Refinishing Penutup Pori Serat Meja Aquarium Kayu Minimalis Yang Awet

199
Cara Finishing Kayu Jati Belanda secara Umum
Aplikasi cat searah serat kayu

CS Biovarnish

Untuk mempercantik suatu ruangan, tidak sedikit orang menambahkan aquarium. Dengan menerapkan aquarium di dalam ruangan akan membuat ruangan terkesan lebih hidup dan sejuk. Hal ini dipengaruhi oleh gemericik air dan ikan yang terdapat dalam aquarium. Untuk meletakkan aquarium maka dibutuhkan meja khusus untuk aquarium yang notabene menyesuaikan dengan ukuran dari aquarium itu sendiri. Biasanya, furniture untuk aquarium yang sering digunakan adalah berasal dari material kayu.

Kayu merupakan material dasar yang seringkali digunakan
untuk furniture. Tidak hanya memberikan kesan yang apik, penggunaan kayu
diyakini lebih ramah lingkungan. Kayu banyak digunakan untuk furniture karena
disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah mudah ditemukan di alam,
ramah lingkungan, mudah dibentuk, mudah dipotong dan memiliki tampilan serat
yang menarik. Semakin bagus serat, ketahanan dan keawetannya maka kayu tersebut
semakin mahal. Hingga saat ini, kayu yang memiliki nilai ekslusif di matar
masyarakat adalah kayu jati tua. Meskipun kayu jati masih berumur muda pun
tetap diminati oleh masyarakat meskipun ketahanan dan keawetannya tidak sebaik
kayu jati tua.

Baca Juga : Tips Refinishing Furniture Kayu dengan Sanding Sealer Agar Kayu Halus

Baca Juga : Refinishing Furniture Kayu Menggunakan Wood Stain Liquid Series

Meskipun kayu jati memiliki tampilan yang baik dan tahan terhadap perubahan cuaca maupun serangan rayap lantas furniture kayu jati tidak membutuhkan lapisan cat. Justru lapisan cat sangat dibutuhkan untuk melapisi furniture karena cat tersebut akan mempertajam tampilan kayu. Cat kayu yang cukup untuk memberikan kesan menarik pada kayu jati pada umumnya adalah plitur. Selain cat tersebut mampu menciptakan tampilan yang menarik, cat kayu tersebut juga terjangkau. Wajar saja jika plitur banyak dipilih oleh pengrajin ataupun masyarakat pada umumnya.

Akan lebih baik apabila tidak hanya sekedar mengaplikasikan plitur saja melainkan juga cat kayu lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil natural kayu sehingga terkesan lebih ekslusif dan mahal. Meskipun tahap finsihingnya lebih panjang namun akan memberikan hasil yang menarik dan berkelas. Tahap finishing yang lengkap seringkali diterapkan pada industri mebeling untuk menciptakan tampilan yang estetik, berseni dan nilai jual yang tinggi. Maka dari itu, lakukan finishing dengan cat kayu sebagai penutup pori serat meja aquarium kayu minimalis.

Finishing Natural Kayu dengan Penutup Pori Serat Meja
Aquarium Minimalis

Penutup pori serat meja aquarium minimalis yang baik saat ini adalah cat berbahan dasar air. Cat terebut memang terbuat dari bahan dasar air namun tidak mudah memudar meskipun terkena air. Bahkan cat berbahan dasar air lebih ramah lingkungan dibandingkan cat konvensional karena rendah VOC dan tidak mengandung senyawa kimia berbahaya. Salah satu berbahan dasar air yang berkualitas baik adalah Biovarnish. Sebab, cat tersebut menggunakan bahan yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US EPA dan ECHA Reach.

Sangat direkomendasikan untuk finishing natural kayu karena
cat kayu ini mudah diaplikasikan baik dengan cara kuas atau semprot dan bahkan
tanpa harus dikeringkan dibawah sinar matahari langsung karena llebih cepat
kering meskipun didiamkan dalam suhu ruangan. Berikut tahap finishing untuk
tampilan natural kayu pada meja aquarium:

  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat pada kayu atau untuk menutup pori-pori kayu. Lalu diamkan kurang lebih 30 menit di tempat yang teduh. Setelah kering, amplas permukaan media finishing yang sudah dilapisi filler kayu tersebut.
  • Aplikasikan Biovarnish Liquid Stain untuk pewarnaan. Setelah diaplikasikan ke seluruh permukaan meja aquarium, diamkan selama 60 menit. Dan kemudian amplas ambang permukaan kayu tersebut agar coating selanjutnya dapat melekat sempurna.
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer untuk memperkuat coating dan tampilannya. Setelah diaplikasikan, diamkan kurang lebih 60 menit. Dan apabila sudah kering sentuh, amplas permukaan meja aquarium tersebut.
  • Untuk hasil akhir, gunakan Biovarnish Clear Coat tampilan matte atau gloss. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat tersebut ke seluruh permukaan kayu lalu diamkan selama semalaman hingga meja kayu tersebut kering.

Meja aquarium yang sudah diaplikasikan Biovarnish tersebut
tanpa harus didiamkan di tempat yang terbuka untuk menghilangkan uap cat.
Melainkan Anda bisa memasukkan ke dalam ruangan langsung tanpa khawatir bau cat
yang menyengat. Sebab, meja atau furniture yang baru saja diaplikasikan
Biovarnish tetap nyaman meskipun langsung digunakan karena tidak mengeluarkan
bau menyengat dan tidak mengalami penguapan sehingga cat tersebut tidak
mengeluarkan zat kimia beracun.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here