Pentingnya Wood Stain Pada Tahap Finishing Furniture Kayu

28
cat kayu Biovarnish Wood Stain yang memiliki 20 varian warna yang bisa diaplikasikan sesuai keinginan

Furniture adalah bagian penting pada suatu ruangan. Selain sebagai tempat meletakan sesuatufurniture juga berfungsi membuat ruangan tampak lebih bagus.

Perkembangan desain interior membuat furniture juga mengalami kemajuan. Tren furniture selalu menyesuaikan dengan perkembangan tren interior. Untuk beberapa kesempatan, furniture bisa menjadi nilai aset yang tinggi. Oleh karena itu, orang-orang sering berinvestasi pada furniture karena nilai jualnya yang tinggi.

Namun, apabila Anda hendak berinvestasi dalam home decor, perhatikan material furniture dari kayu. Usia kayu bisa memberikan nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan material lainnya.

Alasan Penting Furniture Membutuhkan Wood Stain

pagar tampil baru dengan Orchid
CS Biovarnish

Furniture yang terbuat dari kayu dapat memberikan nilai lebih karena terkesan lebih natural dan mewah. Untuk beberapa furniture, kesan mewah bisa didapatkan dengan lapisan cat yang digunakan.

Cara Mengecat dengan Cat Meni Kayu Anti Rayap untuk Hasil Indah

Untuk proses finsihing sendiri terdiri dari dua macam yakni finishing natural kayu dan finsihing warna solid. Kedua macam finishing ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun demikian, tampilan finishing dengan warna natural kayu masih disukai.

Banyak orang hanya sekadar mengoleskan wood stain tanpa mengenali karakter serta keuggulan wood stain itu sendiri. Di pasaran juga telah tersedia banyak merek wood stain yang menawarkan harga dan kualitas yang berbeda-beda.

Sebelum membahas wood stain terbaik untuk finishing, berikut alasan utama kenapa harus menggunakan woos stain.

1. Meningkatkan Nilai Estetik

Furniture, kerajinan atau pun konstruksi bangunan yang terbuat dari kayu atau serat alam akan semakin tinggi nilai estetikanya ketika dicat wood stain. Wood stain memiliki tampilan warna yang beragam sehingga Anda bisa memilih warna sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.

Baca Juga:  Refinishing Pintu Kayu Minimalis Menggunakan Biovarnish Tampak Baru

Agar wood stain semakin menonjol dan tidak boros cat, Anda bisa menutup pori-pori kayu sehingga ketika aplikasi wood stain tidak langsung meresap ke dalam pori-pori kayu.

2. Mempertajam Serat Kayu

Dengan wood stain, serat justru akan terlihat lebih tajam dan menonjol. Hal ini dikarenakan fungsi wood stain adalah untuk mempertajam warna sehingga serat kayu akan lebih terlihat. Agar tampilannya tidak berantakan, sebaiknya aplikasikan wood stain searah serat kayu.

3. Memberikan Tampilan Warna Berebeda

Tampilan kayu bukan hanya sekadar warna cokelat. Warna cokelat sendiri terdiri dari banyak warna mulai dari warna terang hingga warna gelap. Contoh warna terang seperti kayu jati belanda yang cenderung warna krem atau kuning gading. Sedangkan warna gelap seperti halnya kayu sonokeling yang berwarna hitam atau ungu kemerahan.

4. Sebagai Pelindung Kayu

Furniture, kerajinan atau konstruksi bangunan yang mengunakan kayu tanpa harus finishing justru akan lebih cepat rusak. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya karena cuaca, kelembaban udara, rayap atau jamur.

Adanya lapisan luar yang melapisi kayu akan menlindungi kayu dari kerusakan akibat beberapa hal yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, penting sekali untuk kayu difinishing demi menjaga kualitas dari kayu itu sendiri.

Apakah Anda tetap mengabaikan finishing wood stain opda kayu setelah melihat alasan di atas? Sangat penting untuk mengaplikasi wood stain pada kayu. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kayu lebih tahan lama.

Misalnya, pada kayu jati yang sudah finishing dan berusia puluhan tahun pasti menghadirkan tampilan yang semakin menarik dan terkesan klasik. Nah, furniture kuno kayu jati sampai saat ini pun masih tergolong mahal jadi wajar banyak diburu kolektor.

Baca Juga:  Cat Kayu Tahan Air Pilihan Warna Opaque Yang Berkualitas Internasional

Wood Stain Terbaik dan Aman

Banyak cat kayu yang bisa Anda gunakan. Apalagi di pasaran tersedia puluhan merek wood stain. Untuk membuat pilihan Anda sedikit lebih cepat kita bisa mulai dari pilihan jenis cat yang beredar luas di pasar. Saat ini, terdapat dua jenis cat kayu dari bahan pelarutnya, yakni cat water based dan cat solvent.

Manakah wood stain yang bagus untuk finshing dari kedua pilihan itu? Disarankan untuk menggunakan cat water based. Mengapa?

Alasan utama selain hasil finishingnya yang indah, cat tersebut juga lebih aman dibandingkan dengan cat solvent based karena menggunakan pelarut air yang ramah lingkungan dan sedikit mengandung zat kimia yang mudah menguap ke udara, atau lebih dikenal dengan volatile organic compound (VOC).

Salah satu wood stain water based terbaik di Indonesia adalah Biovarnish. Biovarnish dikenal sebagai cat ramah lingkungan. Karena menggunakan pelarut air, Biovarnish Wood Stain juga lebih cepat kering serta tidak mengeluarkan bau yang menyengat.

Selain itu, Biovarnish Wood Stain memiliki 20 pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan finishing Anda.

Untuk mendapatkan Biovarnish Wood Stain ini, Anda bisa langsung melakukan pemesanan dengan menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Selain itu, dapat juga bisa melakukan pemesanan melalui marketplace di bawah ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

sambut ramadhan bersama biovarnish
beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here