Cat Kayu Biovarnish untuk Model Jendela Minimalis Jelang Lebaran

91

Hunian rumah minimalis tampaknya tidak lengkap apabila seluruh konstruksi ataupun furniture yang digunakan juga menggunakan desain minimalis, seperti jendela. Bagian hunian rumah ini, biasanya menerapkan konsep minimalis karena simple dan tidak memakan tempat banyak. Jendela minimalis didesain dengan tampilan yang tidak lebar dan didominasi dengan kaca. Baik kusen dan jendela tetap menggunakan kayu sehingga tampilan yang digunakan biasanya warna natural kayu. Terlebih jika kayu yang digunakan adalah kayu jati yang notabene memiliki serat kayu yang halus dan rapi.

Untuk mengecat jendela minimalis, gunakan cat kayu yang memiliki fitur tahan cuaca dan elastisitas yang baik. Seperti yang diketahui bahwa jendela lebih sering terpapar cahaya matahari ataupun air sehingga kayu jendela pun akan mudah rusak seiring waktu. Peran cat kayu ini lah melindungi kerusakan langsung yang diakibatkan oleh cuaca tersebut. Sehingga, pastikan untuk memperhatikan fitur cat kayu yang akan Anda gunakan agar hasil dan perlindungan cat tersebut optimal.

Cat kayu dengan elastisitas yang baik akan memperpanjang usia cat bisa bertahan lama karena tidak akan mudah mengelupas atau retak. Dengan demikian akan lebih efisien karena proses refinishing pun lebih rendah. Sayangnya, hampir cat kayu yang banyak beredar di Indonesia belum memiliki elastisitas yang cukup baik sehingga dalam kurun waktu tertentu, cat akan memudar, mengelupas atau retak. Lalu cat kayu apa kah yang bagus untuk digunakan pada jendela kayu?

CS Biovarnish

Cat kayu dengan elastisitas yang baik justru bisa ditemukan pada cat water based. Cat kayu ini terbuat dari bahan dasar air sehingga tidak mudah menguap dan teroksidasi. Dengan demikian, cat kayu water based bisa bertahan lebih lama setelah diaplikasikan pada jendela minimalis. Di Indonesia, Anda bisa menggunakan Biovarnish yang notabene cat khusus natural kayu. Cat kayu Biovarnish untuk model jendela minimalis akan melindungi kayu dengan optimal karena dilengkapi dengan tahan air, tahan cuaca dan daya rekat film yang kuat sehingga cat tidak mudah mengelupas.

Finishing Cat Kayu Biovarnish untuk Model Jendela Minimalis

Untuk mendapatkan tampilan natural kayu, sebaiknya tidak hanya menggunakan satu jenis cat saja. Lakukan tahap finishing secara bertahap dan beberapa produk finishing. Nah, Biovarnish tersedia dalam beberapa varian produk yang akan memenuhi kebutuhan finishing diantaranya Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Wood Stain, Biovarnish Sanding Sealer, Biovarnish Glaze dan Biovarnish Clear Coat.

Nah, jika Anda ingin menampilkan tampilan natural kayu yang tajam dan mudah untuk diaplikasikan maka cukup gunakan Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat. Berikut tahapan finishing cat kayu Biovarnish untuk model jendela minimalis:

  • Persiapan Media Finishing

Pastikan media finishing yang digunakan kering dengan MC ≥12% sehingga kayu dalam kondisi siap untuk di cat. Atau, Anda bisa mengaplikasikan obat anti jamur atau obat anti serangga sebelum kayu tersebut dikeringkan.

Dan untuk memperhalus tampilan dan cat kayu merata dengan baik, amplas terlebih dahulu permukaan kayu. Pastikan permukaan rata dan bersih dan kemudian bersihkan sisa debu pengamplasan.

  • Proses Finishing

Pada proses finishing terdapat 4 tahap yang harus Anda lakukan jika menginginkan hasil finishing natural kayu yang tajam, yakni

  1. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang sudah dilarutkan dengan air menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan kayu atau bagian yang cacat saja. Kemudian diamkan selama 20-30 menit di tempat yang teduh. Setelah kering, amplas permukaan kayu hingga terlihat serat kayunya
  2. Gunakan Biovarnish Liquid Stain sesuai tampilan warna yang diinginkan. Larutkan dengan air dan aduk hingga larutan homogen. Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga benar-benar merata. Tunggu hingga 60 menit lalu amplas ambang apabila sudah kering
  3. Gunakan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan terlebih dahulu dengan air lalu aduk hingga homogen. Setelah itu, semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 60 menit atau hingga kering sentuh dan apabila sudah kering sentuh, amplas seluruh permukaan kayu yang di cat
  4. Gunakan Biovarnish Clear Coat dan BioCide SPF untuk melindungi kayu dari serangan jamur. Campurkan larutan tersebut dengan air dan aduk hingga homogen. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Dan kemudian diamkan selama 24 jam atau semalaman agar hasil optimal dan jendela pun siap untuk digunakan.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here