Penggunaan Melamin Kayu yang Aman

146
Penggunaan Melamin Kayu yang Aman

Proses aplikasi cat melamin adalah salah satu aplikasi yang memerlukan banyak perlindungan. Melamin kayu adalah jenis cat yang memiliki kandungan VOC atau logam berat sangat tinggi. Di luar negeri seperti Eropa dan Amerika, kandungan VOC dari bahan kimia seperti cat sangat dibatasi sehingga cat melamin sudah tidak digunakan kembali.

Namun di Indonesia cat melamin masih banyak digunakan karena dianggap memiliki hasil yang belum ada tandingannya. Memang benar tingkat glossy dari melamin sangat tinggi dan akan membuat furnitur kayu tampak lebih mewah dari sebelumnya.

Jika Anda tidak ingin beralih menggunakan bahan cat selain melamin maka tindakan yang bisa Anda lakukan adalah mengaplikasikan dengan perlindungan yang aman. Anda tidak ingin menghirup terlalu banyak cat melamin ketika aplikasi menggunakan spray system dan mengidap penyakit di masa depan.

Berikut ini beberapa perlindungan aman yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan aplikasi melamin kayu yang aman:

  1. Menggunakan respirator

Penggunaan Melamin Kayu yang AmanAnda wajib menggunakan respirator, alat ini akan menyaring udara sehingga Anda tidak perlu lagi untuk menghirup udara yang bercampur dengan melamin. Pastikan respirator Anda masih berfungsi untuk menyaring udara yang bau tercampur melamin. Masker kain atau masker sejenisnya tidak cukup untuk melindungi pernapasan Anda karena lapisan kain belum tentu dapat menyaring udara yang sudah bercampur dengan melamin.

  1. Menggunakan kacamata

Tidak hanya pernapasan yang perlu Anda lindungi, gunakan kacamata untuk melindungi mata Anda. Kandungan melamin dalam udara dapat membuat mata Anda perih dan sangat berbahaya jika partikelnya masuk ke dalam mata Anda. Jika Anda tidak ingin mata rusak pastikan Anda menggunakan kacamata.

  1. Proses aplikasi luar ruangan

Sangat disarankan jika Anda mengaplikasikan cat di luar ruangan atau menggunakannya di dalam ruangan yang memiliki alat penyedot udara sehingga sirkulasi udara dapat berjalan cepat dan baik. Anda tidak ingin bekerja dalam ruangan yang penuh dengan asap cat melamin ketika proses menyemprot. Ruangan yang terlalu penuh melamin akan membuat respirator tidak dapat bekerja dengan baik.

  1. Gunakan sarung tangan

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif maka jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Anda bisa memilih sarung tangan kain yang akan menyerap partikel cat di udara dengan baik. Sarung tangan juga akan melindungi tangan Anda dari cipratan cat melamin.

  1. Gunakan penutup telinga

Anda bisa menggunakan penutup telinga. Selain dari pernapasan, partikel cat melamin di udara dapat masuk melalui telinga Anda. Jangan sampai tubuh Anda tercemar karena partikel cat yang masuk melalui telinga Anda. Selain itu juga, penutup telinga memiliki fungsi untuk meredam suara. Jika kompresor atau mesin amplas bahkan mesin pemotong kayu terlalu keras suaranya dapat merusak gendang telinga Anda.

Perlindungan di atas setidaknya dapat mencegah masuknya partikel cat melamin di udara saat proses aplikasi masuk ke dalam tubuh Anda dan menjadi sarang penyakit. Jika Anda dapat menghindari dari sekarang maka gunakan alat perlindungan di atas tanpa terkecuali.

Namun jika Anda ingin menghindari dari penyakit di masa depan karena penggunaan cat melamin maka disarankan sebaiknya untuk menggunakan cat water based yang aman dan juga ramah lingkungan. Bahkan proses aplikasi lebih mudah, Anda bisa lebih aman.

Berbagai jenis cat water based pun kini lebih mudah didapatkan di seluruh toko bahan bangunan di sekitar rumah Anda.

beli biovarnish
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here