Cat Kayu Jati Pengganti Cat Melamin Terbaik Untuk Warna Natural Kayu

1122

Apakah Anda masih menggunakan cat kayu melamin? Pilihlah cat kayu jati yang lebih aman dibandingkan cat melamin.

Finishing warna natural kayu dapat dilakukan dengan berbagai macam jenis cat. Mulai dari plitur, melamin, cat water based dan wax kayu. Lalu apa perbedaan dari keempat jenis cat tersebut.

  • Pelitur

Merupakan cat kayu yang memiliki tekstur liquid dan mudah diaplikasikan. Umumnya, cat ini perlu diencerkan dengan solvent dan ada pula yang langsung diaplikasikan. Dulunya, pelitur masih dalam bentuk serbuk serlak sehingga untuk mencairkannya pun cukup lama.

CS Biovarnish

Tampilan tekstur dapat disesuaikan mulai dari doff, matte dan gloss. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, alangkah baiknya tetap mengaplikasikan topcoat.

  • Cat Water Based

Merupakan cat kayu yang diformulasikan khusus seperti halnya dengan pelitur. Yang membedakan adalah bahan serta pelarut yang digunakan. Jika pelitur menggunakan pelarut organik seperti thinner, berbeda halnya dengan cat water based yang cukup menggunakan pelarut air.

  • Wax Kayu

Merupakan produk finishing dalam bentuk wax dan umumnya menampilkan kesan matte. Untuk digunakan finishing, wax kayu cukup boros sehingga baik jika digunakan sebagai perawatan kayu. Meskipun tidak menutup kemungkinan jika digunakan sebagai finishing seperti perkakas dapur, aksesoris, hiasan dinding dll.

  • Melamin

Merupakan cat kayu yang hampir mirip dengan pelitur namun cat ini memiliki ciri khas yang cukup berbeda dengan yang lainnya. Cat ini diaplikasikan dengan cara semprot dan menghasilkan gloss layaknya tampilan kaca.

cat-kayu-kuas-untuk-furniture

Penggunaan cat kayu melamin dikalangan pengrajin masih sangat tinggi. Jenis cat kayu melamin ini dianggap lebih murah dan menguntungkan. Memang benar cat kayu melamin memiliki harga yang murah, tetapi tidak mungkin menggunakan cat tanpa bahan pencampur.

Bayangkan Anda harus membeli ethanol dan spiritus yang belum tentu berharga murah. Pada akhirnya Anda juga harus mengeluarkan budget yang tinggi. Untuk apa Anda harus mengeluarkan budget lebih jika ternyata ada cat kayu jati dengan kualitas yang lebih baik dan juga berharga lebih murah.

Pengaplikasian cat kayu melamin hanya bisa digunakan pada furniture indoor saja, cat melamin tidak dapat bertahan dari panas matahari. Kebanyakan cat melamin yang digunakan pada furniture outdoor pasti akan luntur warnanya lalu cat juga akan retak.

Selain dari kualitasnya yang hanya bisa diaplikasikan pada furniture indoor saja, cat melamin akhir-akhir ini sangat menjadi sorotan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan zat kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Kesehatan penggunaan bahan ini menjadi sorotan yang wajib diperhatikan sejak dini untuk menghindari efek dalam jangka panjang yang berbahaya. Maka dari itu, selama mengaplikasikan melamin sebaiknya tetap menggunakan perlengkapan kerja agar lebih aman.

Pentingnya Cat Kayu Jati Yang Aman

Dari sekian penggunaan cat, melamin adalah salah satu cat yang cukup sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang mengkilap seperti kaca. Namun, hal ini bisa Anda atasi dengan penggunaan topcoat beberapa layer hingga mendapatkan kilap layaknya kaca.

Membahas masalah keamanaan penggunaan bahan kimia, maka kandungan yang terdapat dalam bahan kimia seperti cat juga harus diperhatikan. Bahkan proses melakukan finishing dengan cat pada furniture harus dilakukan di dalam ruangan terbuka atau ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Apabila Anda menggunakan cat kayu melamin, maka cat yang diaplikasikan terutama dengan alat semprot akan membuat partikel cat bercampur dengan udara.

