Cat Water Based Yang Cocok Untuk Furniture Plywood

144

Kayu olahan sudah menjadi kebutuhan material furniture saat ini karena bahannya yang mudah didapat dan jauh lebih murah dari kayu solid. Munculnya kayu olahan ini disebabkan oleh kayu solid yang semakin mahal dan mulai langka terutama kayu jati. Melihat masalah ini, kayu olahan menjadi alternatif sebagai material furniture. Bahkan saat ini sudah banyak dijumpai di toko-toko mebel yang menggunakan kayu olahan seperti plywood untuk material furniture itu sendiri.

Plywood merupakan kayu olahan dengan kualitas terbaik dikelasnya. Jenis kayu olahan ini memiliki ciri dengan lapisan-lapisan kayu yang ditumpuk dan biasanya pada permukaan paling atas merupakan lapisan kayu jati. Sehingga wajar saja jika jenis kayu olahan ini banyak digunakan untuk material furniture. Namun, kelemahan dari kayu olahan ini adalah sangat rawan akan serangga dan jamur jika tidak dilapisi dengan cat kayu yang sesuai.

Cat kayu yang banyak beredar di pasaran memang memiliki kualitas yang cukup baik jika dilihat dari segi hasil tampilannya. Namun tidak semua jenis cat kayu memiliki fitur proteksi yang baik untuk furniture sehingga perlu diaplikasikan obat anti serangga maupun obat anti jamur untuk mencegah terserangnya furniture dari serangga perusak kayu seperti serangga dan jamur.

CS Biovarnish

Sebelum melakukan finishing pada furniture dengan bahan plywood sebaiknya perhatikan fitur cat yang akan digunakan. Sebab, cat sangat berpengaruh pada hasil akhir serta ketahanan dari furniture itu sendiri. Lalu bagaimana cat yang baik untuk finishing furniture yang menggunakan material dari plywood?

Cat Kayu Yang Baik Untuk Furniture Plywood

Biasanya furniture dengan bahan plywood akan menggunakan cat duco untuk hasil warna solid namun juga tidak menutup kemungkinan furniture berbahan plywood menggunakan cat dengan hasil natural kayu. Bahkan banyak diantara furniture yang berjejer di toko-toko mebel memilih tampilan natural transparan karena dirasa lebih natural dan cocok untuk ditempatkan di ruang pada hunian rumah.

Untuk menciptakan tampilan natural transparan, biasanya cat yang digunakan adalah plitur. Dahulu, plitur yang paling banyak digunakan adalah plitur dengan bentuk  berupa serpihan yang merupakan resin. Untuk mencairkan serpihan tersebut membutuhkan spirtus atau methanol, namun seiring waktu plitur yang banyak digunakan adalah plitur liquid atau plitur yang cair. Namun tetap saja, plitur tersebut membutuhkan bahan pelarut berupa thinner atau spirtus. Untuk cat kayu jenis ini pada umumnya menimbulkan bau yang sangat menyengat dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengeringan.

Penggunaan plitur hingga saat ini masih banyak dilakukan oleh para aplikator baik prosefional maupun awam dalam hal finishing. Sayangnya, karena plitur merupakan cat kayu dengan bahan kimia berbahaya sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat merusak lingkungan. Selain membahayakan kesehatan dan lingkungan, plitur juga mudah usang dan tidak tahan air.

Lalu jenis cat apa kah yang cocok untuk finishing furniture plywood? Jika melihat dari segi tampilan, plitur merupakan salah satu jenis bahan finishing bagus namun tidak aman dan mudah rusak. Sedangkan jenis bahan finishing yang memiliki kualitas tampilan yang baik serta aman dan ramah lingkungan adalah cat water based. Cat ini merupakan cat yang menggunakan bahan dasar air sehingga tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Meskipun menggunakan air, cat ini aman jika diaplikasikan ke permukaan kayu maupun olahan kayu sekalipun.

