Refinishing Hasil Warna Kusen Kayu Bagus Persiapan Lebaran Terbaik

162

Kusen kayu yang sudah diaplikasikan cat dalam kurun waktu lebih dari lima tahun memang mengalami pemudaran. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan cuaca dan suhu sehingga cat kayu pada kusen pun lambat laun akan berkurang tingkat kilap atau daya rekatnya. Maka dari itu, apabila cat kayu sudah lebih dari lima tahun seharusnya harus di cat ulang agar kayu tersebut tidak cepat rusak. Cat yang memudar atau mengelupas akan berkurang daya proteksi terhadap kayu atau media yang dilapisinya. Sehingga kerusakan pada kayu pun akan lebih memungkinkan seperti terserang jamur, keropos ataupun terserang rayap.

Jika kayu saja sudah keropos maka tidak ada hal lain kecuali mengganti seluruh kerangka kusen tersebut. Namun, apabila cat pada kusen kayu tersebut hanya mengalami pemudaran maka sebaiknya segera mungkin untuk di cat ulang. Kayu yang di cat ulang akan terkesan baru dan menarik selain itu juga akan terlindungi dengan baik. Namun, kebanyakan orang akan merasa kesulitan ketika harus mengecat ulang sendiri kusen tersebut. Anda tidak perlu khawatir jika hasilnya tidak akan memuaskan apabila dilakukan sendiri asalkan cara aplikasi yang dilakukan dengan benar. Kesalahan yang seringkali terjadi ketika mengaplikasikan cat pada kayu baik adalah pemilihan dan teknik aplikasi yang kurang benar.

CS Biovarnish

Teknik aplikasi biasanya sudah diarahkan pada setiap kemasan dan akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan searah dengan serat kayu tersebut. Dan kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan satu jenis cat saja dan bahkan tanpa dilarutkan dengan thinner atau spiritus sehingga tak jarang hasilnya kasar dan warnapun tidak sama rata. Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang bagus layaknya seorang profesional maka setidaknya lebih dari satu jenis cat.

Gunakan pula cat kayu yang khusus digunakan untuk eksterior sebab cat tersebut dilengkapi dengan fitur tahan cuaca. Sehingga cat kayu tidak akan berpengaruh apabila mengalami perubahan cuaca sekalipun. Alangkah bagusnya lagi jika cat tersebut merupakan cat water based yang notebene cat tersebut lebih ramah lingkungan dan tidak berdampak buruk pada kesehatan ataupun lingkungan.

Cara  Finishing Warna Kusen Kayu Bagus Persiapan Lebaran Terbaik

Untuk kusen kayu terkesan lebih natural, sebaiknya cat ulang kusen tersebut dengan tampilan natural kayu. Tampilan tersebut lebih fokus pada warna dan serat kayu sehingga hasilnya pun lebih natural. Nah, untuk menciptakan tampilan natural kayu pada kusen kayu maka Anda bisa mengaplikasikan plitur Biovarnish. Cat kayu tersebut terdiri dari berbagai varian produk yang akan membantu proses finishing untuk tampilan natural kayu.

Biovarnish sangat cocok untuk refinishing kusen kayu karena memiliki transparansi warna yang tajam dan dilengkapi dengan tahan cuaca. Sehingga hasil warnanya pun terkesan lebih optimal dan dapat melindungi dengan baik. Menariknya adalah Biovarnish diformulasikan sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach sehingga penggunaan bahan kimia seperti timbal dan VOC pada cat sangat dibatasi.

Berikut cara finishing untuk menciptakan tampilan warna kusen kayu bagus persiapan terbaik:

  1. Untuk menghilangkan cat kayu lama yang masih menempel pada kusen, amplas terlebih dahulu seluruhnya. Pastikan benar-benar bersih sehingga tidak akan berpengaruh pada hasil akhir setelah refinishing
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat pada kayu atau menutup pori-pori kayu sehingga hasil akhirnya pun bisa sama rata. Larutkan terlebih dahulu dengan air kemudian aplikasikan ke permukaan kayu. Agar kering dengan baik, diamkan selama 20-30 menit. Setelah kering, amplas permukaan kayu tersebut hingga seratnya terlihat
  3. Kuaskan atau semprotkan Biovarnish Liquid Stain yang sudah dilarutkan dengan air ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 60 menit di tempat yang teduh. Setelah kering sentuh, amplas ambang seluruh permukaan kayu tersebut.
  4. Semprotkan Biovarnish Sanding Sealer ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 60 menit dan amplas ambang apabila sudah kering sentuh
  5. Untuk hasil bagus dan terlindungi dengan baik, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dicampurkan dengan BioCide SPF dan air ke seluruh permukaan kayu. Kemudian diamkan selama 24 jam atau semalaman hingga benar-benar kering. Setelah kering sempurna, kusen kayu pun sudah bisa digunakan tanpa khawatir cat akan lengket ketika disentuh.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here