Teknik Dempul Kayu Yang Pas Untuk Furniture Kayu Glugu

630

Kayu glugu memiliki serat yang tajam dan jelas sehingga ketika digunakan untuk furniture akan jauh lebih baik jika menggunakan dempul kayu agar mempermudah finishing.

Furniture dengan bahan kayu sampai saat ini masih menjadi favorit dikalangan pecinta kayu. Seratnya yang indah dan berbeda dari serat alam lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta furniture untuk memilih kayu sebagai bahan baku yang digunakan. Namun tidak semua jenis kayu memiliki serat kayu yang halus dan rapi namun juga terdapat kayu yang memiliki serat yang jelas seperti kayu glugu.

Untuk meratakan tampilan dan mempermudah proses finishing maka diperlukan dempul kayu sehingga tampilannya akan lebih maksimal.

Teknik Dempul Kayu Yang Tepat Pada Furniture Kayu Glugu

CS Biovarnish

Diantara kita mungkin masih mengenal dempul hanya dapat digunakan untuk menyamarkan cacat pada kayu seperti lubang, retak ataupun celah. Namun, dempul kayu dapat digunakan sebagai pengisi pori-pori kayu sehingga akan mempermudah proses finishing dan membuat tampilan kayu lebih maksimal.

Namun, sering kali kita melihat ketika mengaplikasikan dempul justru serat masih keluar dan membuat kerja dua kali atau bahkan dempul cepat mengelupas ketika diampelas. Hal ini terjadi biasanya karena pemilihan produk yang kurang tepat dan cara aplikasi dempul yang kurang tepat. Agar hasil lebih maksimal, perhatikan teknik finishing dasar berikut:

  1. Pastikan kayu yang digunakan sudah rata dan bersih, jika belum sebaiknya ampelas menggunakan kertas ampelas no. 240 hingga dirasa kayu sudah rata dan bersih dari segala kotoran.
  2. Pilih dempul kemudian larutkan sesuai dengan kekentalan yang diinginkan kemudian aduk hingga homogen.
  3. Aplikasikan dempul tersebut menggunakan pisau palet ke seluruh permukaan searah dengan serat kayu.
  4. Setelah kering kemudian ampelas kembali menggunakan kertas ampelas no. 240.

Dempul Kayu Berbahan Water Based di Indonesia

Dempul kayu yang banyak tersebar di pasaran pada umumnya menggunakan bahan solvent based atau resin dan cenderung menimbulkan bau yang sangat menyengat. Selain itu juga terdapat beberapa dempul yang justru keras ketika diaplikasikan sehingga mempersulit proses finishing selanjutnya. Akan lebih bagus jika Anda menggunakan dempul kayu terbaik yang ramah lingkungan yaitu dempul water based.

Dempul dengan bahan water based cenderung lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan cenderung rendah VOC. Kandungan VOC ini penting untuk diketahui karena kandungan ini merupakan salah satu pemicu dari pemanasan global jadi semakin rendah VOC maka semakin aman bahan finishing tersebut digunakan. Salah satu dempul water based yang dipastikan aman dan rendah VOC adalah Biovarnish Wood Filler. Dempu ini bahkan menggunakan bahan –bahan yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan  internasional seperti regulasi US Enviromental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Finishing kayu selain penggunaan dempul tidak akan lebih sempurna jika dilanjutkan dengan bahan-bahan finishing dengan bahan water based. Biovarnish merupakan salah satu produk finishing water based dengan varian yang sangat lengkap, mulai dari dempul, colouring hingga top coat. Bahan finishing ini seluruhnya telah disesuaikan dengan standar keamanan internasional sehingga dipastikan tidak beracun, tidak berbau dan rendah VOC.

Untuk informasi atau pemesanan dempul kayu atau cat water based, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here