Bahaya VOC Bagi Kesehatan

531
Little girl with the flu - isolated

Tahukah Anda mengenai Volatile Organic Compound ? Ternyata senyawa ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan sering kita jumpai di lingkungan sekitar.

Seringkali kita tidak menyadari kandungan berbahaya pada parfum, cat atau sejenisnya dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan sekitar. Pada umumnya, kandungan senyawa kimia tersebut dapat menyebabkan gangguan yang sangat fatal hingga kematian. Senyawa tersebut sering dikenal dengan Volatile Organic Compound (VOC) dan banyak dijumpai pada bahan pewangi ruangan atau bahkan cat.

Kenali VOC dalam Cat Kayu

Cat kayu merupakan salah satu cat yang sering kita jumpai. Kandungan bahan pada cat tidak semua aman bagi kesehatan dan lingkungan. Biasanya cat kayu yang mengandungan senyawa berbahaya seperti VOC adalah cat yang berbasis minyak. Kandungan Volatile Organis Compound dalam kadar yang tinggi tidak hanya mengganggu kesehatan saja melainkan juga merusak lingkungan.

Volatile Organic Compound sendiri merupakan senyawa oganik yang sangat mudah menguap di udara dan biasanya menimbulkan bau yang sangat menyengat. Sehingga sangat tidak disarankan untuk digunakan pada ruang tertutup. Adapun dampak penggunaan barang yang mengandung VOC yang tinggi diantaranya:

  1. Iritasi Pada Kulit

Iritasi pada kulit karena penggunaan cat pada umumnya sangat mudah menyerang pada Anda yang memiliki kulit yang sensitif atau alergi terhadap senyawa kimia. Apabila Anda merupakan orang yang memiliki kulit yang sensitif atau memiliki alergi akan lebih baik menggunaan alat pengamanan diri (APD) sebab jika cat terkena langsung pada kulit akan menyebabkan beberapa komplikasi karena cat tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori kulit.

  1. Mata Pedih

Mata pedih bisa saja terjadi karena kandungan bahan kimia dalam cat atau VOC yang menguap ke udara dalam jumlah yang tinggi.

  1. Gangguan Pernafasan

Sangat disarankan untuk menggunakan alat pengamanan diri baik seperti masker, sarung tangan dan lain-lain untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti gangguan pernafasan. Bau yang sangat pada cat dapat menyebabkan sesak nafas bahkan lebih berbahaya karena mengandung senyawa kimia berbahaya lainnya.

  1. Gangguan sistem syaraf

Kandungan senyawa pada cat baik VOC atau senyawa kimiaberbahaya lainnya dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf yang dapat melumpuhkan.

  1. Kanker

Dampak yang paling fatal penggunaan cat adalah kanker. Senyawa kimia berbahaya yang menguap ke udara dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Biasanya senyawa kimia berbahaya sudah cukup bertahan lama di dalam tumbuh dan menyebabkan tumbuhnya sel kanker. Salah satu yang kanker yang sering terjadi disebabkan penggunaan cat adalah kanker kulit.

  1. Keguguran

Salah satu dampak yang menakutkan bagi ibu hamil adalah keguguran. Tentu hal ini sangat berbahaya dan perlu diwaspai penggunaan cat kayu tersebut. Akan jauh lebih aman ketika memperhatikan furniture yang akan dibeli. Seringkali ketika berkinjung ke mebel akan menjumpai bau cat yang sangat menyengat, Anda harus menghindar atau keluar mencari udara segar.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here