Supplier Cat Kayu Biovarnish Aman Bagi Kesehatan Sesuai Regulasi EPA

723

Penggunaan cat berbahan dasar solvent sangat berbahaya maka gunakan produk yang aman bagi kesehatan manusia seperti supplier cat kayu Biovarnish.

Penggunaan cat pada saat finishing furniture kayu tidak lepas dari peranan manusia. Kreativtas manusia dalam membentuk furniture sudah dilakukan ratusan tahun lamanya. Bahkan penggunaan cat berbahan dasar solvent atau minyak inilah yang sering digunakan.

Tahukah Anda bahwa cat berbahan dasar minyak ini dapat memicu timbulnya penyakit kanker? Bahan dasar solvent ini berasal dari shell gum atau serlak India.

CS Biovarnish

Kandungan solvent sendiri bisa bermacam-macam antara lain adalah merkuri, arsenic, cadmium dan juga timbal. Zat kimia berbahaya tersebutlah yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker ataupun penyakit kronis lainnya.

Untuk jangka pendek, kandungan bahan pada cat tersebut bisa menyebabkan pusing, gangguan pernafasan ataupun iritasi. Maka dari itu, saat mengaplikasikan cat solvent based harus menggunakan perlengkapan keamanan untuk menghindari hal-hal buruk tersebut.

Selain itu, untuk menggunakan cat solvent based tidak disarankan untuk mengaplikasikan di tempat yang tertutup. Pastikan ruangan terbuka atau memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga udara dapat bergantian.

Sayangnya, masih banyak orang belum menyadari dampak buruk dari cat solvent based dalam kurun waktu yang panjang. Dan atau belum memenuhi protokol keamanan saat mengaplikasikan cat tersebut. Faktanya, kandungan VOC pada cat solvent based dapat memicu kerusakan alam.

Ya, kandungan VOC pada cat solvent based tidak hanya dapat merusak kesehatan makhlup hidup saja melainkan juga kerusakan lingkungan seperti efek rumah kaca atau pemanasan global.

Hingga saat ini, masih banyak orang bahkan industri rumahan yang menggunakan cat solvent based karena mudah didapatkan dan harganya yang lebih terjangkau.

Disisi lain, banyak masyarakat sudah terbiasa untuk menggunakan cat solvent lain sehingga cukup sulit untuk beralih kepada jenis cat lain. Apakah terdapat jenis cat lain yang aman digunakan?

Cat kayu yang aman kini telah dikembangkan dan bahkan sudah digunakan oleh berbagai negara di dunia dalam kurun waktu beberapa decade terakhir. Cat tersebut dikenal dengan cat water based.

Cat water based berbeda dengan cat solvent based yang harus menggunakan pelarut organik seperti thinner atau spiritus melainkan cat tersebut hanya cukup menggunakan pelarut air.

Untuk penggunaan air, sebaiknya gunakan pelarut air yang bersih atau dengan pH normal. Sebab, air kotor dapat mempengaruhi hasil warna cat ketika diaplikasikan ke permukaan media finishing.

Di Indonesia, cat water based masih terdengar asing di telinga masyarakat pada umumnya. Maka dari itu, dengan adanya pengetahuan mengenai cat in diharapkan untuk mengenal akan pentingnya penggunaan cat ramah lingkungan.

Meskipun masih banyak masyarakat yang belum menyadari kehadiran cat ini, namun perkembangkan cat ini justru lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent based. Sehingga keberadaannya di pasarn pun juga semakin meningkat.

Penggunaan cat water based atau cat ramah lingkungan saat ini sedangan digalakkan guna mengurangi dampak buruk yang terhadap lingkungan. Begitu pula jika Anda adalah seorang pengusaha maka sudah tidak asing dengan pentingnya penggunaan cat water based.

Cat kayu yang aman lebih menguntungkan tidak hanya dari segi kesehatan saja melainkan juga hasil yang ditawarkan. Melalui berbagai pengujian tentu saja cat ini mengalami perkembangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan finishing.

Jika Anda takut menggunakan bahan cat kayu solvent maka gunakanlah cat kayu berbahan dasar air yang sangat aman. Salah satu supplier cat kayu Biovarnish menciptakan produknya dengan bahan dasar air (water based). Bahan ini cenderung aman karena tidak memiliki kandungan zat kimia berbahaya seperti cat kayu solvent.

Supplier Cat Kayu Biovarnish Standar Internasional

Cat kayu yang aman digunakan manusia adalah cat yang berbahan dasar air. hal tersebut juga telah diatur dalam lembaga di Amerika dan Eropa yaitu ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (United States Enviromental Protection Agency).

Kedua regulasi diatas berfungsi untuk mengatur dan mengawasi para pelaku industri cat, coating maupun adhesive dalam penggunaan zahan kimia berbahaya seperti timbal, merkuri maupun voc (voltile organic compound).

Supplier cat kayu BioVarnish telah mendapatkan sertifikasi dalam dari kedua lembaga tersebut sehingga aman untuk digunakan manusia termasuk Anda. Standarisasi internasional tersebut tidak mungkin diragukan lagi karena sudah melewati uji coba laboratorium.

Produk lokal satu ini membuktikan bahwa kualitas tidak kalah dengan merk dagang cat water based dari luar negeri karena telah disesuaikan dengan regulasi keamanan produk United State EPA dan Uni Eropa ECHA-Reach.

