Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Jendela Rumah Hiasi Momen Lebaran Bersama Keluarga

58

Jendela rumah yang sering terpapar sinar matahari atau air hujan lebih rawan rusak karena lebih mudah mengalami oksidasi. Proses oksidasi pada jendela kayu bisa menyebabkan kerusakan pada tampilan cat seperti retak atau mengelupas. Biasanya cat kayu yang mudah retak-retak atau mengelupas merupakan cat kayu dengan elastisitas yang buruk. Maka dari itu, sangat penting dalam memilih cat untuk melapisi suatu konstruksi bangunan maupun furniture. Terpaparnya jendela kayu terhadap cuaca juga menyebabkan tampilan cat terlihat semakin mengusam. Baik tampilan yang mengusam atau cat yang mengelupas tentunya tidak baik untuk media yang dilapisi.

Apabila tampilan jendela kayu tersebut mulai mengusam maka harus dilakukan pengecatan ulang. Pengecatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengembalikan tampilan jendela semakin menarik melainkan juga melindungi kayu agar tidak mudah rusak. Pastikan untuk memilih cat kayu dengan elastisitas yang baik agar cat tidak mudah mengelupas atau retak. Selama ini banyak cat kayu yang mudah mengelupas karena elastisitasnya yang buruk sehingga dalam kurun kurang dari 5 tahun saja tampilannya mulai mengusam dan retak.

Cat kayu yang mudah mengusam pada umumnya mengandung minyak didalamnya sehingga cat kayu tersebut sangat cepat menguap. Terlebih cat kayu dengan kandungan minyak juga cukup berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Jika Anda khawatir terhadap kandungan bahaya dari cat kayu tersebut, kini telah muncul cat kayu yang lebih ramah lingkungan dan memiliki elastisitas yang baik yakni Biovarnish.

CS Biovarnish

Cat kayu terbaik untuk finishing jendela rumah Biovarnish sangat tepat untuk jadi pilihan karena dilengkapi fitur pendukung agar cat bisa tahan lama dan tidak mudah mengusam. Biovarnish juga aman digunakan untuk furniture interior karena tidak mengeluarkan bau cat yang sangat menyengat.

Cat Kayu Terbaik untuk Finishing Jendela Kayu yang Ramah Lingkungan

Biovarnish merupakan cat kayu terbaik untuk finishing jendela kayu dengan diformulasikan dari bahan-bahan yang aman. Cat kayu ini terbuat dari water based acrylic yang sudah disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional yakni US Enviromental Protection Agency (EPA) dan European Chemical Agency (ECHA) Reach. Karena kandungan bahan kimia seperti timbal dan kandungan senyawa organik yakni VOC sangat dibatasi sehingga aman. Karena amannya kandungan bahan pada cat, Biovarnish bahkan aman untuk finishing furniture bayi maupun mainan anak-anak.

Berikut finishing jendela kayu agar momen lebaran Anda menarik dan rumah terkesan bersih nan rapi:

  1. Amplas terlebih dahulu jendela kayu agar lebih halus dan bersih dari berbagai kotoran
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup pori-pori kayu. Caranya larutkan air terlebih dahulu kemudian aduk hingga benar-benar tercampur merata. Setelah itu aplikasikan ke seluruh permukaan kayu dan kemudian diamkan selama 20-30 menit. Apabila sudah kering, amplas hingga serat kayu terlihat
  3. Gunakan Biovarnish Wood Stain. Larutkan dengan air setidaknya 2 bahan :1 air kemudian aduk hingga homogen. Aplikasikan dengan cara kuas atau semprot ke seluruh permukaan jendela kayu. Kemudian diamkan selama 60 menit di tempat yang teduh dan apabila sudah kering, amplas ambang seluruh permukaan jendela.
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear Coat dan Biocide SPF yang dicampurkan dengan air. Kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Pengaplikasian Biovarnish dan Biocide SPF ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan cat terhadap serangan jamur sehingga jendela tidak mudah terserang jamur meskipun selalu sering terpapar cuaca. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 24 jam atau semalaman hingga cat benar-benar kering.
beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here