Tips Finishing Furniture Warna Natural Kayu

267
Tips Finishing Furnitue Warna Natural Kayu

Ingin membuat furniture dengan hasil finishing natural? Simak tips finishing furniture warna natural kayu berikut.

Finishing merupakan proses akhir dari pelapisan sebuah furniture. Furniture yang menarik pastinya telah diproses dengan sedemikian rupa agar hasilnya maksimal dan juga cantik. Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk tahapan finishing ini. Warna yang sesuai dengan jenis dari kayu tentunya juga akan dibutuhkan.

 Tips Finishing Furniture Warna Natural Kayu

CS Biovarnish

Salah satu warna yang menarik untuk tahapan finishing adalah warna natural. Warna natural dapat memunculkan nuansa furniture yang alami tapi tetap terlihat keren. Bagaimana finishing kayu dengan warna natural kayu? Simak tips mudah berikut ini.

Langkah-Langkah Finishing Furniture Warna Natural Kayu

  1. Siapkan alat dan juga bahan yang diperlukan

Untuk memulai proses finishing kayu dengan warna natural, sebaiknya anda mempersiapkan bahan dan juga alat yang akan anda perlukan agar lebih mudah. Alat dan bahan yang anda perlukan diantaranya adalah kayu yang akan anda finishing, amplas, dempul kayu, kuat, melamin. Bahan-bahan tersebut cukup mudah untuk anda dapatkan.

  1. Dempul kayu

Proses yang selanjutnya adalah mendempul kayu pada bagian yang tidak rata. Pendempulan kayu ini merupakan proses yang cukup penting agar nantinya kayu yang difinishing memiliki tingkat kerataan dan juga ketinggian yang sama. Hal ini juga akan memudahkan anda ketika anda melakukan proses pengecatan pada kayunya. Untuk mendempul kayu, maka yang anda perlukan adalah lem fox dan juga gergajian kayu. Campurkan bahan tersebut. Lalu, tutupkan pada bagian kayu yang bolong. Biarkan sampai mengering. Setelah benar-benar kering, maka siapkan alat gerindra sehingga hasilnya akan lebih halus.

  1. Proses pengamplasan pertama

 Tips Finishing Furnitue Warna Natural KayuSetelah proses pendempulan dan penghalusan selesai, maka anda dapat melakukan proses pengamplasan yang pertama. Ambil kertas amplas yang kasar kemudian gosokkan dengan perlahan pada bagian kayunya. Hal ini tentu saja akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, anda juga dapat melakukannya dengan menggunakan mesin amplas agar lebih cepat.

  1. Tutup pori-pori kayu

Langkah selanjutnya adalah menutup pori-pori kayu. Penutupan pori-pori kayu ini dapat anda lakukan dengan mengaduk bahan-bahan seperti lem fox, adukan oker dan juga air. Selain itu, anda juga dapat membeli bahannya secara langsung dalam bentuk jadi yaitu woodfiller.

  1. Proses pengamplasan yang kedua

Setelah penutupan pori-pori pada kayu selesai dan kering, maka tahap selanjutnya adalah proses pengamplasan yang kedua. Gunakan kertas amplas atau mesin amplas dengan proses yang sama pada proses nomer 3. Amplas sampai kayu benar-benar halus. Pastikan semua bagian kayu diamplas dengan baik dan tidak ada bagian yang terlewatkan.

  1. Penyemprotan kayu pertama

Setelah kayu benar-benar bersih dan huga halus, maka sekarang anda akan melakukan tahapan penyemprotan kayu yang pertama. Penyemprotan kayu pertama ini yang akan anda butuhkan adalah thinner dan wood stain. Nah, campurkan bahan tersebut kemudian semprotkan pada semua bagian dari kayunya. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan wood stain water based yang menggunakan pelarut air.

  1. Proses pengamplasan ketiga

Setelah proses penyemprotan pertama selesai, untuk hasil yang maksimal maka anda dapat melakukan proses pengamplasan lagi. Proses ini sama dengan proses pada pengamplasan pertama dan kedua. Hnaya saja menggunakan kertas amplas yang lebih halus.

  1. Proses akhir

Setelah anda selesai mengamplas, bersihkan kayu dengan menggunakan lap kering. Ambil cat bening untuk kayu atau anda dapat menggunakan melamin untuk melakukan proses pengecatan akhir pada kayu anda. Alternatif lain, gunakan clear coat water based yang lebih mudah diaplikasikan dan tentu saja lebih aman.

Demikian cara mudah untuk melakukan proses finishing kayu dengan warna natural. Pastikan anda persiapkan bahan-bahannya dengan kualitas yang bagus agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here