Geser Dengan Cat Kayu Yang Lebih Aman, Cat Kayu Water Based.

903

Yakin cat yang Anda gunakan aman untuk lingkungan dan kesehatan Anda? Alangkah baiknya gunakan cat kayu water based yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Untuk mendukung berbagai produk kayu seperti furniture, hiasan dinding kayu ataupun kerajinan maka tidak terlepas dari pengaplikasian cat. Fungsi cat pada suatu produk furniture ataupun lainnya memang untuk menciptakan tampilan yang menari. Namun, cat kayu juga tidak hanya sekedar mempercantik tampilan saja melainkan juga melindungi furniture dari berbagai kerusakan seperti gesekan benda tumpul, pengaruh kelembaban, serangan jamur ataupun serangan serangga.

Tampilan furniture dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan furniture kayu. Anda dapat menggunakan tampilan warna solid atau tampilan warna natural kayu. Selama ini, tampilan cat kayu  yang banyak diminati pasar adalah tampilan natural kayu. Lapisan cat pada permukaan kayu memang akan mengcover seratnya namun untuk tampilan natural kayu meskipun sudah tertutup akan tetapi seratnya tetap terlihat. Hal ini lah yang menjadi seni dari cat natural kayu.

CS Biovarnish

Cat natural kayu yang banyak digunakan adalah plitur atau pernis. Cat tersebut memang efektif untuk mengcover permukaan kayu dengan sempurna dan serat kayu terlihat apik. Dengan harga terjangkau, Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sayangnya, untuk mengaplikasikan cat kayu ini dibutuhkan pelarut organik seperti thinner, methanol, spirtus dan minyak lainnya sehingga bau cat tersebut biasanya akan sangat menyengat. Sehingga akan membuat orang sekitar furniture akan merasa tidak nyaman. Pasalnya, bau cat menyengat bisa menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas atau pusing.

Melihat dampak dalam jangka tersebut maka sudah dipastikan cat tersebut kurang aman bagi kesehatan. Nah, faktanya adalah cat solvent based mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Saat cat menguap maka cat tersebut mengeluarkan berbagai kandungan bahan kimia berbahaya.  Bahan yang terkandung di dalam cat sangat berbahaya seperti timbal dan merkuri bahkan uap yang mengudara sangat beracun karena VOC-nya tersebut sangat tinggi. Jika uap tersebut masuk ke dalam tubuh dan mengendap ke dalam tubuh dalam kurun waktu yang panjang akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan mengaktifkan bibit-bibit kanker.

Berdasarkan berbagai pengalaman tersebut, peneliti dan orang-orang pun mulai menyadari bahwa cat solvent based menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan kronis yang saat ini banyak terjadi di masyarakat dunia. Selain berbahaya bagi kesehatan, kandungan cat pada solvent based juga menjadi pemicu kerusakan lingkungan. Maka dari itu, kini terciptalah teknologi cat modern yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan. Cat ini kedepannya adalah cat yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-sehari sehingga tidak mengganggu kesehatan dan menjaga lingkungan menjadi lebih baik.

Cat water based adalah teknologi dalam bidang finishing terbaru dengan kandungan bahan yang aman dan ramah lingkungan. Cat kayu ini sudah mulai disoroti oleh berbagai kalangan di dunia dan bahkan konsumen cat saat ini banyak beralih dari cat solvent based ke cat water based. Faktanya, cat water based di Amerika telah menguasai pasar lebih dari 80%. Angka yang tinggi untuk minat penggunaan cat water based di kalangan masyarakat dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Cat water based di Indonesia masih tergolong baru sehingga minat cat water based belum sebanyak cat solvent based. Meskipun demikian, pertumbuhan cat water based justru lebih cepat dibandingkan dengan cat solvent based, loh.

Cat water based berbeda dengan cat solvent based dari segi bahan dasar serta pelarut yang digunakan. Dikatakan cat water based lebih ramah lingkungan karena cat tersebut terbuat dari bahan air dan menggunakan pelarut dari air. Klaim ramah lingkungan pada cat water based bukan hanya karena bahan dasar yang digunakan saja melainkan juga kandungan bahan pada cat tersebut. Cat water based diformulasikan sebagai pengganti cat konvensional karena mengandung bahan kimia yang aman dan rendah VOC.

Aplikasi cat kayu water based Biovarnish

Produk cat water based yang berkualitas dan mudah didapatkan di Indonesia adalah Biovarnish. Cat kayu ini adalah produksi dari produsen cat lokal Indonesia yakni Bio Industries. Bahkan produsen cat tersebut sebagai pelopor cat water based di Indonesia sehingga berbagai percobaan dilakukan untuk mendapatkan hasil cat yang berkualitas dan diminati pasar. Kualita cat ini tidak kalah dengan cat water based dari luar negeri karena bahan-bahan yang digunakan telah diformulasikan khusus sesuai dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional.

