Manufaktur Cat Kayu Mengkilap Biovarnish Berkualitas di Indonesia

912

Furniture tampak mengkilap karena pengaruh penggunaan cat. Manufakturing cat kayu mengkilap yang aman dapat menjadi rekomendasi memilih cat.

Cat kayu di Indonesia mudah untuk dijumpai bahkan tersedia dengan berbagai macam merk. Setiap merk dagang cat kayu ini menawarkan berbagai fitur dan keunggulan masing-masing.

Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan. Namun, untuk memilih cat ini cukup sulit apabila Anda belum mengetahui cat yang akan Anda pilih.

CS Biovarnish

Dengan merk dagang yang begitu banyak, tentu saja tidak dapat memilih hanya berdasarkan selera saja. Melainkan Anda harus memperhatikan fitur, kelebihan dan bahan yang digunakan pada cat tersebut.

Adakalanya tampilan yang dihasilkan oleh setiap cat ini berbeda. Tampilan tersebut tentu dipengaruhi oleh kualitas bahan yang digunakan. Bisa disimpulkan bahwa dengan kualitas cat yang baik maka harga yang ditawarkan pun cukup mahal.

Disarankan untuk menggunakan cat berkualitas baik karena berpengaruh pada hasil akhir cat tersebut. Jika menggunakan cat dengan kualitas standard, tidak menutup kemungkinan cat tersebut akan lebih cepat kusam, pudar atau bahkan mengelupas.

Cat kayu yang terdapat di Indonesia memang didominasi dengan cat kayu solvent based atau cat kayu dengan bahan palarut solvent seperti thinner atau sejenisnya.

Cat ini bahkan sudah melekat dalam dunia finishing. Bahkan bagi seorang awam sekalipun, cat tersebut sudah sangat familiar. Sayangnya, untuk menggunakan cat tersebut Anda juga harus membeli pelarutnya.

Apabila cat kayu ini tidak diencerkan, justru cat akan sangat kental dan gelap. Jika untuk mengaplikasikan cat adalah kuas, hal ini akan menjadi masalah yang serius.

Tekstur cat yang terlalu kental justru akan menimbulkan risiko brush mark atau memiliki bekas cat. Selain itu, warna cat juga menjadi tidak sama rata. Maka dari itu, sebelum mengaplikasikan cat maka disarankan untuk mengencerkannya terlebih dahulu.

Begitu pula pada cat water based, disarankan untuk mengencerkan cat terlebih dahulu agar cat dapat menghasilkan tampilan yang baik dan halus. Nah, cat water based ini cukup berbeda dengan cat solvent based jika dilihat dari kandungan bahannya.

Cat water based menggunakan air sebagai bahan dasarnya. Cat ini masih mengandung resin namun tidak terlalu tinggi sehingga tidak menimbulkan bau menyengat dan tidak berbahaya bagi kesehatan ataupun lingkungan.

Meskipun cat water based masih kalah pamor dengan cat solvent, cat ini memiliki peminat yang cukup tinggi. Terlebih jika Anda adalah aplikator atau penghobi kayu yang sering wara-wiri pameran furniture berskala internasional.

Cat water based sepertinya sudah menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika merambah pasar internasional. Karena tidak sedikit negara yang saat ini memperhatikan batas keamanan kandungan cat seperti VOC.

Jadi, meskipun cat kayu solvent based memiliki kualitas yang dikenal bagus namun bahan yang terkandung dalam cat sangat berbahaya bagi kesehatan atau pun lingkungan. Sebagai alternatif, kini manufaktur cat kayu di Indonesia seperti manufaktur cat kayu mengkilap Biovarnish mulai mengembangkan cat dengan bahan yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan.

Baca Juga : cari tahu merk cat kayu yang cepat kering disini

Cat Kayu Yang Aman dan Ramah Lingkungan Untuk Finishing Furniture

Cat kayu yang banyak dijumpai di Indonesia merupakan cat solvent based yang cenderung berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebab cat tersebut mengandung logam berat seperti timbal atau merkuri.

Senyawa-senyawa berbagaya tersebut dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan jika masuk ke dalam tubuh, selain itu cat solvent based juga mengandung VOC yang sangat tinggi sehingga akan mencemari lingkungan.

Maka dari itu, manufaktur cat kayu di Indonesia mulai mengembangkan cat kayu dengan bahan yang aman dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah manufaktur cat kayu mengkilap Biovarnish merupakan manufaktur yang telah mengembangkan cat water based.

Biovarnish merupakan cat kayu berbahan water based acrylic yang memiliki kandungan bahan yang aman bagi lingkungan. Cat ini diformulasikan dengan penggunaan bahan berdasarkan standard keamanan internasional.

Rujukan standard keamanan Biovarnish mengacu pada regulasi United State EPA dan European EHCA Reach yang mana regulasi tersebut membatasi penggunaan bahan kimia berbahaya dan VOC pada suatu produk termasuk cat.

Terdapat beberapa produk yang dapat Anda gunakan apabila menginginkan hasil warna natural kayu tertentu. Terlebih untuk wood stain, Biovarnish tersedia 20 varian warna yang dapat Anda sesuaikan dengan hasil akhir yang diinginkan.

Ya, Biovarnish tidak hanya wood stain saja melainkan juga dempul, sanding sealer, topcoat dan bahkan cat glaze. Dengan varian produk yang lengkap ini akan mempermudah proses finishing.

