Jual Wood Filler Water Based Untuk Finishing Furniture Yang Aman

1276

Menggemanya gerakan “Save Earth” menuntut berbagai lini produk harus beralih pada bahan yang ramah lingkungan diantaranya adalah varian cat, salah satunya wood filler.

Di berbagai negara di dunia saat ini sedang gencar-gencarnya menggemakan gerakan “Save Earth” untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Karena dampak penggunaan produk-produk dengan kandungan berbahaya yang sudah cukup memprihatinkan, banyak aktivitis yang merasa khawatir dengan kondisi bumi dewasa ini. Maka dari itu, sudah beberapa dekade ini mulai digelakkan produk-produk yang ramah lingkungan diantaranya menggunakan bahan dari alam dan tidak berdampak buruk untuk kesehatan maupun lingkungan.

Salah satu produk yang mengedepankan ramah lingkungan dewasa ini adalah dari cat. Ya, mungkin sebagian dari kita tidak sadar bahwa cat yang digunakan pada umumnya merupakan cat yang mengandung bahan kimia berbahaya dan menyebabkan kesehatan serta kerusakan lingkungan. Dampak yang ditimbulkan cat tersebut cukup mengejutkan diantaranya adalah menyebabkan lubang ozon semakin melebar karena kandungan VOC yang tinggi. Sedangkan dampak terhadap kesehatan juga sangat membahayakan, dalam jangka pendek cat tersebut bisa menyebabkan sesak nafas, pusing ataupun iritasi dan sedangkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan kesehatan syaraf motorik atau kanker.

CS Biovarnish

Mungkin saat ini kita sudah mulai menjumpai produk cat yang menggunakan bahan yang ramah lingkungan atau juga disebut dengan  cat water based. Namun, ternyata tidak hanya wood stain saja yang menggunakan bahan dasar air melainkan juga dasar finishing yakni wood filler. Dengan demikian, proses finishing akan lebih mudah ketika produk-produk ramah lingkungan tersebut sudah tersedia di pasaran.

Dempul yang ada dipasaran pada umumnya sangat membahayakan kesehatan karena menggunakan bahan solvent. Yang mana bahan tersebut merupakan bahan yang bisa memicu meningkatnya kandungan VOC. Kandungan VOC ini lah yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan dan mengganggu kesehatan. Maka dari itu, banyak sebagian negara sangat memperhatikan kandungan bahan cat yang digunakan dalam furniture atau perabotan. Jika terdapat kandungan VOC yang tinggi di dalamnya maka dipastikan furniture tersebut tidak bisa masuk ke dalam negara tersebut.

Sayangnya, wood filler berbahan dasar air (water based) tidak begitu banyak dijumpai di Indonesia. Sebab, masih banyak toko-toko bangunan atau cat yang menjual-belikan wood filler berbahan solvent.

Jual Wood Filler Water Based Yang Dijamin Aman

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Indonesia merupakan negara yang maish jarnag dijumpai produk-produk finishing yang terbuat dari air seperti wood filler. Namun, tidak menutup kemungkinan produk-produk cat berbahan dasar air bisa dijumpai di pasaran. Nah, berikut beberapa produk wood filler berbahan dasar air yang bisa Anda pilih:

  1. Impra Aqua Wood Filler

Wood Filler yang satu ini adalah wood filler berbahan dasar air yang masih satu varian dengan propan. Fungsi utama wood filler ini adalah untuk menutup pori-pori kayu sehingga memudahkan penggunanya selama pengamplasan. Selain itu, wood filler ini juga mudah kering sehingga akan lebih efisien waktu pengerjaan. Adapun varian wood filler dari Impra Aqua ini diantaranya adalah sungkai, kamper dan jati (teak).

  1. Mowilex Wood Filler

Mowilex juga merupakan salah satu varian cat yang cukup dikenal pasaran dengan cat berbahan dasar airnya. Tidak hanya cat saja, Mowilex juga mengeluarkan varian dempul yang akan melengkapi dasar finishing. Wood filler Mowilex ini merupakan dempul yang menggunakan bahan acrylic emulsion yang efektif untuk mengisi pori-pori sehingga memberikan hasil finish yang lebih halus dan mudah diaplikasikan cat pada tahap selanjutnya.

  1. Wood Filler Cemerlang

Salah satu produk lokal yang menawarkan wood filler berbahan dasar air adalah brand Cemerlang. Dempul dari Cemerlang ini berbahan dasar dari nitrocelluloce, alkyd resin, plasticizer, pigmen khusus dan material pengisi transparan. Dempul berbahan dasar milik Cemerlang ini hanya diformulasikan untuk mengisi pori-pori furniture interior saja sehingga ketahanannya tidak baik jika digunakan untuk mengisi pori-pori furniture eksterior.

  1. Wood Filler Kuputex

Wood filler kuputex merupakan wood filler yang menggunakan bahan acrylic resin dengan bahan pelarut air. Fungsinya hampir sama dengan dempul yang ada yakni mengisi pori-pori kayu. Keunggulan dari produk ini adalah memberikan kemudahan selama pengaplikasian, cepat kering, mudah diamplas setelah pengaplikasian wood filler dan menariknya adalah memiliki daya rekat yang kuat sehingga tidak mudah lepas ketika diamplas.

