Hasil Tampilan Cat Kayu Warna Natural Dengan Biovarnish Yang Aman

1096

Untuk hasil optimal pada furniture kayu maka dibutuhkan lapisan cat yang bagus. Selain bagus, pastikan cat tersebut aman maka gunakan cat water based.

Hampir seluruh hunian menerapkan furniture dalam suatu ruangan seperti kabinet, kursi, sofa, meja, rak dinding dan masih banyak lagi. Bisa dikatakan bahwa furniture sudah menjadi gaya hidup bagi manusia modern saat ini. Tidak hanya sekedar sesuai kebutuhan hunian saja melainkan juga dicocokkan dengan nuansa yang akan diciptakan pada suatu ruangan. Wajar saja jika masyarakat dunia menimbang-nimbang ketika akan menggunakan furniture pada suatu ruangan.

Pengrajin furniture dapat dijumpai dari berbagai negara, salah satunya yang aktif dalam mengembangkan dan memperoduksi furniture adalah Indonesia. Didukung dengan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia menjadi salah satu pemasok furniture yang berpotensi, kompetitif dan berkualitas. Sehingga furniture produksi Indonesia banyak diminati di ranah pasar internasional. Tentu sangat membanggakan, bukan? Tentu saja furnitur tersebut terdiri dari berbagai macam tampilan dan desain. Nah, jika menilik dari desain atau ciri khas furniture Indonesia yang mencolok adalah furniture dari Jepara. Furniture dari Jepara sangat dikenal masyarakat Indonesia bahkan mancanegara karena seni ukir yang diterapkan pada furniture. Biasanya tampilan furniture tersebut menerapkan tampilan natural kayu untuk memberikan kesan tradisional namun berkelas tinggi. Disisi lain, produk furniture dari berbagai daerah di Indonesia tetap banyak diminati oleh konsumen dalam negeri ataupun luar negeri.

CS Biovarnish

Mungkin sebagian besar masyarakat akan lebih menggunakan furniture dengan tampilan natural kayu. Karena tampilan ini sudah melekat dengan Indonesia yang notabene memiliki sumber alam yang melimpak sehingga tampilan tersebut dapat menyatu dengan baik. Selain itu, tampilan natural kayu juga dapat disesuaikan dengan desain furniture yang sedang tren misalkan desain furniture minimalis, tidak jarang tampilan furniture tersebut mengombiasikan antara warna solid dan natural kayu. Meskipun demikian, tidak sedikit pula masyarakat yang menyukai tampilan lain seperti warna solid, patina, shabby chic dll.

Khusus untuk warna natural kayu, pernah kah Anda mengaplikasikan cat warna natural kayu pada furniture Anda? Cat warna natural kayu bisa dikatakan adalah plitur atau pernis. Ya, cat tersebut paling banyak digunakan untuk hasil warna natural kayu dengan hasil yang tidak kalah menarik. Meskipun tergolong mudah, alangkah baiknya tetap memperhatikan tahap finishing dan cat yang digunakan untuk hasil yang optimal. Anda dapat mengplikasikan furniture Anda dengan cat kayu warna natural berbahan dasar water based. Karena cat water based sangat disarankan penggunaannya untuk mengurangi dampak buruk bahan kimia yang biasa terdapat pada cat solvent based.

Aplikasi Cat Kayu Warna Natural

Furniture yang akan diekspor tentu harus sesuai dengan persyaratan salah satunya menggunakan finishing yang mengandung VOC rendah sesuai dengan batas keamanan. Sudah kah Anda menggunakan cat kayu yang rendah VOC? Penasaran seperti apa cat yang rendah VOC dan apa itu VOC? Berikut penjelasannya.

seperti yang dilansir dari halaman website US EPA bahwa VOC ((Volatile Organic Compounds) atau senyawa organik yang mudah menguap biasanya akan diemisikan berupa gas yang berasal dari cairan atau padatan. VOC tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Kebanyakan VOC berasal dari cat, lilin dan lain sebagainya. Jika terdapat cat, salah satu ciri yang mencolok adalah cat tersebut mengeluarkan bau cat yang menyengat. Perlu diingat bahwa cat kayu yang tidak menyengat belum tentu rendah VOC. Pada umumnya, cat yang tinggi VOC justru terdapat pada cat konvensional yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Cat tersebut merupakan cat yang mengandung solvent atau turunan minyak notebene terkandung bahan-bahan kimia yang membahayakan kesehatan dan lingkungan.

Sebagai alternatif pengganti cat solvent based maka Anda dapat menggunakan cat yang lebih aman dan ramah lingkungan yakni cat water based. Meskipun cat water based masih tergolong langka di Indonesia namun minat secara global mengenai cat ini justru meningkat pesat.  Hal ini dikarenakan masyarakat dunia menyadari bahwa akan penggunaan produk-produk ramah lingkungan untuk menjaga keamanan bagi kesehatan dan lingkungan sekitar. Salah satu cat water based yang berkualitas di Indonesia adalah Biovarnish.

