Memilih Sanding Sealer untuk Flooring yang Berkualitas

103
Memilih Sanding Sealer untuk Flooring yang Berkualitas

Pemilihan sanding sealer yang akan digunakan untuk lantai seringkali membingungkan pemilik rumah. Tidak bisa sembarangan juga dalam memilih sanding sealer karena akan berpengaruh dengan ketahanan lantai kayu nantinya. Apakah sanding sealer yang tepat dalam memilihnya? Anda tentu bisa mempelajarinya dengan cepat.

Ketika memilih sanding sealer ada beberapa hal yang harus ditanamkan dan diingat pertama adalah bagaimana ketahanan dari sanding sealer, apakah lantai kayu membutuhkan perlindungan kelembaban lainnya dan bagaimana nantinya Anda akan merawat lantai kayu tersebut.Menjawab pertanyaan ini Anda akan mengetahui apakah sanding sealer dan bahan cat lain yang dibutuhkan.

CS Biovarnish

Tidak mudah memang memutuskan manakah yang akan Anda beli karena di toko bahan bangunan ada segudang merk sanding sealer. Tenang saja pasti ada salah satunya yang cocok dengan lantai kayu di rumah Anda.

Kualitas sanding sealer akan ditentukan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Meresap ke dalam pori kayu

Pertama kali orang menggunakan sanding sealer karena adanya masalah pada pori kayu. Beberapa jenis kayu memiliki pori yang berukuran besar. Pori ini menimbulkan masalah yakni penyerapan lapisan cat yang terlalu banyak sehingga menimbulkan cacat seperti bubble bahkan boros lapisan cat. Nah untuk mengatasi masalah ini maka sanding sealer diciptakan untuk menutup pori kayu sebelum aplikasi top coat.  Sanding sealer yang berkualitas akan meresap ke pori kayu dengan baik sehingga bisa menjadi pondasi yang kuat bagi top coat.

  1. Memiliki warna transparan

Semua sanding sealer akan menghasilkan warna transparan.  Sanding sealer berfungsi sebagai cat dasar dan harus berwarna transparan. Sanding sealer yang memiliki warna atau akan berubah warnanya setelah proses aplikasi akan merusak warna lapisan cat di atasnya. Inilah mengapa transparansi menjadi tolak ukur penting sebuah sanding sealer yang berkualitas.

  1. Mudah diaplikasikan

Aplikasi sanding sealer tidak hanya untuk lantai kayu saja namun juga pada kerajinan atau furniture bahkan pintu rumah. Bisa diaplikasikan dengan berbagai cara adalah fungsi sanding sealer. Baik diaplikasikan dengan roll, dengan spray gun dan kuas tetap akan menghasilkan tampilan yang menarik. Anda harus mencari jenis sanding sealer yang seperti ini.

  1. Perlindungan yang diberikan pada kayu
Memilih Sanding Sealer untuk Flooring yang Berkualitas
Lantai kayu yang telah dilapisi sanding sealer

Perhatikan pada kemasan sanding sealer, apa saja perlindungan yang akan diberikan pada kayu? Apakah sanding sealer dapat melindungi dari kelembaban, perubahan cuaca, panas dan mengikuti kembang susut dari kayu? Jika sanding sealer memiliki kemampuan tersebut maka Anda harus membelinya.

  1. Kandungan dalam sanding sealer

Sanding sealer termasuk dalam katagori cat  yang terbuat dari bahan kimia. Itu artinya terdapat beberapa jenis bahan organik yang berbahaya di dalamnya. Perhatikan berapa jumlah kandungan organik di dalamnya dan apakah aman apabila digunakan di lingkungan serta tidak mempengaruhi kesehatan.

Walaupun harga sanding sealer murah dan memenuhi keempat aspek di atas namun aspek keamanan dalam kandungan juga tidak boleh dilewatkan. Bayangkan saja jika Anda saat ini banyak menghirup bahan organik yang menguap dari sanding sealer , di masa depan resiko kanker bisa saja muncul karena tingginya kandungan organik dalam tubuh.

Inilah kelima faktor yang membuat sebuah produk sanding sealer untuk lantai kayu menjadi sanding sealer yang harus dibeli. Mulai dari kandungan, proses aplikasi dan haslinya harus memnuhi standar yang tepat. Jika tidak lantai kayu tidak akan terlindungi sebagaimana mestinya.

 

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here