Cat kayu water based ini cocok diaplikasikasin pada media kayu solid, bambu, rotan, mdf, triplek atau enceng gondok dengan tampilan natural kayu. Biovarnish bisa diaplikasikan dengan cara dikuas maupun dispray sehingga akan memudahkan Anda ketika proses finishing. Bahkan ketika dikuas, tarikan kuasnya lebih ringan sehingga tidak perlu terlalu menekan kuas untuk mengoleskan ke permukaan media. Aplikasinya tergolong mudah dan sederhana. Selain itu, akan lebih mempercepat proses pengeringan karena cat dapat mengering dengan cepat bahkan tanpa dikeringkan dibawah sinar matahari sekalipun. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu maupun minyak yang masih menempel di permukaan kayu.
  • Pilih warna pada Biovarnish Wood Stain yang sesuai dengan kebutuhan furniture yang sedang Anda kerjakan.
  • Campurkan air pada Biovarnish dengan takaran 2 bahan: 1 air. Kemudian aduk hingga merata.
  • Aplikasikan Biovarnish menggunakan kuas yang sudah dilapisi dengan kain. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan kayu.
  • Tunggu hingga mengering selama 60 menit. Apabila sudah kering sentuh maka amplas permukaan kayu yang telah terlapisi Biovarnish menggunakan kertas amplas alumunium oxide no. 400
  • Jika perlu, Anda dapat memberikan clear coat agar hasil sempurna. Anda dapat menggunakan Biovarnish Clear Coat dengan tampilan matte atau gloss. Caranya pun sederhana, setelah dilarutkan dengan air maka aplikasikan secara menyeluruh ke permukaan kayu. Jika sudah diaplikasikan, diamkan selama semalaman untuk hasil finishing yang optimal.

Pasca finishing, furniture yang telah terlapisi Biovarnish dapat langsung digunakan karena cat tersebut tidak mengalami penguapan. Sehingga dapat langsung diletakkan dalam ruangan namun pastikan ruangan Anda memiliki sirkulasi udara yang bagus agar udara dalam ruangan tetap terjaga dan tidak menimbulkan udara lembab. Udara yang lembab bisa memicu berbagai masalah baik untuk kesehatan dari penghuni atapun ketahanan dari furniture. Hampir semua furniture yang menggunakan material serat alam sangat sensitf terhadap udara yang lembab karena dapat memicu pertumbuhan jamur.

Cat kayu water based ini dijamin aman karena bahan yang digunakan sesuai dengan standarisasi keamanan internasional seperti Uni Eropa ECHA Reach Regulation Compliance dan kandungan VOC jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan oleh US-Enviromental Protection  Agency (EPA). Wajar saja penggunaan bahan kimia dan VOC pada cat Biovarnish sangat dibatasi agar dapat digunakan bahkan untuk furniture bayi sekalipun.

Nah, untuk menjaga kualitas tampilan furniture sekaligus melindungi kayu dari berbagai kerusakan diakibatkan oleh jamur atau serangga maka furniture harus dibersihkan secara rutin. Salah satu perlindungan yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengaplikasikan poles kayu. Anda dapat menggunakan poles kayu ramah lingkungan yakni Biopolish Linseed Oil atau Biopolish Beeswax. Biopolish Linseed Oil digunakan untuk perlindungan furniture, kerajinan ataupun hiasan dinding yang menggunakan material serat alam. Sedangkan Biopolish Beeswax merupakan poles kayu yang digunakan untuk berbagai perlengkapan makan, perabotan dapur atau segala produk serat alam yang bersentuhan dengan makanan. Kandungan bahannya yang alami yakni lilin lebah membuat kayu atau serat alam terlindungi dengan baik dan makanan ataupun berbagai bahan makanan di dapur tetap higienis.

Tidak kah berminat menggunakan cat kayu water based yang aman? Cat water based memiliki peluang yang besar untuk masuk ke ranah pasar internasional, karena ketika cek kandungan bahan kimia pada finishing furniture jelas cat water based lebih aman. Terlebih Biovarnish telah sesuai standarisasi keamanan internasional. Produsen cat lokal ini tidak hanya menyediakan Biovarnish sebagai produk ramah lingkungan saja melainkan juga berbagai produk ramah lingkungan lainnya, diantaranya adalah BioDuco, BioColours, White Agent WA-250, BioCide, Orchid Enamel dan Biopolish.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan menghubungi Customer Service Bio Industries via telp. tpada kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Atau Anda dapat memesan pada marketplace Bio Industries yakni https://www.tokopedia.com/biopaint102, https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries dan atau https://shopee.co.id/biovarnish.official. Apabila Anda berada di area Yogyakarta, silahkan mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta.

Demikian ulasan dan informasi singkat mengenai cat kayu water based, semoga memudahkan pengaplikasian ketika tahap finishing. Disarankan menggunakan bahan finishing yang sudah diakui keamanannya.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here