Kreasikan Rak Dinding Kayu Jati Belanda dengan Finishing Chalk Paint

285

Rak dinding akhir-akhir tren di kalangan masyarakat untuk melengkapi nuansa dalam ruangan. Terlebih jika ruangan tersebut mengusung konsep minimalis modern. Notabene ruangan yang tidak berukuran luas namun tetap memberikan kesan modern.

Rak dinding banyak dimanfaatkan untuk rumah berkonsep minimalis karena tidak memakan tempat yang ada. Justru dengan rak dinding memanfaatkan dinding yang kosong agar memberikan ruangan  terkesan lebih hidup.

Anda dapat menggunakan material jenis kayu solid ataupun kayu olahan karena notabene diletakkan di dalam ruangan. Saat ini, jenis kayu yang populer untuk furniture semacam ini adalah kayu jati belanda. Kayu ini termasuk ke dalam katergori kayu solid namun jenis kayu lunak sehingga lebih ringan ketika digunakan.

CS Biovarnish

Kayu jati belanda memang cocok untuk furniture semacam rak dinding karena teksturnya yang halus, ringan dan mudah dibentuk. Selain itu, warna kayu jati belanda juga terang sehingga Anda dapat menimpa warna apapun pada kayu tersebut.

Meskipun digunakan dalam ruangan, kayu jati belanda juga memerlukan perawatan lebih karena rentan terhadap serangan jamur atau pun organisme perusak kayu lainnya. Hal ini dikarenakan kayu jati belanda termasuk ke dalam kayu lunak notebene ketahanan dan keawetannya yang lemah.

Untuk hasil yang optimal, sebaiknya kayu jati belanda tersebut diaplikasikan obat anti jamur ataupun obat anti serangga untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh organisme tersebut. Anda dapat mengaplikasikan pada saat pasca penebangan ataupun setelah menjadi furniture.

Maka dari itu, perawatan furniture terlebih kayu jati belanda sangat lah penting untuk menghindari terjadinya kerusakan yang fatal. Salah satu perawatan yang dapat Anda lakukan sehari-hari adalah membersihkan debu  baik menggunakan kemoceng atau lap setengah basah.

Meskipun debu terlihat sederhana, namun debu juga membawa partikel organisme yang bisa saja menyebabkan kerusakan pada kayu. Seperti spora yang akan menjadi jamur dan apabila keadaan ruangan semakin lembab maka spora tersebut lebih cepat tumbuh.

Selain itu, debu yang sudah menempel pada permukaan kayu terlebih jika sudah lama tidak dibersihkan akan cukup sulit dihilangkan. Menggunakan lap setengah basah pun akan percuma karena ketika kering, debu tersebut tetap melekat pemukaan kayu.

Jika hal demikian mengganggu tampilan pada furniture maka segera mungkin untuk refinishing. Ini juga cocok bagi rak dinding Anda yang sudah bosan dengan tampilannya yang itu-itu saja. Seperti pada masa pandemic seperti ini, refinishing bisa menjadi aktivitas baru Anda untuk mengisi keseharian Anda di rumah.

Cat untuk Rak Dinding Minimalis Yang Bagus

Tips Membuat Dekorasi Ruang Keluarga Gaya Scandinavian

Rak dinding minimalis pada umumnya tidak membutuhkan desain yang rumit melainkan hanya berupa papan dibentuk simetris atau sesuka konsumen. Jika Anda membeli rak dinding, pada umumnya hanya di pernis atau tanpa finishing.

Jika rak dinding tersebut di pernis sedangkan Anda menginginkan tampilan warna solid maka sebaiknya amplas terlebih dahulu permukaan rak dinding tersebut hingga pernis pada kayu tersebut menghilang. Kemudian, Anda lanjutkan dengan finishing dengan cat solid.

Bagi Anda yang menginginkan hasil yang cepat dan cara yang praktis, Anda dapat menggunakan chalk paint. Apa itu chalk paint? Chalk paint tidak sama dengan chalkboard paint meskipun keduanya disebut dengan cat kapur.

Chalk paint ini khusus digunakan untuk finishing furniture ataupun kebutuhan perabotan lainnya. Yang membuat menarik chalk paint adalah hasil finishing menyerupai lapisan kapur pada permukaannya. Memang terkesan kasar jika diraba namun justru estetika ini lah yang menjadi tujuan utama dari chalk paint.

