Produksi Furniture Lebih Efisien Waktu? Gunakan Cat Cepat Kering Ini

1279

Cat kayu cepat kering akan berpengaruh pada proses produksi yang lebih cepat. Ingin proses produksi cepat, hemat biaya dan ramah lingkungan? Berikut penjelasannya.

Bagi seorang yang berkecimpung dalam bidang finishing baik pada furniture atau kerajinan pastinya terdapat berbagai kendala yang dihadapi. Tidak sedikit teknik finishing dilakukan dengan berbagai inovasi agar mendapatkan hasil yang bagus dan dapat bernilai jual tinggi. Kendala-kendala dalam finishing pastinya sudah kering terjadi bagi aplikator sehingga akan memahami bagaimana cara mengatasi kendala tersebut dengan benar. Terutama dengan perihal proses finishing pada suatu furniture.

Masalah apa yang sering Anda temui mengenai proses finishing furniture yang sedang berlangsung? Tidak sedikit pula yang mengeluhkan tentang waktu yang dibutuhkan selama proses finishing. Hal yang menghabiskan waktu selama proses finishing bukan disaat mengaplikasikan cat melainkan saat proses pengeringan sehingga untuk setiap tahap finishing membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Faktanya, proses pengeringan selama proses finishing berlangsung ternyata dipengaruhi oleh cat kayu yang digunakan. Ya, cat kayu yang lama dikeringkan biasanya mengandung solvent atau minyak didalamnya. Tidak jarang pula, cat dengan kandungan tersebut harus dikeringkan di bawah sinar matahari agar proses pengeringannya lebih cepat. Lalu bagaimana jika dalam keadaan hujan? Tentu saja hal tersebut sudah sering dialami aplikator sehingga mendapatkan solusi untuk pengeringan yakni dengan bantuan lampu LED yang memiliki sinar ultraviolet yang tinggi.

CS Biovarnish

Sayangnya, cat kayu solvent based merupakan cat kayu yang berbahaya bagi kesehatan sehingga bukan termasuk cat ramah lingkungan. Untuk beberapa dekade tahun yang lalu, kandungan cat belum diperhatikan sama sekali sehingga tidak jarang mengalami masalah kesehatan diakibatkan oleh cat solvent based. Terlebih bagi aplikator yang sering berkecimpung dalam bidang finishing. Maka dari itu, disarankan selama pengaplikasian cat solvent based menggunakan alat perlindungan seperti masker, kacamata, penutup telinga (jika perlu) dan pakaian tertutup saat bekerja.

Apa yang membuat cat solvent based berbahaya bagi kesehatan? Cat solvent based merupakan cat kayu yang menggunakan berbagai bahan kimia untuk formula dasarnya. Beberapa kandungan bahan kimia berbahaya pada cat diantaranya adalah timbal, merkuri, cadmium, arsenic dan beberapa bahan kimia berbahaya lainnya. Selain itu, kandungan VOC pada cat juga tinggi sehingga menjadi salah satu penyebab dari gangguan kesehatan juga. Seperti yang dijelaskan regulasi United State EPA bahwa VOC atau senyawa organik yang mudah menguap tersebut diemisikan menjadi gas yang berasal dari padatan atau cairan dan berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Kandungan VOC pada cat ini biasanya akan mudah menguap pasca diaplikasikan pada furniture. Tidak jarang, cat kayu dengan kandungan VOC yang tinggi mengeluarkan bau cat yang sangat menyengat. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan seperti sesak nafas dan pusing. Tidak hanya berakibat pada kesehatan, dampak buruk pada lingkungan pun sudah dapat dirasakan saat ini diantaranya adalah pemanasan global. Ya, kandungan bahan kimia dan VOC pada cat menjadi salah satu konstribusi penyebab masalah lapisan ozon yang semakin melebar sehingga permukaan bumi terasa lebih panas dan gersang.

Maka dari itu, disarankan saat ini mengganti cat solvent based dengan cat kayu cepat kering water based yang lebih aman dan ramah lingkungan. Apa itu cat water based? Apa perbedaan cat water based dengan cat solvent based?

Pastikan Memilih Cat Kayu Cepat Kering Yang Aman dan Ramah Lingkungan

Cat water based merupakan salah satu teknologi terbaru beberapa tahun terakhir dalam bidang finishing untuk mengatasi masalah pengurangan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Cat jenis ini mulai banyak diminati oleh masyarakat dunia karena kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan lingkunga sejak dini. Di Indonesia, cat water based memang tergolong baru namun peminat cat ini mulai banyak diminati. Maka dari itu, produsen cat lokal mulai mengembangkan cat water based dengan formulasi kandungan bahan yang dapat menghasilkan tampilan yang berkualitas sesuai minat pasar.

