Aplikasi Cat Kayu Water Based Untuk Hasil Warna Solid

533

Selain warna natural yang banyak dicari, warna solid juga tidak kalah populer. Agar lebih ramah lingkungan pada furniture gunakan cat kayu water based.

Kebanyakan furniture saat ini adalah dengan warna natural kayu namun jangan salah warna solid juga banyak yang meminati dengan berbagai tampilan seperti patina namun adapula yang murni seluruhnya warna solid. Tidak hanya pasar nasional yang meminati furniture dengan warna ini melainkan juga pasar internasional juga banyak yang meminati furniture warna solid.

Furniture dengan gaya kontemporer, modern, shabby chic lebih menggunakan warna solid seperti warna putih yang mendukung suasana hunian rumah tersebut. Jika Anda ingin menembus pasar internasional, perlu memperhatikan bahan finishing yang digunakan. Biasanya finishing yang digunakan adalah cat yang tidak mengadung bahan kimia atau mengandung VOC yang tinggi. Cat tersebut biasanya terdapat pada cat solvent based, sebagai alternatif Anda dapat menggunakan cat kayu water based yang cenderung lebih aman dan ramah lingkungan.

Cat Kayu Water Based Lebih Aman Masuk Pasar Internasional Daripada Cat Solvent Based

Cat solvent based dikatakan tidak aman karena kandunga bahan kimia serta VOC-nya yang tinggi. Kandungan kimia dalam cat solvent based biasanya merupakan merkuri dan timbal yag dapat menyebabkan kanker jika kedua bahan tersebut terlalu lama mengendap di dalam tubuh. Maka dari itu, ini lah alasan bahwa cat solvent based sudah tidak diizinkan lagi di luar negeri untuk segala aplikasi finishing . Sebagai alternatifnya, maka gunakan cat kayu water based yang aman dan ramah lingkungan. Cat water based biasanya banyak digunakan untuk furniture yag akan diekspor karena terbukti low VOC. Salah satunya adalah cat water based dari Bio Industries.

Untuk menghasilkan furniture berwarna solid, dapat menggunakan Orchid Enamel Paint. Cat ini cocok digunakan untuk berbagai jenis media seperti kayu solid, bambu, mdf, triplek, rotan atau enceng gondok. Apakah sama dengan aplikasik cat pada umumnya? Beda, pada umumnya cat yag digunakan menggunakan bahan pelarut minyak yang harus Anda persiapkan/beli sebelumnya sedangkan cat Orchid cukup menggunakan air dan tidak perlu di topcoat. Berikut langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Sebelum diaplikasikan Orchid, alangkah baiknya ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran, debu atau minyak yang masih tertinggal di permukaan kayu.
  2. Campur Orchid dengan air dengan takaran 20% dari isi keseluruhan cat. Diaduk hingga merata, kemudian aplikasikan ke permukaan kayu menggunakan kuas maupun spray. Tunggu hingga kering.
  3. Sebaiknya aplikasikan Orchid sebanyak 4 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Apabila Anda menginginkan hasil lebih glossy, Anda juga dapat mengaplikasikan topcoat dengan tampilan gloss.

Cat Orchid enamel paint merupakan cat kayu water based yang memiliki kerataan cat yang bagus da tidak meninggalkan bekas kuas. Bahakn cepat kering dan memiliki kerekatan film yag bagus. Furniture warna solid yang menggunakan cat kayu water based tersebut lebih memiliki kesempatan yang lebih besar masuk ke ranah pasar internasional karena bahan yang digunakan aman serta telah sesuai denga standarisasi keamanan internasional.

Anda cukup menghubungi Bio Industries via telp ke no. 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433 untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut. Anda juga dapat mengunjungi  kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta apabila Anda tinggal di wilayah Yogyakarta.

beli biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here