Mengenal Plamir Triplek Ramah Lingkungan Di Indonesia

5787

Bagi Anda seorang pengrajin kayu pasti tidak asing lagi dengan istilah plamir. Namun ke banyakan orang awam hanya mengetahui bahwa plamir adalah material yang digunakan untuk mendempul dinding. Padahal plamir juga dapat digunakan untuk mendempul berbagai macam material lain salah satunya adalah kayu.

Kayu sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu kayu solid dan juga kayu buatan. Kayu solid adalah jeis kayu utuh atau kayu yang tidak diolah hanya dikuliti, dikeringkan dan juga dipotong. Anda akan menemukan kayu solid sebagai kerangka rumah Anda.

CS Biovarnish

Mengenal Plamir Triplek Ramah Lingkungan Di Indonesia

Sedangkan untuk jenis kayu buatan adalah kayu yang diolah. Dalam hal ini kayu olahan terdiri dari berbagai macam jenis seperti multiplek, triplek, plywood, particle board dan lain sebagainya. Kayu buatan adalah kayu solid yang diolah menjadi bahan olahan kayu agar menjadi lebih banyak.

Selain itu juga kayu buatan adalah jenis kayu yang selalu memiliki permukaan rata. Berbeda dengan jenis kayu solid yang selalu memiliki permukaan cacat atau tidak rata. Namun bukan berarti kayu buatan tidak membutuhkan bahan finishing yang bisa menciptakan permukaan menjadi lebih rata misalnya saja plamir.

Pemilihan plamir seringkali menjadi salah kaprah. Anda tentu sudah mengenal bahwa triplek yang menjadi salah satu olabhan dari kayu buatan membutuhkan bahan perekat. Kebanyakan triplek menggunakan bahan perekat yang menimbulkan bau dan berbahaya bagi kesehatan.

Nah jika Anda masih menggunakan plamir yang juga memiliki bahan beracun seperti logam berat maka pada saat aplikasi dan setelahnya akan cukup berbahaya bagi kesehatan Anda dan juga keluarga. Menghindari hal tersebut sebaiknya Anda menggunkan bahan finishing atau plamir yang aman serat ramah lingkungan.

Salah satu produk bahan finishing atau plamir yang aman dan banyak digunakan adalah plamir water based. Anda bisa mendapatkan plamir water based ini di banyak tempat baik itu di toko bahan bangunan atau melalui online.

Plamir water based adalah dempul untuk kayu yang terbuat dari bahan dasar air sehingga dijamin tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, merkuri, timbal dan lain sebagainya. Ciri yang sangat mencolok dan bisa Anda bandingkan adalah dempul water based tidak akan mengeluarkan aroma yang menyengat. Anda tidak akan pernah terganggu dengan bau yang keluar dari dempul sehingga proses aplikasi pun bisa dilakukan dengan lancar.

Negara Indonesia sebagai negara yang menjadi pusat ekspor furniture sudah menyetarakan standar penggunakan bahan finishing yang aman dan juga ramah lingkungan. Produk water based kini tidak hanya meliputi dempul saja namun juga hingga pada lapisan top coat atau clear coat.

Kebutuhan Plamir Pada Triplek

Plamir untuk triplek sangat banyak dicari, hal ini dipengaruhi oleh triplek adalah salah satu material yang dapat digunakan pada bangunan rumah dengan harga yang sangat murah. Bahkan ketebalan dari triplek juga bervariasi. Anda bisa mendapatkan ketebalan 3mm hingga 5 mm tergantung dengan kebuthan.

Mengenal Plamir Triplek Ramah Lingkungan Di IndonesiaTriplek memiliki permukaan yang meyerupai kayu sehingga serat kayu pun masih terlihat karena telah dilapisi oleh veneer. Jika Anda ingin mendapatka hasil finishing warna duco maka Anda perlu menggunakan plamir untuk menutup permukaan.

