Tips Memilih Cat Eksterior Rumah Minimalis

1138

Warna pada dinding rumah kita sangat mempengaruhi tampilan hunian secara keseluruhan. Namun seyogynya kita bukan hanya emperhatikan bagian interior rumah saa. Bagian eksterior rumah juga tak kalah penting. Karena justru agian eksterior merupakan bagian yang pertama kali dilihat dari bagian luar. Apabila bagian eksterior rumah kita terlihat menarik, maka siapapun yang memasuki halaman rumah kita akan memperoleh kesan pertama yang menarik yang akan mempengarhi kesan terhadap rumah kita.

Oleh karena itu, proses memilih jenis cat eksterior perlu sangat diperhatikan. Karena selain mempengaruhi tampilan estetikanya, cat eksterior juga akan mempengaruhi kemampuannya dalam melindungi dinding rumah. Cat eksterior berfungsi sebagai pelindung facade dan bagian dinding eksterior bangunan rumah dari kotoran, hujan, angin dan faktor perusak lainnya.

Namun tidak sedikit orang yang salah kaprah, menggunakan cat khusus interior sekaligus untuk cat eksterior. Padahal, dinding eksterior rumah semestinya menggunakan cat yang mampu mengampu kebutuhan dinding eksterior. Sebab bagian dinding eksterior merupakan bagian yang seringkali terpapar sinar matahari secara langsung, bahkan terkena dampak cuaca ekstrim lainnya. Hal ini tentu saja berbeda dengan dinding interior yang tidak secara langsung menghadapi tantangan tersebut.

CS Biovarnish

Kita dengan mudah akan menemukan cat tembok ekterior dengan berbagai tawaran menarik. Entah di pilihan warna, maupun formulasi yang digunakan dan kemudahan untuk diaplikasi. Semua tawaran tersebut tentu saja membuat kita pusing untuk memilih. Apa saja yang perlu kita perhatikan untuk memilih cat eksterior? Berikut akan kami bahas tips memilih cat eksterior rumah.

4 Tips Memilih Cat Eksterior Untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis identik dengan kesederhanaan dalam bentuk, material, warna yang digunakan. Lalu seperti apakah cat eksterior yang bisa mendukung kesan minimalis pada rumah?

  1. Pilih Cat yang Tahan Terhadap Cuaca

Ketika memilih cat untuk dindig eksterior rumah minimalis, kita tidak boleh melupakan fungsi utama cat eksterior, yaitu untuk meningkatkan proteksi dan estetika dari dinding rumah. Karena bagian eksterior rumah terpapar langsung panas, hujan, cuaca ekstrim dan serangan serangga, maka pilihlah jenis berlabel tahan cuaca. Biasanya cat jenis ini  mempunyai formula yang tahan terhadap debu, panas, hujan serta jamur.

  1. Pilih Jenis Cat yang Sehat

Akhir-akhir ini, isu yang sedang mengemuka pada produk cat tembok baik interior maupun eksterior adalah penggunaan bahan kimia berbahaya seperti merkuri maupun zat timbal dan bahan kimia mudah menguap yang terkandung dalam cat maupun pada solvent yang digunakan.  WHO menyebutkan bahwa paparan merkuri, timbal dan zat kimia berbahaya lainnya memicu berbagai penyakit brbahaya seperti gangguan pernapasan akut, penurunan kecerdasan otak anak, alzheimer, kanker, bahkan gangguan saraf.

Cara mudah untuk mengetahui suatu cat menggunakan zat kimia berbahaya seperti formaldehyde adalah bau menyengat yang tercium pada saat tembok diaplikasikan. Bau menyengat tersebut tak akan mudah hilang meskipun catnya sudah mengering. Sangat direkomendasikan menggunakan produk cat eksterior yang tidak membahayakan kesehatan. Saat ini sudah banyak jenis cat aman dan ramah lingkungan yang bereedar di pasaran.

  1. Mudah Dibersihkan

Dinding eksterior merupakan bagian yang sangat mudah terkena kotoran. Debu, kotoran serangga, hujan atau bahkan anak-anak yang bermain tanah dan mengoleskannya ke tembok menjadi tantangan yang selalu dihadapi. Memilih jenis cat yang mudah dibersihkan akan sangat membantu proses pembersihan.

  1. Memilih Warna yang Tepat

Dinding eksterior rumah minimalis perlu hati-hati dalam memilih warna. Warna-warna sederhana seperti warna putih, abu-abu maupun warna pastel bisa menjadi pilihan warna cat ekterior yang digunakan. Anda bisa menyesuaikan dengan desain interior rumah agar selaras dan harmonis.

4 tips mudah memilih cat eksterior ini semoga bisa membantu Anda menentukan jenis dan merk cat yang bisa Anda gunakan. Selain warna cat dinding, Anda juga perlu memperhatikan warna bagian eksterior lainnya, seperti kusen, pintu dan jendela.

 

 

 

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here