  1. Biovarnish Wood Filler

Terakhir adalah produk lokas yakni Biovarnish Wood Filler. Dempul yang satu ini adalah dempul yang menggunakan bahan dasar acrylic. Memiliki fungsi, sangat efektif menutup pori-pori dan tekstur serat kayu. Keunggulan akan produk ini diantaranya adalah memiliki daya rekat yang kuat, cepat kering, mudah diaplikasikan, mudah diamplas dan dapat diaplikasikan dengan metode scrap, kuas maupun spray (semprot).

Kegunaan Biovarnish Wood Filler Untuk Dasar Finishing

Dasar finishing atau pengaplikasian dempul pada umumnya untuk mengisi pori-pori atau menutup bagian-bagian kayu yang cacat. Namun, wood filler Biovarnish ini memiliki fungsi yang baik yakni menyamarkan tekstur serat kayu sehingga hasil akhir akan tetap maksimal. Sangat cocok digunakan untuk mendapatkan hasil akhir natural karena serat kayu masih tetap nampak namun pori-pori kayu tetap terisi dengan sempurna. Sehingga hasil finishing akan terkesan natural dan halus.

Biovarnish Wood Filler ini sangat cocok diaplikasikan di berbagai media diantaranya adalah kayu, rotan, bambu dan natural fyber lainnya. Bahkan menjadi dasar finishing yang memiliki peran penting untuk mendapatkan hasil maksimal selama proses finishing. Karena memiliki daya rekat yang tinggi membuat lapisan intermediate finishing selanjutnya lebih baik.

Berikut penggunaan Biovarnish Wood Filler yang perlu Anda perhatikan:

  1. Campurkan Biovarnish Wood Filler dengan air sesuai dengan kebutuhan.
  2. Pastikan aduk larutan dempul tersebut hingga homogen sehingga memudahkan pengaplikasian.
  3. Pastikan untuk mengaplikasikan ke seluruh bagian kayu sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan. Anda bisa mengaplikasikan BioColours Wood Filler dengan scrap, kuas maupun spray.
  4. Setelah mengaplikasikan ke seluruh bagian kayu, tunggu hingga mengering. Anda cukup keringkan di tempat yang teduh karena dempul ini merupakan dempul yang tergolong cepat kering.
  5. Setelah kering, amplas dengan sedikit menekan untuk menghaluskan permukaan kayu terutama amplas pada bagian-bagian yang tidak rata sehingga akan memudahkan aplikasi finishing berikutnya.
  6. Dan berikutnya, Anda bisa melanjutkan tahap finishing dengan mengaplikasikan coating. Untuk hasil optimal dan furniture aman, aplikasikan cat water based. Anda dapat menggunakan varian Biovarnish seperti Biovarnish Wood Stain/Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Pasca finishing, Anda dapat langsung menggunakan furniture atau media finishing yang sudah terlapisi cat. Sebab, cat yang digunakan tersebut tidak mengalami penguapan sehingga tidak mengeluarkan bau menyengat dan tidak beracun. Berbeda dengan finishing menggunakan cat solvent based, ini lah yang perlu Anda perhatikan. Produk yang telah melalui tahap finishing solvent based akan mengeluarkan bau cat yang sangat menyengat sehingga sangat disarankan untuk meletakkannya di luar ruangan terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar uap pada cat mulai memudar dan dapat mengurangi dampak bahaya pada kesehatan saat dimasukkan ke dalam ruangan.

Ternyata, lapisan cat kayu yang tidak mengalami penguapan seperti cat water based justru lebih tahan lama dibandingkan cat solvent based. Maka dari itu, tingkat gloss pada cat solvent based biasanya akan memudara atau berkurang seiring waktu. Dan hal tersebut dapat memicu untuk lebih cepat refinishing furniture Anda yang tentu saja memakan biaya, waktu dan tenaga Anda.

Disamping itu, bahan dasar finishing ini dikenal ramah lingkungan tidak hanya karena berbahan air saja melainkan juga sudah disesuaikan dengan rekomendasi dari berbagai regulasi. Diantaranya adalah anjuran dari US Enviromental Protection Agency (EPA) karena Biovarnish tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bahkan produk ini juga diformulasikan sesuai dengan standarisasi EPA dan Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance untuk standar keamanan dan kesehatan bahan kimia pada suatu bahan. Sehingga bisa dipastikan bahwa Biovarnish Wood Filler merupakan dempul yang mengandung sedikit VOC (Vohicle Organic Compound)

Kandungan VOC yang melebihi batas keamanan mampu menyebabkan gangguan kesehatan diantaranya adalah gangguan pencernaan, pernafasan dan bahkan kanker. Sedangkan untuk dampak buruk pada lingkunga, VOC mampu menyebabkan pemasanasan global semakin luas. Maka dari itu, berbagai penyebab akan kerusakan lingkungan tersebut sedang diminimalir dengan dibentuknya produk-produk yang lebih ramah lingkungan.

Untuk informasi produk Biovarnish, Anda bisa menghubungi langsung kontak yang tertera di halaman website ini. Atau Anda dapat memesan langsung produk finishing ramah lingkungan melalui marketplace di https://www.tokopedia.com/biovarnishseries, https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Dan apabila Anda sedang di Yogyakarta, silahkan berkunjung ke kantor pusat Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94 Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta untuk mendapatkan berbagai informasi produk kayu ramah lingkungan dan tips-tips finishing lainnya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here