Jika Anda kurang menyukai tampilan tersebut, Anda dapat menimpa topcoat dengan tampilan matte atau gloss. Chalk paint direkomendasikan untuk finishing terlebih bagi Anda yang menyukai proses yang sederhana.

Sebab, chalk paint tidak fokus pada hasil yang optimal atau sempurna melainkan hasil yang sederhana dan natural. Sehingga, ketika Anda mengaplikasikan chalk paint tidak perlu khawatir apabila mengalami kesalahan. Jika biasanya harus menghapus cat dengan thinner, Anda hanya cukup menggunakan air saja.

Meskipun terkesan mudah dihapur, chalk paint pada furniture justru dapat bertahan lama, loh. Hal ini dikarenakan chalk paint juga dilengkapi dengan daya rekat film yang kuat dan tanpa penguapan. Sehingga cat tidak akan mudah memudar meskipun sudah diaplikasikan dalam kurun waktu yang lama.

Untuk hasil finishing clear finish menggunakan chalk paint maka langkahnya sangat sederhana. Anda dapat mengaplikasikan dempul terlebih dahulu apabila terdapat beberapa bagian kayu yang cacat seperti mata kayu, bekas paku dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah finishing dibawah ini:

  • Pastikan media kayu yang digunakan sudah benar-benar bersih dan memiliki MC 12%
  • Anda dapat mengaplikasikan BioDuco Wood Putty untuk menyamarkan cacat pada kayu. Setelah diaplikaskan menggunakan pisau scrape, diamkan selama 20-30 menit. Jika sudah kering, amplas dengan kertas amplas no. 320
  • Pilih tampilan chalk paint sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebelumnya, larutkan terlebih dahulu BioDuco Chalk Paint dengan air lalu aplikasikan menggunakan kuas ke permukaan kayu. Setelah diaplikasikan diamkan selama 1 jam.
  • Setelah kering, amplas pertama mengunakan kertas amplas no. 320 lalu dilanjutkan dengan pengamplasan kedua menggunakan kertas amplas no.400
  • Untuk hasil optimal, aplikasikan BioDuco Topcoat matte/gloss yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air.

Dari rangkaian prosedur finishing diatas, kenapa harus menggunakan BioDuco? BioDuco merupakan cat kayu yang terbuat dari bahan dasar air. Cat tersebut dikategorikan sebagai cat yang ramah lingkungan dan bahkan ramah anak karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC.

Bahkan pasca finishing pun tetap aman karena tidak beracun dan tidak mengeluarkan bau menyengat. Sehingga furniture yang telah terlapisi BioDuco dapat langsung digunakan dalam ruangan tanpa khawatir bau cat ataupun keracunan akibat cat yang menguap.

BioDuco tidak hanya sekedar asal aman saja melainkan bahan-bahan yang digunakan telah melalui tahap penyortiran yakni bahan diformulasikan khusus sesuai dengan standar keamanan internasional yakni United State EPA dan ECHA Reach.

Karena kandungan bahannya yang aman dan ramah lingkungan, BioDuco tersebut juga cocok apabila digunakan untuk finishing pada mainan anak-anak. Terlebih dengan pilihan warna cantik yang pastinya disukai oleh kalangan anak-anak.

Tentu saja, sebagai orang tua tidak boleh asal begitu saja memilih mainan, bukan? Terlebih saat ini telah banyak mainan kayu dengan warna cat yang warna-warni. Agar lebih aware akan kandungan cat yang digunakan, sebaiknya aplikasikan cat sendiri menggunakan cat water based seperti cat BioDuco.

Cara Pemesanan

Untuk mendapatkan varian produk ramah lingkungan diatas, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang telah tercantum pada website. Atau Anda juga dapat menghubungi via e-mail di [email protected].

Atau Anda juga dapat melakukan pembelian melalui marketplace di https://www.tokopedia.com/bioindustries atau https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased. Sedangkan untuk pembelian offline sekaligus dapat berkonsultasi dalam hal finishing, silahkan kunjungi Bio Office Centre di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here