Berikut tahap finishing menggunakan Biovarnish:

  1. Siapkan media, pastikan media tersebut sudah diampelas untuk membersihkan kotoran atau noda serta meratakan permukaannya.
  2. Jika sudah diampelas, jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa debu pengampelasan tersebut agar cat mudah melekat pada permukaan kayu
  3. Gunakan Biovarnish Wood Filler yang fungsinya sebagai dempul. Dapat diguanakan untuk menyamarkan cacat pada kayu ataupun menutup pori-pori. Untuk pengeringan, cukup diamkan dalam suhu 20-30 menit. Kemudian ampelas menggunakan kertas ampelas no. 320
  4. Pilih warna yang sesuai hasil finishing yang diinginkan. Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain baik dengan cara kuas atau semprot. Diamkan dalam suhu ruang selama 60 menit lalu ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400
  5. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperhalus tekstur permukaan media yang difinishing. Setelah diaplikasikan, diamkan dalam suhu ruang selama 60 menit. Lalu ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400
  6. Untuk hasil akhir, pilih tampilan matte atau gloss pada Biovarnish Clear Coat. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 24 jam dan media yang terlapisi cat ini siap untuk dipacking.

Apabila Anda menginginkan hasil finishing yang food grade, Anda bisa menggunakan produk satu manufakturing dengan Biovarnish yakni Biopolish Beeswax. Cara mengaplikasikannya adalah cukup dioleskan pada cat yang sudah melalui tahap finishing sebelumnya menggunakan kain bersih.

Biopolish Beeswax ini dapat menjadi perawatan furniture dengan sifat food grade seperti furniture dapur, perabotan dapur dll. Sedangkan untuk perawatan furniture lain, Anda dapat menggunakan Biopolish Linseed Oil.

Manufaktur Cat Kayu Mengkilap Biovarnish

Biovarnish diformulasikan khusus sebagai pengganti cat solvent based seperti pelitur atau pernis, sehingga sangat cocok digunakan untuk finishing furniture dengan tampilan natural kayu.  Sebab, Biovarnish memiliki daya rekat film yang kuat, transparansi warnanya yang bagus, cepat kering dan mudah diaplikasikan.

Manufaktur cat kayu mengkilap Biovarnish ini memang memproduksi cat kayu yang ramah lingkungan. Selain itu, juga memproduksi produk-produk perkayuan seperti obat anti rayap/jamur, bahan bleaching kayu, lem kayu atau perawatan kayu seperti yang disebutkan diatas yakni Biopolish.

Dengan varian produk yang lengkap akan mempermudah Anda dalam finishing dan perawatan kayu dengan aman. Khusus untuk cat, Biovarnish ini juga aman jika digunakan untuk finishing pada furniture ataupun mainan anak-anak.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Biovarnish telah disesuaikan dengan standard keamanan internasional sehingga tidak menyebabkan gangguan masalah kesehatan bahkan ke anak-anak sekalipun.

Maka dari itu, Biovarnish menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan furniture tidak berbau, aman dan nyaman digunakan baik dalam ataupun luar ruangan.

Ya, Biovarnish juga dapat digunakan untuk outdoor seperti furniture teras ataupun garden furniture. Sebab, cat tersebut juga dilengkapi dengan fitur tahan air dan tahan cuaca.

Proses finishing untuk keperluan furniture outdoor, seperti halnya yang sudah dipaparkan diatas. Bahkan cat ini dapat tahan lama dan tidak mudah flacking karena cat tergolong fleksibel.

Sehingga cat ini tidak masalah jika digunakan pada lapisan media yang mudah memuai atau menyusut. Fenomena tersebut biasanya sering terjadi karena adanya perubahan cuaca.

Umumnya, cat yang tidak memiliki fleksibilitas yang baik justru akan lebih cepat retak-retak apabila media yang dilapisinya mengalami fenomena penyusutan atau pemuaian karena perubahan cuaca.

Biovarnish memiliki dua size yakni 400gr dan 1kg. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba produk cat water based atau hanya digunakan untuk finishing yang tidak terlalu membutuhkan banyak cat maka gunakan yang 400gr (mini can) tersebut.

Cat water based tergolong lebih hemat dibandingkan cat solvent karena Anda tidak perlu mengencerkan dengan thinner yang mana harus membelinya. Melainkan hanya cukup menggunakan air saja untuk mengencerkan cat tersebut.

Jika dilihat dari harga cat, cat water based ini memang tergolong lebih mahal dibandingkan cat solvent based. Namun, penggunaan cat water based lebih hemat dan aman digunakan.

Terlebih cat tersebut juga lebih cepat kering karena tidak bergantung pada sinar matahari untuk proses pengeringan. Berbeda dengan cat solvent yang harus dikeringkan dibawah sinar matahari apabila ingin cepat kering.

Sebab, cat solvent mengandung minyak yang membuatnya lama kering. Selain itu, kandungan minyak ini juga yang menyebabkan cat mudah kusam karena menguap.

Untuk dapat menggunakan produk cat water based, silahkan menghubungi langsung Customer Service Bio Industries pada kontak hotline yang sudah tercantum pada website.

Atau Anda dapat melakukan pemesanan produk cat water based melalui marketplace kesayangan Anda:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here