Cat water based merupakan cat kayu berbahan dasar air dan pelarut yang digunakan pun adalah air. Cat water based tidak mengandung bahan-bahan kimia ataupun VOC dalam kadar tinggi sehingga diklaim lebih ramah lingkungan. Cat water based di Indonesia belum sebanyak dengan cat solvent based sehingga harga jualnya masih tergolong mahal. Namun, dengan berbagai manfaat dari cat water based cukup wajar apabila harga cat ini tergolong mahal. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan bahan yang terkandung dalam cat dan proses produksi cat tersebut. Meskipun tergolong mahal, cat tersebut lebih cepat kering, tidak berbau dan tidak beracun. Selain itu, penggunaan cat water based dalam kapasitas yang banyak juga akan lebih menghemat pengeluaran. Penggunaan cat solvent based  membutuhkan pelarut organik seperti thinner atau spiritus untuk mengencerkan cat sehingga membutuhkan pengeluaran lebih karena harus membeli pelarut organik tersebut. Berbeda dengan cat water based yang cukup menggunakan air bersih sebagai pelarutnya.

Seperti yang dibahas di atas bahwa cat solvent based memiliki waktu kekeringan yang lama karena terdapat kandungan minyak didalamnya. Dan ternyata, kandungan cat yang meguap tersebut justrumembahayakan kesehatan. Apabila Anda menginginkan waktu yang cepat saat finishing serta tidak berbahaya maka Anda dapat menggunakan cat water based Biovarnish.

Biovarnish merupakan cat yang dapat menggantikan fungsi plitur konvensional atau pernis berbahan shellac gum. Biovarnish merupakan cat yang tidak berbau dan memiliki daya rekat yang  bagus sehingga cat tersebut dapat menempel ke permukaan kayu dengan cepat. Selain itu, Biovarnish tidak hanya bisa diaplikasikan dengan cara di brush/kuas namun juga diaplikasikan dengan spray. Agar lebih mudah, berikut langkah-langkah pengaplikasian untuk menciptakan tampilan natural kayu pada furniture:

  1. Pastikan permukaan kayu rata dan bersih. Ampelas seluruh permukaan kayu hingga benar-benar bersih dari kotoran, debu, atau minyak yang masih menempel dipermukaan kayu. Proses ini bertujuan untuk memudahkan cat kayu merekat dengan baik saat diaplikasikan ke permukaan kayu.
  2. Pilih warna Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain sesuai dengan pilihan yang sedang Anda inginkan.
  3. Campurkan air 20% dari cat Biovarnish, aduk hingga tercampur secara keseluruhan
  4. Aplikasikan Biovarnish dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain kemudian oleskan secara merata. Tunggu hingga kering selama 60 menit. Anda juga dapat menggunakan cara semprot untuk mengaplikasikan Biovarnish.
  5. Amplas ambang permukaan kayu apabila sudah kering sentuh menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400

Selain menggunakan Biovarnish Wood Stain atau Biovarnish Liquid Stain, Anda juga dapat menggunakan cat kayu lainnya untuk menunjang tampilan finishing lebih optimal yakni Biovarnish Wood Filler yang berfungsi untuk filler kayu guna menutup pori-pori kayu atau menyamarkan cacat pada kayu. Biovarnish Sanding Sealer yang bertujuan untuk memperhalus tekstur permukaan kayu sehingga menghasilkan tampilan cat yang tajam. Dan Anda dapat pula menggunakan Biovarnish Clear Coat untuk mengunci warna kayu sekaligus menciptakan tampilan akhir seperti matte atau gloss.

Biovarnish dijamin aman karena bahan yang digunakan sesuai dengan standar keamanan internasional seperti Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA). Bahkan cat water based tersebut juga aman untuk furniture bayi, mainan anak-anak atau kebutuhan kandang/sangkar burung peliharaan Anda.

Tidak perlu khawatir karena cat ini merupakan produksi dari produsen cat lokal yakni Bio Industries sehingga lebih mudah didapatkan. Meskipun produk lokal namun kualitas yang dihasilkan sama dengan cat water based dari luar negeri. Tidak hanya produksi cat untuk tampilan natural kayu saja loh, Bio Industries juga menawarkan berbagai produk ramah lingkungan lainnya yang mendukung tampilan kayu atau serat alam untuk kebutuhan furniture atau kerajinan semakin menarik dan tahan lama. Diantara produk-produk ramah lingkungan Bio Industris diantaranya  White Agent WA-250, BioCide, BioColours, Orchid Enamel dan Biopolish.

Tertarik menggunakan cat kayu cepat kering  dan berbagai produk ramah lingkungan lainnya? Segera hubungi Customer Service Bio Industries via telp pada kontak hotline yang tercantum pada website ini untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan cat water based. Atau Anda dapat memesan langsung melalui marketplace seperti https://www.tokopedia.com/biovarnishseries, https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish dan atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Dan apabila Anda berada di area Yogyakarta, silahkan kunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan no.94, Surosutan, Yogyakarta.

Yuk, gunakan produk-produk ramah lingkungan untuk mengurangi dampak buruk bahan kimia pada lingkungan! Jaga lingkungan kita pun aman.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here