Cat Water Based Berkualitas Untuk Finishing Furniture Plywood

Biovarnish merupakan cat water based yang sangat direkomendasikan karena cat water based ini diformulasikan sesuai dengan standar keamanan internasional seperti US EPA dan ECHA-Reach. Dengan standar keamanan tersebut, Biovarnish dipastikan tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya, VOC dan tidak beracun.

Selain aman digunakan, Biovarnish merupakan cat water based yang dikenal dengan fitur-fiturnya yang mempermudah proses finishing. Diantaranya adalah

  • Mudah diaplikasikan
  • Memiliki daya rekat yang kuat
  • Memiliki transparansi warna yang baik
  • Daya proteksi yang bagus
  • Tahan air dan cuaca
  • Bisa diaplikasikan dengan sistem kuas dan spray

Dengan berbagai fitur yang disajikan Biovarnish, akan membuat aplikator lebih mudah selama proses finishing. Selain itu, Biovarnish juga efisien waktu karena tidak tergantung sinar matahari untuk pengeringan melainkan hanya dikeringkan di tempat teduh. Justru, apabila media dikeringkan di bawah sinar matahari langsung maka hasilnya tidak memuaskan. Dan Biovarnish terdiri dari 20 warna yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, tidak perlu bingung harus memilih tampilan mana yang cocok untuk furniture yang Anda ciptakan.

Jika pada umumnya, proses finishing membutuhkan bahan-bahan finishing yang berbeda merk berbeda halnya dengan Biovarnish. Sebab, Biovarnish menghadirkan varian finishing natural transparan yang lengkap diantaraya adalah Biovarnish wood filler, Biovarnish Wood stain dan Biovarnish Clear Coat. Jika menginginkan teknik aplikasi yang lebih simple, Anda bisa menggunakan Biovarnish Liquid Stain. Biovarnish Liquid Stain hampir sama dengan plitur namun tidak membutuhkan bahan pelarut melainkan bisa langsung diaplikasikan langsung.

Seperti yang sudah disinggung diatas, meskipun Biovarnish merupakan cat water based yang mana menggunakan bahan dasar air tidak lantas berbahaya jika diaplikasikan ke furniture berbahan plywood atau bahan kayu olahan lainnya. Bahkan tidak hanya pada kayu olahan, Biovarnish juga cocok diaplikasikan pada natural fyber seperti bambu, rotan, enceng gondok, pelepah pisan dan jenis serat alam lainnya. Hal ini dikarenakan Biovarnish memiliki daya rekat yang kuat serta transparansi warna natural yang baik.

Kelebihan lain pada Biovarnish adalah karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan sangat rendah VOC, Biovarnish juga aman jika diaplikasikan langsung ke wooden toys maupun furniture bayi. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena Biovarnish mudah diaplikasikan dan aman digunakan sehingga sangat cocok jika ingin membuat furniture sendiri tanpa khawatir dengan proses finishing. Sebab, banyak orang yang belum memahami aplikasi cat sehingga hasilnya pun berantakan dan tidak indah dipandang. Maka dari itu, pentingnya untuk mengetahui cat yang baik digunakan untuk finishing terutama bagi Anda sebagai seorang pemula.

Dengan berbagai kelebihan pada Biovarnish, masih ragu untuk finishing dengan cat water based? Pastikan untuk menggunakan produk-produk yanga aman dan ramah lingkungan demi kesehatan serta lingkungan sekitar Anda. Seperti yang sudah diketahui bahwa penggunaan bahan finishing yang berbahaya menjadi salah satu faktor terbesar kerusakan lingkungan seperti polusi udara, tanah maupun air. Selain itu, bahan finishing dengan bahan kimia berbahaya serta kandungan VOC yang tinggi menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker dalam tubuh seseorang jika terhirup dalam jangka waktu yang panjang.

Tidak ingin kan orang terkasih terpapar bahaya dari cat-cat dengan kandungan bahan kimia berbahaya? Beralihlah dari sekarang juga dengan bahan finishing yang ramah lingkungan. Untuk mendapatkan produk Biovarnish, Anda bisa mengunjungi langsung kantor Bio yang terletak di Yogyakarta, Jepara dan Cirebon. Atau hubungi langsung kontak yang tertera di website ini.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here