Bagaimana Cara Memilih Cat Kayu Transparan

1242

Pagar kayu atau bambu sedang banyak mendapat perhatian. Banyak pengembang menawarkan konsep rumah dengan pagar terbuat dari bambu atau kayu. Pagar ini lebih ramah lingkungan. Selain itu, pagar kayu atau bambu terasa lebih artistik, selaras dengan  alam.  Hanya saja, pagar jenis ini perlu perhatian khusus. Penggunaan cat kayu transparan termasuk di antaranya.

Letaknya yang langsung terkena sinar matahari, hujan, maupun perubahan cuaca lainnya membuat pagar kayu dan bambu lebih rentan dibandingkan perabotan berbahan sama yang berada di dalam rumah. Begitu juga, pagar kayu cenderung lebih mudah rusak dibandingkan dengan pagar tembok atau besi. Kerentanan ini membuatnya perlu mendapatkan perawatan khusus.

Perawatan reguler penting untuk pagar jenis ini. Dengan cara ini, keawetan dan keindahan bahan dapat dipertahankan. Penggunaan cat transparan menjadi bagian penting dari perawatan ini. Tanpa menghilangkan warna alami pada kayu atau bambu, cat dapat melindungi bagian kayu sehingga lebih awet.

Cat kayu transparan terdiri dari beberapa jenis. Plitur umumnya lebih banyak digunakan. Sesuai dengan namanya, cat ini melapisi bagian terluar pagar, namun tidak menggantikan warna alami pada bahan kayu atau bambu yang membentuk pagar.

Cara Memilih Cat Kayu Transparan

Bagaimana Cara Memilih Cat Kayu TransparanMana merek cat kayu transparan yang akan digunakan, semua tergantung preferensi  dan kondisi finansial. Yang jelas ada beberapa pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih cat ini, yaitu:

  • Pilihlah cat yang mudah diaplikasikan. Kepraktisan pengaplikasian memudahkan pengguna dalam finishing.
  • Pilih cat berkualitas tinggi. Kualitas menentukan keawetan. Dengan memilih cat berkualitas tinggi, lapisan film yang terbentuk akan melindungi pagar lebih lama.
  • Pilih cat kayu transparan yang aman. Penting memilih cat yang tidak mengandung volatile organic compound (VOC) lebih dari ambang batas, serta tidak mengandung toksik. VOC maupun senyawa berbahaya lainnya mungkin saja terkandung di dalam cat. Terutama pada cat jenis solvent based. Pelarut pada cat jenis ini berisiko membahayakan kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Alternatifnya, gunakan cat kayu warna transparan dengan pelarut jenis water based.

Produk cat kayu transparan yang aman dan ramah lingkungan

Kini orang semakin hati-hati dalam menentukan produk. Kandungan kimia dalam berbagai produk rupanya berisiko buruk pada kesehatan. Risiko semacam ini juga terdapat pada cat. Berhubung cat merupakan salah satu produk yang sangat banyak digunakan, keamanannya harus benar-benar diperhatikan, sangat dekat dengan keseharian orang. Demi kepentingan keamanan ini, tidak heran bila sudah ada yang serius mengembangkan cat kayu transparan yang ramah lingkungan, sekaligus aman untuk kesehatan.

Bio Industries salah satu perusahaan pengembang produk cat water based. Berbeda dengan produk cat jenis solvent, Bio Industries menggunakan pelarut air. Dengan demikian produk ini jauh lebih ramah lingkungan dan pastinya lebih aman untuk kesehatan anggota keluarga. Produk cat Bio Industries beragam. Jenis cat transparan yang cocok untuk pagar kayu atau pagar bambu adalah jenis  Biocolours Biopolyture dan Biocolours Biovarnish.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here