Biovarnish selalu dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal finishing natural kayu. Kini, Biovarnish sudah tersedia berbagai varian produk finishing diantaranya:

Biovarnish Wood Filler yang bertujuan sebagai dempul guna menyamarkan cacat pada kayu atau menutup pori-pori kayu. Untuk cat dasar ini, Biovarnish terdapat empat varian warna yakni warna kayu jati, kayu ramin, kayu mahagony dan kayu sonokeling.

Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain, kedua wood stain tersebut memiliki tujuan sama yakni colouring. Yang membedakan dari keduanya adalah tekstur yang ditawarkan. Untuk Biovarnish Wood Stain lebih kental sedangkan Biovarnish Liquid Stain dalam tekstur encer. Cat ini terdiri dari 20 varian warna kayu.

Biovarnish Sanding Sealer bertujuan untuk memperhalus permukaan kayu. Cat ini juga dapat digunakan sebelum colouring untuk menutup pori-pori kecil. Disisi lain, cat ini juga bertujuan agar lebih memperkuat lapisan coating sebelumny.

Biovarnish Clear Coat bertujuan untuk mengunci warna coating sekaligus menciptakan tampilan akhir. Cat ini memiliki dua pilihan tampilan yakni matte dan gloss

Biovarnish Glaze biasanya digunakan untuk menciptakan lapisan samar pada cat. Cat glaze ini khusus digunakan untuk finishing wash finish atau rustic.

Dari sekian cat diatas maka Anda dapat memilih jenis cat apa saja yang Anda butuhkan untuk finishing.  Untuk finishing natural kayu, Anda dapat memilih salah satu wood stain.

Jika Anda seorang pemula, akan lebih mudah jika menggunakan Biovarnish Liquid Stain karena teksturnya yang liquid. Meskipun liquid, cat ini tetap harus dilarutkan dengan air untuk menurunkan intensitas warna sehingga hasilnya warna awal tidak terlalu tebal.

Tahap dasar finishing natural kayu menggunakan Biovarnish Liquid Stain dapat Anda lakukan seperti langkah-langkah dibawah ini:

  • Amplas terlebih dahulu permukaan kayu atau media finishing agar lebih bersih sehingga memudahkan pengecatan serta tidak mempengaruhi tampilan warna
  • Larutkan Biovarnish Wood Filler kemudian aplikasikan dengan pisau scrape pada permukaan kayu. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 20-30 menit. Dan apabila sudah kering, amplas menggunakan kertas amplas no. 320
  • Larutkan Biovarnish Liquid Stain dengan air yakni dengan perbandingan 2 bahan cat: 1 air lalu aduk hingga homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama 1 jam, apabila sudah kering sentuh maka amplas ambang dengan kertas amplas no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan air ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 1 jam lalu setelah kering sentuh maka amplas ambang dengan kertas amplas no. 400
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan air ke seluruh permukaan kayu secara merata. Diamkan selama semalaman untuk hasil yang optimal.

Supplier Cat Kayu Biovarnish Produk Terpercaya

Menggunakan produk cat yang abal-abal juga akan mempengaruhi hasil akhir dalam finishing. Supplier cat kayu Biovarnish memberikan produk yang terpercaya karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Biovarnish cocok untuk finishing berbagai media serat alam ataupun kayu olahan karena memiliki daya rekat film yang kuat serta elastisitas yang baik sehingga cat tidak mudah memudar, mengelupas ataupun retak.

Biovarnish diformulasikan dengan bahan yang tahan air dan tahan cuaca sehingga cat ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan finishing pada interior ataupun eksterior.

Semua kebutuhan finishing kayu Anda dapat menonjolkan warna natural kayu yang disebabkan warna transparan oleh cat kayu Biovarnish. Daya rekat film juga kuat sehingga tidak mudah tergores dan juga  tidak berbau menyengat.

Karena kandungan bahannya yang aman dan tidak meninggalkan bau menyengat, Biovarnish juga cocok apabila digunakan untuk finishing furniture bayi, mainan anak-anak, perabotan dapur dan sejenisnya.

Untuk pembelian cat kayu ini Anda bisa langusng menghubungi costumer service kami melalui kontak hotline yang sudah tercantum pada website atau melalui e-mail [email protected].

Anda juga bisa melakukan pembelian melalui market place kami di Bukalapak : www.bukalapak.com/u/store_bioindustries, Tokopedia : www.tokopedia.com/biopaint102 atau melalui Shopee: https://www.shopee.co.id/biovarnish.official.

Meskipun furniture tersebut terlapisi cat baik cat water based ataupun cat solvent based tetap membutuhkan perawatan agar furniture dapat bertahan lama. Nah, perawatan juga akan lebih baik jika menggunakan poles kayu yang ramah lingkungan.

Poles kayu yang ramah lingkungan dan memberikan keawetan pada tampilan furniture adalah Biopolish Linseed Oil dan Biopolish Beeswax. Keduanya memiliki peran yang sama untuk melindungi furniture dapat bertahan lebih lama.

Disisi lain, pastikan untuk selau memberihkan furniture dari debu. Debu membandel karena lama tidak dibersihkan pada umumnya cukup sulit untuk dibersihkan meskipun telah di lap dengan kain setengah basah.

Jika tampilan furniture mulai kusam maka Anda dapat memoles poles kayu ataupun refinishing. Langkah tersebut akan mengembalikan tampilan furniture tampak lebih baru.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here