Ketika partikel tersebut dihirup saluran pernapasan akan menimbulkan sesak napas, iritasi mata dan juga pusing. Bahkan dalam jangka hitungan hari Anda bisa batuk. Maka sangat disarankan jika Anda mengaplikasikan cat kayu melamin harus menggunakan masker yang baik.

Jika Anda kesulitan mencari masker yang baik dalam menghalau partikel cat melamin maka sebaiknya mengganti jenis cat yang digunakan. Jenis cat kayu jatiyang bisa Anda gunakan dengan aman adalah cat kayu water based.

Jika cat melamin mengandung zat kimia berbahaya, maka cat kayu water based tidak mengandung zat kimia berbahaya sama sekali. Bahkan penggunaannya tidak terbatas dalam furniture indoor saja tetapi bisa diaplikasikan pada furniture outdoor.

Maka tidak ada salahnya jika sekarang Anda memutuskan untuk beralih dari cat melamin dan menggunakan cat kayu Biovarnish yang lebih aman.

Merk Cat Kayu Jati Yang Aman

Pertanyaan terakhir yang biasanya terbesit adalah merk cat apa yang bisa digunakan untuk menggantikan cat kayu melamin? Tentu saja merk cat kayu jati Biovarnish. Cat berbasis air ini adalah salah satu jenis cat kayu yang menggunakan bahan air sebagai bahan dasar pembuatan serta bahan pencampurnya.

Dari segi budget, tentu Anda tidak akan mengeluarkan budget lebih untuk membeli bahan pencampur yang mahal. Dari sisi kualitas tentu lebih unggul karena dapat digunakan dalam jenis furniture apapun baik indoor maupun outdoor.

Formula dari pembuatan cat Biovarnish sendiri telah mengacu pada standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency) baik di Amerika dan Eropa. Maka tidak heran jika tidak terkandung bahan kimia berbahaya seperti timbal, lead dan juga formalin.

Untuk permasalahan penampilan, cat Biovarnish memiliki pilihan warna natural yang lengkap, terlebih jika Anda menggunakan jenis kayu jati. Lingkaran tahun yang terdapat pada kayu jati tua akan terlihat dengan baik.

Bagaimana cara finishing menggunakan Biovarnish? Berikut tahap-tahap finishing dengan produk Biovarnish untuk menciptakan tampilan natural kayu gloss pada kayu jati.

  1. Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu jati hingga benar-benar bersih dan permukaan kayu rata sehingga akan memudahkan coating melekat dengan baik dan serat tampak lebih halus
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu atau menyamarkan cacat pada kayu tersebut. Gunakan pisau scrape ketika mengaplikasikannya kemudian diamkan selama 20-30 menit di dalam suhu ruangan. Setelah kering, ampelas kasar dengan kertas ampelas no. 320 hingga serat kayu terlihat
  3. Semprotkan Biovarnish Liquid Stain yang sebelumnya dilarutkan dengan air hingga mendapatkan viscositas yang diinginkan. Kemudian setelah diaplikasikan secara merata, diamkan selama 60 menit. Jika sudah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas no. 400
  4. Untuk memperhalus tekstur, semprotkan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah dilarutkan dengan air. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit kemudian ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400
  5. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat untuk memberikan sentuhan akhir sehingga tampilan furnitur tampak matte atau gloss. Setelah diaplikasikan, diamkan selama semalaman hingga cat tersebut benar-benar kering dan siap untuk dipacking.

Sederhana dan hemat waktu, bukan? Penggunaan cat water based memang sangat direkomendasikan baik untuk finishing dengan kapasitas kecil hingga untuk industri.

Nilai lebih dari penggunaan cat water based adalah cat tersebut dapat diaplikasikan dalam kondisi cuaca apapun tanpa harus menunggu cuaca cerah. Karena proses pengeringan tidak memerlukan sinar matahari langsung melainkan hanya didiamkan dalam suhu ruangan.

Demi mewujudkan lingkungan yang sehat dan juga kesehatan tubuh maka gantilah produk cat yang digunakan baik pada industri Anda maupun di rumah dengan cat kayu Biovarnish.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan langsung menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau langsung order produk Biovarnish via marketplace dibawah ini:

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here