coat adalah untuk memperindah tampilan furniture.

Tahap finishing diatas merupakan tahap dasar bagi yang ingin mendapatkan hasil yang optimal. Tahap diatas berlaku untuk semua jenis cat yakni cat solvent based ataupun cat water based.

Salah satu cat water based yang direkomendasikan saat ini di Indonesia adalah Biovarnish. Cat ini menjadi pelopor cat water based di Indonesia sehingga kualitas cat selalu dikembangkan untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan finishing.

Biovarnish diformulasikan khusus dengan bahan water based acrylic dan untuk tampilan natural kayu. Cat ini menawarkan berbagai tampilan warna yakni 20 warna kayu.

Disisi lain, cat ini tidak hanya wood stain saja melainkan juga berbagai varian produk finishing lainnya. Adapun produk Biovarnish diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Clear Coat dan Biovarnish Glaze.

Tentu saja, varian produk diatas dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan finishing. Adakalanya hanya menggunakan tiga varian dasar finishing mulai dari basecoat, maincoat dan topcoat seperti Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain/Biovarnish Liquid Stain dan Clear Coat namun adapula yang menambahkan penggunaan Biovarnish Sanding Sealer.

Lalu bagaimana dengan Biovarnish Glaze? Cat ini seperti halnya dengan cat glaze pada umumnya. Cat tersebut digunakan untuk keperluan finishing wash finish atau finishing dengan cara wiping. Pada umumnya, cat ini dipilih untuk memberikan sentuhan klasik pada furniture.

Biovarnish tidak hanya dapat digunakan untuk finishing furniture interior saja melainkan juga pada furniture eksterior. Sebab, Biovarnish dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan terhadap cuaca.

Meskipun cat water based merupakan cat kayu yang terbuat dari bahan dasar air justru ketahanan terhadap air sangat bagus. Sebab, cat tidak akan memudar jika tertetes air. Hal ini seringkali terjadi pada cat solvent based sehingga meninggalkan bekas cat memudar.

Pabrik cat kayu yang  bagus Biovarnish menyediakan produk yang lengkap seperti ketiga langkah di atas. Berikut cara pengaplikasian cat kayu Biovarnish yang tepat pada furniture kayu:

  1. Siapkan furniture kayu seperti kursi yang memiliki tingkat kering atau mc kayu 12%. Permukaan kayu harus bersih dari debu dan serbuk kayu, gunakan ampelas dan di lap dengan kain
  2. Siapkan Bovarnish Wood Filler dan aplikasikan menggunakan pisau scrape searah serat kayu. Lakukan secara merata kemudian tunggu sekitar 20 menit. Baru diampelas dengan kertas ampelas no. 320. Lap sisa ampelas dengan kain bersih dan kering.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air bersih perbandingan 2:1 dan aduk hingga homogen. Aplikasikan menggunakan kuas bersih yang dilapisi kain katun untuk mengurangi brush mark. Tunggu pemukaan hingga kering sekitar 60 menit dan diampelas kembali dengan ampelas no. 400, hilangkan serbuk bekas ampelas dengan kain bersih.
  4. Lapisan top coat dengan menggunakan Biovarnish Clear Gloss yang dicampur dengan air bersih perbandingan 2:1. Aplikasikan menggunakan kuas yang dilapisi kain katun bersih dan tunggu kering semalaman.

Untuk perawatan pasca finishing, sama halnya dengan furniture pada umumnya. Namun, furniture yang telah dilapisi cat water based ini dapat langsung digunakan.

Cat water based asli Indonesia ini tidak berbau, tidak beracun serta tidak mengeluarkan senyawa kimia berbahaya sehingga akan lebih aman dan nyaman ketika diletakkan di dalam ruangan.

Sedangkan untuk menjaga tampilan, Anda tidak perlu khawatir jika memudar karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa cat water based tidak mudah memudar.

Namun, tetap saja membutuhkan perlindungan serta menjaga keawetan tampilan furniture yakni dengan membersihkan lapisan permukaan luar furniture dari debu serta mengoleskan poles kayu atau wax kayu.

Pabrik Cat Kayu Yang Bagus BioVarnish Water Based

Pabrik cat kayu yang bagus BioVarnish menciptakan produk yang mampu memperindah kursi menjadi tampilan natural. Cat berbasis water based ini sangat aman digunakan karena hanya membutuhkan bahan pencampur berupa air. Dengan bahan pencampur air tidak akan menyebabkan polusi udara, iritasi mata, kulit gatal atau penyakit dalam seperti kanker, dll.

Pabrik cat kayu yang bagus menyediakan cat water based. Penggunaan cat water based mampu menggantikan cat konvensional solvent based. Pembuatan dari cat solvent based mengacu pada regulasi ECHA-Reacg dan US-EPA (Enviromental Protection Agency).

Regulasi EPA United State ini juga menjelaskan bahwa produk dengan kandungan VOC sangat membahayakan kesehatan dan lingkungan sehingga harus dibatasi atau bahkan tidak digunakan lagi.

Sehingga bahan yang digunakan tidak mengandung toxic dan rendah voc. Cat kayu Biovarnish jika digunakan pada furniture indoor tidak akan menyebabkan polusi udara.

Website ini merupakan pabrik cat kayu yang bagus Biovarnish yang sering menyuplai industri olahan kayu bahkan hingga ke luar negeri. Untuk pemesanan silahkan menhubungi costumer service pada kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini atau melalui e-mai [email protected]

Anda juga bisa menghubungi via market place di BukaLapak : www.bukalapak.com/bioindustries,  TokoPedia : www.tokopedia.com/biopaint102 atau via Shopee: www.shopee.co.id/biovarnish.official.

Yakin jika cat kayu yang Anda gunakan sudah aman? Sebelum cat kayu yang Anda gunakan berdampak buruk pada kesehatan Anda dan orang terkasih Anda, yuk beralih menggunakan cat water based.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here