Anda dapat menggunakan Biovarnish untuk menampilkan warna natural kayu. Biovarnish merupakan cat water based yang dapat menggatikan fungsi plitur konvensional atau varnish shellac gum yang berbahaya. Bahkan bahan yang digunakan pada Biovarnish telah sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti, Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA).

Biovarnish akan mempermudah proses finishing Anda karena terdiri dari berbagai varian produk. Orang akan mengalami kesulitan ketika produk cat water based tidak lengkap misalkan saja hanya tersedia plitur padahal membutuhkan filler kayu, topcoat ataupun sanding sealer yang juga ramah lingkungan. Nah. Biovarnish memberikan berbagai paket lengkap untuk hasil finishing natural kayu, adapun produk-produk finishing ramah lingkungan yakni Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Clear Coat, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Glaze. Sehingga, setiap tahap finishing Anda tidak perlu khawatir ketika memilih produk yang tepat.

Biovarnish juga lebih cepat kering dibandingkan cat solvent based bahkan tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari. Dengan demikian, pengaplikasian Biovarnish dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Penggunaan Biovarnish akan sangat menguntungkan bagi Anda ketika digunakan untuk finishing dalam jumlah banyak. Sebab, Anda hanya cukup menggunakan air sebagai pelarut tanpa harus membeli thinner atau pelarut lainnya. Kenapa cat water based dapat lebih cepat kering tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari? Jawabannya sangat sederhana, sebab Biovarnish tidak mengandung minyak didalamnya. Ya, kandungan minyak pada cat justru akan memperlama pengeringan terlebih jika tidak terdapat sinar matahari. Selain itu, karena cat tersebut mengandung minyak maka setelah finishing akan membuat cat lebih cepat menguap dan memudar.

Berikut adalah teknik finishing untuk hasil natural kayu pada furniture kayu menggunakan varian produk Biovarnish:

Pertama, Pastikan permukaan media bersih dan rata. Gunakan amplas untuk menghilangkan kotoran, minyak atau debu yang masih menempel pada permukaan kayu.

Kedua, Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu atau menyamarkan cacat pada kayu. Caranya, larutkan terlebih dahulu menggunakan air yakni dengan perbandingan 2 bahan: 1 air. Lalu aduk hingga homogen dan apabila sudah larut sempurna. Aplikasikan dengan cara scrap ke permukaan kayu dan tunggu hingga kering selama 20-30 menit. Jika sudah kering, amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 240

Ketiga, Pilih varian warna Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan kebutuhan finishing Anda. Lalu, campur Biovarnish dengan air sekitar 20% dari takaran cat. Gunakan kuas yag sudah dilapisi kain untuk mengaplikasikan pada permukaan media atau juga dapat menggunakan cara semprot. Tunggu hingga kering yakni selama 60 menit dan apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang permukaan kayu menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400

Keempat, Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk hasil coating maksimal. Larutkan terlebih dahulu Biovarnish Sanding Sealer dan air lalu aduk hingga homogen. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata atau Anda dapat juga menggunakan kuas sponge atau kuas yang sudah terlapisi kain katun. Lalu diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit dan kemudian amplas ambang menggunakan kertas amplas alumunium oxide n0. 400

Kelima, Aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss. Setelah dilarutkan dengan air, aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama semalaman hingga cat tersebut kering dan furniture dapat digunakan.

Pasca finishing Anda tidak perlu menganin-anginkan terlebih dahulu di luar ruangan melainkan dapat Anda langsung gunakan. Sebab, cat tersebut tidak mengalami penguapan dan bau cat yang menyengat.

Biovarnish sangat disarankan karena tarikan kuasnya yang ringan, cepat kering, hasilnya transparan dan tajam serta daya rekatnya yag bagus. Cocok diaplikasikan pada furniture dengan media kayu solid,bambu, mdf, triplek, enceng gondok, atau rotan.

Cat water based dengan low VOC adalah salah satu bahan finishing yang cocok digunakan pada furniture yang akan dieksport karena sesuai dengan standarisasi keamanan internasional. Tertarik menggunakan cat water based? Gunakan cat kayu warna  natural water based produk Bio Industries, hubungi via telp pada kontak hotline yang sudah tercantum pada website untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Atau Anda dapat memesan melalui marketplace Bio Industries yakni https://www.tokopedia.com/catkayu, https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Apabila Anda berada di area Yogyakarta silahkan mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Demikian ulasan singkat mengenai cat kayu warna natural yang sesuai untuk kebutuhan finishing furniture Anda. Semoga memudahkan Anda dalam aplikasi serta memilah finising yang tepat.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here