Seringkali aplikasi dilewatkan saja oleh tukang bangunan dan langsung mengaplikasikan cat berwarna. Padahal jika langsung mengaplikasikan cat hasilnya tidak akan tahan lama, warna triplek asli pun juga masih akan terlihat dengan jelas.

Jadi fungsi plamir untuk triplek juga untuk menutup warna triplek sehingga Anda akan mendapatkan hasil warna finishing sesuai dengan yang diharapkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing ini maka Anda harus menggunakna plamir triplek water based.

Kebutuhan triplek akan plamir ini juga akan memberikan lapisan pada luar triplek yang melindungi. Sama halnya pada kayu solid, dempul digunakan untuk menutup pori kayu sehingga tidak akan mudah dan juga cepat menyerap kelembaban. Ketika kelembaban menyerap pada triplek maka akan mempercepat kerusakan.

Triplek yang tipis akan cepat rusak apalagi jika digunakan dalam ruangan atau tempat yang penuh dengan kelembaban. Triplek akan cepat berjamur dan juga lapuk. Plamir akan menghambat proses tumbuhnya jamur pada permukaan dan juga akan melindungi dengan baik.

Aplikasi Plamir Water Based Mudah Pada Triplek

Jangan bayangkan Anda akan kesulitan ketika melakukan aplikasi plamir pada triplek sendiri. Khusus untuk plamir water based Anda akan mendapatkan kemudahan dalam proses aplikasi. Sangat berbeda dengan plamir lainnya khususnya plamir solvent. Plamir water based hanya membutuhkan bahan pelarut air.

Anda tidak perlu menggunakan thinner untuk proses aplikasi karena air yang digunakan justru lebih aman dan lebih cepat menguap dibandingkan dengan thinner. Air akan lebih cepat menguap dalam keadaan apapun. Maksudnya adalah tidak perlu bergantung dengan panas matahari.

Kecepatan dan kemudahan dalam proses aplikasi inilah yang menjadi plamir water based lebih unggul. Nah untuk proses aplikasi nya sangat mudah, Anda cukup mempersiapkan plamir water based, air bersih dengan PH kurang lebih 7, kain bal, gelas aqua dan juga amplas nomor 240.

Cara aplikasi dapat dimulai dengan mencampur sedikit air dengan plamir water based ke dalam gelas plastik. Pastikan Anda mengaduk dengan rata sehingga hasilnya akan sempurna dan warna akan mencampur dengan baik.

Gunakan kain bal dan usapkan plamir yang telah dicampur dengan air tadi ke seluruh permukaan triplek. Pastikan Anda mengusap dengan menekan hingga seluruh permukaan menjadi rata. Cara ini agar plamir benar-benar rata menutup ke seluruh permukaan triplek.

Jika sudah tunggu kering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur pada panas matahari langsung. Jika sudah Anda bisa langsung mengamplas dengan kertas amplas nomor 240. Pastikan  Anda mendapatkan hasil warna yang halus dan juga rata.

Jika Anda sudah mendapatkan permukaan yang halus dan rata Anda bisa mulai melapisi dengan cat sesuai dengan warna yang diinginkan. Pastikan cat yang digunakan juga jenis cat water based.

Untuk produk plamir dan juga cat yang disarankan Anda bisa menggunakan merk BioColours. Produk ini akan menutup pori kayu dengan sangat baik dan Anda akan mendapatkan semua permukaan triplek tertutup dengan rata dan juga baik.

Anda akan mendapatkan kemudahan saat mengamplas karena BioColours Wood Putty sangat ringan dan juga mudah untuk diamplas. Anda tidak akan menemukan permasalahan peeling yang kerap kali muncul dan menimbulkan keborosan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna maka Anda bisa langsung membelinya melalui situs ini yang menyediakan bahan finishing water based yang aman dan juga ramah lingkungan.

Jika Anda ingin melindungi keluarga Anda harus memulai dari hal yang terdekat dari Anda yaitu lingkungan dimana Anda tinggal. Gunakan bahan finishing yang aman dan juga ramah lingkungan.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here